Kurangi Konsumsi Daging Merah

Daging merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh Minasan. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Amino acid yang terkandung dalam daging meninggalkan residu pada usus. Kemudian, enzim yang terdapat dalam usus mengurai residu amino acid tersebut yang kemudian bercampur dengan bakteri yang ada pada tubuh dan pada saat berkeringat, aroma tidak sedap pun tercium. Pada dasarnya, daging merupakan bahan makanan yang susah dicerna oleh usus, sehingga tubuh ini harus bekerja lebih keras dan sebagai reaksinya, kelenjar keringat merespon dengan mengeluarkan keringat berlebih.

Bawang Putih dan Bau Badan

Bawang putih merupakan bahan makanan yang sering ditemukan dalam masakan Asia khususnya Indonesia. Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, bawang putih juga membawa efek negatif jika dikonsumsi terlalu berlebihan sehingga dapat menjadi penyebab bau badan. Bawang putih mengandung allicin yang merupakan bagian dari sulfur yang akan keluar ketika bawang putih tersebut dipotong atau dihancurkan. Allicin adalah zat yang mudah hancur setelah dikonsumsi sehingga berubah menjadi bentuk lain yang dapat menyebabkan timbulnya bakteri. Jika bakteri dari allicin tersebut bercampur dengan keringat, maka keringat Minasan akan beraroma tajam.

Asparagus, Si Penyebab Bau Badan

Ketika Minasan memotong atau mencacah tumbuhan yang sering menjadi bahan baku sop ini, tidak ada bau menyengat apapun yang muncul. Jadi, bagaimana cara asparagus bisa menjadi penyebab bau badan? Asparagus mengandung sulfur dan di dalam sulfur yang ada pada asparagus mengandung zat yang bernama mercaptan. Ketika mengunyah asparagus, Minasan tidak akan mendapatkan sisa-sisa aroma tidak sedap yang tertinggal pada mulut Minasan. Namun, jika pencernaan Minasan memiliki enzim yang dapat menghancurkan mercaptan, maka aroma tidak sedap akan keluar dari tubuh melalui air seni. Jika air seni Minasan tidak berbau sehabis mengonsumsi asparagus, berarti pencernaan Minasan tidak memiliki enzim yang menghancurkan zat mercaptan tersebut.

Brokoli, Kembang Kol, Kubis

Sayuran yang memiliki bentuk seperti bunga ini selain sehat ternyata bisa menjadi penyebab timbulnya bau badan lho, Minasan. Mengapa begitu? Karena brokoli, kembang kol, dan kubis sama-sama mengandung sulfur. Tapi, Minasan tidak perlu khawatir. Sebelum mengolah ketiga sayuran tersebut menjadi sebuah masakan, ada baiknya jika direbus hingga mendidih terlebih dahulu agar bau yang ditimbulkan oleh kandungan sulfur menghilang. Memasak brokoli, kembang kol, kubis dengan kunyit atau ketumbar dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap tersebut.

Bahaya Makanan Cepat Saji

Makanan yang lezat dan cepat dalam proses masaknya ini sangat digandrungi oleh banyak orang, terutama kalangan anak-anak dan pemuda. Walaupun terkesan lebih praktis dan mengenyangkan, makanan cepat saji merupakan salah satu penyebab munculnya bau badan. Kadar gula yang terkandung dalam makanan cepat saji tersebut bercampur dengan darah sehabis dikonsumsi sehingga mengubah keringat yang bercampur dengan bakteri menjadi lebih beraroma tidak sedap. Jika Minasan memiliki masalah bau badan dan sering mengonsumsi makanan cepat saji, sebaiknya segera dihentikan agar masalah bau badan bisa segera teratasi.
Sekian beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan bau badan. Walaupun sebagian dari daftar makanan tersebut baik untuk kesehatan Minasan, namun tingkat konsumsi harus dikurangi atau diseimbangkan agar aroma badan Minasan tetap segar dan tidak mengganggu. Semoga artikel ini dapat menjadi solusi Minasan terkait penyebab bau badan.