Mengunyah Makanan Pelan-Pelan

https://www.pexels.com/photo/alcohol-blur-cuisine-dining-390403/

Saat kita melakukan suatu pekerjaan, otak membutuhkan waktu untuk memprosesnya. Mengunyah makan pelan-pelan, merasakan rasa makanan tersebut, lalu menelannya dapat membuat kita sadar bahwa kita sedang makan dan dengan mudah merasakan bahwa perut sudah cukup terisi alias kenyang. Itulah yang disebut mindful eating, Ladies.

Kamu mungkin sering merasa tidak sadar ketika sedang makan karena otak memikirkan pekerjaan lain seperti, tugas sekolah, tugas di rumah, dan masih banyak lagi. Mengunyah makanan pelan-pelan dapat meningkatkan rasa kenyang, selain itu makanan juga dapat dicerna dengan baik oleh enzim-enzim yang berada di mulut. Kalori yang masuk pun menjadi lebih sedikit.
 

Gunakan Piring Kecil

https://www.pexels.com/photo/person-mixing-cereal-milk-and-strawberry-jam-on-white-ceramic-bowl-704971/

Menurunkan berat badan selain berolahraga dan mengonsumsi obat, kamu bisa mengakali keinginanmu untuk makan dengan menggunakan piring kecil. Gunakan piring kecil baik untuk makanan berat atau makanan ringan. Hal ini bisa menjadi trik untuk otak untuk membuat makanan terlihat besar karena efek dari penggunaan piring kecil.

 
baca juga

Mengkonsumsi Banyak Protein

https://www.pexels.com/photo/raw-meat-on-brown-wooden-surface-1539684/

Protein memiliki fungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang sehingga dapat membantu mengurangi kalori. Hormon ghrelin—hormon yang menstimulasi rasa kenyang—dan GLP-1 dapat dirangsang oleh protein. Hanya dengan meningkatkan konsumsi protein 15-30 persen dan tanpa membatasi konsumsi apapun kamu dapat menurunkan berat badan sekitar 4 kg dalam 12 minggu lho Ladies. Konsep ini digunakan pada beberapa orang yang menerapkan diet ketogenic.

Protein bisa didapatkan dari telur sebagai menu sarapan. Protein juga dapat ditemukan pada dada ayam, ikan, Greek yogurt, kacang-kacangan dan tahu serta tempe.


 

Perbanyak Makanan Yang Berserat

https://www.pexels.com/photo/vegetable-salad-on-white-bowl-served-on-table-890494/

Cara menurunkan berat badan yang efektif  salah satunya adalah memperbanyak makan serat. Makanan yang kaya akan serat membuat kita merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu jenis serat, yaitu serat kental, dapat membentuk gel ketika terjadi kontak dengan air. Gel ini akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pencernaan, sehingga lambung tidak cepat kosong. Serat kental ini dapat ditemukan di sereal gandum, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji rami. Selain itu, kita juga bisa mendapatkannya pada suplemen glucomannan.


 

baca juga

Banyak Minum Air Putih

https://www.pexels.com/photo/woman-drinking-water-1458671/

Cara lain untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga dan obat-obatan adalah dengan meminum air putih sebelum makan. Ini dapat membuat kita merasa kenyang dan mengurangi konsumsi kalori. Hal ini disebabkan karena dehidrasi dapat memicu rasa lapar. Saat dehidrasi, otak kebingungan menangkap sinyal tubuh, sehingga diterjemahkan sebagai rasa lapar. Meminum sekitar 0,5 liter air setengah jam sebelum makan, dapat mengurangi rasa lapar. Usahakan yang dikonsumsi adalah air putih, dan hindari minuman manis.

 


 

Ubah Porsi Makanmu

https://www.pexels.com/photo/strawberries-and-measuring-tape-1172019/
Cara menguruskan badan tanpa olahraga dan obat-obatan adalah mengurangi porsi makan kamu. Namun ketika kamu berhasil melakukannya, maka kamu akan terbiasa dengan porsi makan yang sedikit. Sebaliknya jika terbiasa dengan porsi banyak, kita akan terdorong untuk memakan porsi lebih besar ketika lapar.

Hindari Multitasking Saat Makan

https://www.pexels.com/photo/person-holding-white-ceramic-coffee-cup-leaning-on-brown-wooden-table-179912/
Ketika makan sebaiknya tidak memikirkan hal lain atau melakukan pekerjaan lain, Ladies. Hindari makan sambil menonton televisi atau kerja di depan komputer. Orang yang terdistraksi saat makan, dapat memakan sekitar lebih dari 25% kalori dibanding yang tidak terdistraksi. Hal ini disebabkan karena otak tidak menyadari bahwa kita saat itu sedang melakukan pekerjaan makan Ladies.

 

Jaga Pola Tidur dan Hindari Stres

https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-white-shirt-laying-on-bed-914905/

Hindari begadang dan mulai untuk mengatur tidur kamu Ladies. Ketika kurang tidur, hormon leptin atau hormon yang merangsang rasa lapar serta hormon ghrelin menjadi terganggu. Hal ini dapat mengganggu metabolisme tubuh kamu, sehingga rasa lapar akan mudah datang dan kamu lebih besar memiliki risiko terserang penyakit. Sedangkan, stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, hormon ini dapat mengganggu kerja hormon-hormon lain. Jika hormon-hormon tersebut terganggu, rasa lapar dan keinginan untuk makan pun menjadi meningkat.
 

Aktif Bergerak

https://www.pexels.com/photo/photo-of-women-walking-down-the-street-1116984/
 
Siapa bilang membakar kalori hanya dengan olahraga saja? Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga bukan berarti bisa tanpa bergerak sama sekali. Kamu bisa membakar kalori hanya dengan membersihkan rumah, mengajak anjing jalan-jalan, bahkan menaiki tangga Ladies. Kamu juga bisa pergi membeli makanan atau keperluan sendiri, tanpa menggunakan delivery service. Membawa barang belanjaan bisa menjadi olahraga ringan yang membakar kalori tanpa disadari. Selain itu kamu bisa memarkir kendaraanmu lebih jauh dari tempat tujuanmu.
 

Jadi, sudah siap melakukan cara menguruskan badan di atas tanpa minum obat, ladies?