Area ketiak yang gelap dan menghitam biasanya terjadi karena beberapa hal: seperti sering mencukur rambut pada ketiak, keringat yang berlebihan, ketidakcocokan dengan deodorant yang dipakai, sel-sel kulit mati yang menggelap hingga kulit yang menggelap karena kandungan alkohol dan antiperspirant dalam produk yang dipakai di ketiak. 

Nah, kalau sudah menggelap, tentunya keadaan ini akan membuat kita nggak percaya diri, kan? Malu banget kalau sampai saat kita mengangkat tangan, eh, bagian ketiaknya gelap. Untuk itu, kalian bisa saja melakukan beberapa perawatan untuk ketiak, mulai dari memilih deodorant yang tepat, beralih ke waxing dan bukannya mencukur bulu, hingga melakukan beberapa usaha dalam memutihkan kembali bagian kulit ketiak yang menggelap. 

source: https://www.beautyheaven.com.au

Lalu, bagaimana caranya? Ternyata untuk mencerahkan kembali bagian kulit ketiak yang menggelap, kalian bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Berikut adalah beberapa tips dan cara dalam memutihkan kulit ketiak yang gelap! 

Cara Memutihkan Ketiak dengan Kunyit

Bila dicampur dengan mentimun, kunyit juga bisa membantu kita dalam memutihkan bagian ketiak yang gelap dan menghitam lho. Kunyit memang berfungsi sebagai pemutih alami, sedanakan mentimun akan membantu mencerahkan dan tentunya memberikan kesegaran pada kulit.

Untuk menggunakan kunyit dan mentimun dalam memutihkan kulit ketiak, caranya gampang, kok! Kalian hanya perlu membuat jus mentimun lalu campurkan dengan bubuk kunyit yang bisa dibeli di pasar atau supermarket. Campur hingga rata dan membentuk pasta lalu oleskan pada ketiak yang gelap. Diamkan sekitar 20-30 menit lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, kalian perlu melakukannya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu secara teratur. 

source: https://seruni.id
baca juga

Cara Memutihkan Ketiak dengan Pasta Gigi

Memutiahkan ketiak pun ternyata bisa menggunakan pasta gigi, lho! Pasti banyak di antara kalian yang bingung dan nggak habis pikIr mengenai hal ini. Tapi, pasta gigi memang memiliki banyak manfaat mulai dari menjaga kebersihan gigi hingga menenangkan jerawat.Ternyata, juga berguna untuk memutihkan kulit ketiak. Kok bisa, ya? 

Hal ini rupanya terjadi karena kandungan mineral alami yang terkandung dalam pasta gigi yang dapat mengangkat semua kotoran dan sel kulit mati pada bagian ketiak.

source: https://www.lekarnar.com

Untuk menggunakannya, kalian tinggal mengoleskan pasta gigi secara merata pada bagian ketiak yang sudah bersih. Amannya, lakukan hal ini setelah mandi. Setelah dioleskan dengan rata, pijat bagian ketiak secara perlahan-lahan selama 5 menit. Ingat, jangan sampai menggosok terlalu keras karena bisa mengakibatkan iritasi pada kulit ketiak.

Setelah itu, tinggal didiamkan sekitar 15 menit hingga pasta gigi mengering dan kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, kalian perlu lakukan cara ini secara rutin minimal 2 kali sehari. Bangun lebih pagi untuk melakukannya biar nggak telat kuliah atau ke kantor ya. 

Cara Memutihkan Ketiak dengan Baby Oil

Baby oil pun bisa digunakan untuk memutihkan kulit ketiak yang hitam. Caranya juga gampang banget kok, kalian tinggal oleskan baby oil ke seluruh daerah kulit ketiak yang menghitam dan biarkan hingga 15 menit. Setelah itu, gosok-gosok bagian ketiak secara perlahan dengan kapas hingga kotoran-kotoran pada kulit ketiak bisa terangkat. Lakukan secara rutin, ya!