Manfaat dan khasiat kacang kedelai tentu sudah sangat sering kita dengar, tetapi tahukah Minasan bahwa kacang kedelai juga mempunyai efek yang sangat positif termasuk merupakan cara menghilangkan komedo yang cukup manjur? Komedo disebabkan oleh kurang terjaganya kebersihan kulit wajah, jenis kulit wajah yang berminyak, atau penggunaan kosmetik yang merangsang timbulnya komedo yang sering disebut comedogenic. Untuk mengatasi masalah kulit wajah ini Minasan dapat mencoba menggunakan kacang kedelai yang biasanya lebih kita kenal sebagai bahan pangan. Berikut ini adalah resep membuat ramuan dari kacang kedelai untuk mengusir jerawat.
Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Kacang Kedelai
Cara 1
Siapkan 2 gelas kacang kedelai segar lalu cuci sampai bersih dan tiriskan. Haluskan kacang kedelai menggunakan blender sehingga menjadi jus kedelai. Bila ramuan telah siap, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kemudian oleskan masker kedelai ini secara merata. Beri lapisan yang sedikit tebal pada area kulit yang ditumbuhi komedo lalu diamkan selama 30 menit atau hingga masker agak mengering. Setelah itu bilas masker dengan air dingin sampai seluruh sisa masker bersih.
Cara 2
Bila Minasan mempunyai cukup waktu luang, Minasan dapat mencoba cara menghilangkan komedo menggunakan resep yang kedua ini yaitu dengan mengolah kacang kedelai menjadi susu kedelai. Caranya, siapkan setengah gelas kacang kedelai segar kemudian rendam dengan air masak semalaman. Esok harinya, buang air dan tiriskan kedelai, selanjunya tuangkan air yang masak yang bersih dan blender kacang kedelai hingga menjadi pasta kental. Bila tak memiliki blender di rumah, Minasan dapat menggunakan penggiling daging atau ditumbuk secara manual. Tentu waktu yang dibutuhkan pun akan menjadi lebih lama. Tuangkan ramuan pada mangkuk kaca yang bersih kemudian tambahkan 2 sendok makan susu sapi murni cair dan aduk hingga merata.
Sebelum mengaplikasikan ramuan pada wajah, pertama bersihkan wajah terlebih dahulu dengan cleanser harian Minasan dan usap wajah dengan handuk lembut yang telah dibasahi dengan air hangat. Cara ini berfungsi untuk membuka pori-pori sehingga komedo melunak dan mudah terangkat oleh ramuan. Setelah itu oleskan masker ke seluruh wajah sambil dipijat-pijat ringan dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat. Akhiri ritual cara menghilangkan komedo ini dengan mengoleskan pelembab wajah.
Kacang kedelai sangat cocok dijadikan bahan untuk merawat kecantikan terutama bila Minasan mempunyai jenis kulit berminyak dan kusam yang kerap ditumbuhi komedo. Selain merupakan cara menghilangkan komedo menggunakan bahan alami, manfaat lain yang dapat kita peroleh dari kedelai adalah dapat memperbaiki tekstur kulit yang bernoda hitam atau keriput akibat paparan sinar matahari.
Ini karena kedelai mempunyai kandungan isoflavon dan vitamin E dengan dosis tinggi. Kedelai yang dikonsumsi secara langsung juga dapat menjadi perawatan dari dalam untuk melawan tanda-tanda penuaan, menjaga elastisitas kulit, dan mengurangi kadar minyak pada kulit. Bila produksi minyak pada wajah dapat dikendalikan, secara otomatis jerawat dan termasuk komedo akan terusir jauh-jauh dari wajah mulus Minasan.
Untuk memperoleh hasil yang optimal, tentu perawatan dengan masker kacang kedelai ini harus dilakukan secara teratur. Semoga berhasil!