Banyak orang menggunakan perawatan buah tomat mengandung asam salisilat yang dikenal sebagai obat jerawat alami. Kandungan asam di dalam buah tomat juga dapat menyerap minyak berlebih pada kulit dan menyamarkan pori-pori pada wajah. Untuk itu mari simak beberapa tips variasi perawatan tomat

Scrub Tomat ( Gula Dan Tomat)

Menurut Imelda Burke, penulis The Nature of Beauty: Organic Skincare, Botanical Beauty Rituals and Clean Cosmetics, gula mengandung pelembap alami yang bisa menarik cairan ke dalam sel. Gula juga merupakan sumber alami asam glikolat yang penting untuk menjadikan kulit lebih kenyal, cerah, dan berseri. sedangkan tomat mengandung vitamin A, C dan E, serta berbagai jenis mineral, seperti kalium dan garam. Selain itu, tomat mengandung flavonoid yang berperan sebagai zat antiradang dan lycopene yang termasuk antioksidan sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas. Manfaat inilah yang diambil untuk membantu menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah.
Cara membuat scurb ini mudah lho, cukup blender setengah buah tomat dan 2 sendok makan gula pasir. Gunakan sebagai scrub wajah. Pijat dan gosok secara perlahan hingga setengah kering, kemudian bilas wajah dengan air dingin. Masker ini berfungsi untuk melembapkan, membersihkan pori, sekaligus menjadikan kulit lebih cerah.

baca juga

Perawatan Dengan Tomat Beku

Gosokkan tomat beku secara pelan ke wajah kalian selama 10-15 menit
Setelah digosok, diamkan selama 45-60menit hingga masker tomat kering. Lalu bilas wajah dengan air bersih. Masker tomat beku ini sangat direkomendasikan jika digunakan setiap hari, tapi jika kalian malas bisa menggunakannya, cukup 2-3kali seminggu.

source: https://pbs.twimg.com

Masker Tomat Dan Mentimun

Siapkan satu buah tomat ukuran sedang dan mentimun separuh bagian untuk ukuran sedang atau satu ukuran kecil. Tumbuk tomat hingga halus terlebih dahulu hingga menyerupai bubur, untuk mentimunnya cukup diparut halus saja sehingga teksturnya masih terasa. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata.
Untuk penggunaanya, cukup oleskan pada kulit wajah yang telah dibersihkan dengan air hangat secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 hingga 30 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air es hingga bersih. Usahakan untuk membersihkannya jangan memakai sabun cuci muka. Gunakan perawatan ini 3 kali seminggu, hingga kamu mendapatkan warna kulit cerah yang kamu harapkan. Hasil paling cepat didapatkan setelah pemakainan selama 1,5 bulan dengan pemakainan yang teratur.

baca juga

Perawatan Campuran Tomat dan Kopi

Pernah coba mencampur tomat dan kopi untuk haluskan wajah?
Kopi bekerja sebagai diuretik yang dapat melancarkan sirkulasi pembuluh darah di dalam kulit. Selain itu, kopi juga mengandung flavanoid dan polifenol sebagai anti-oksidan yang baik untuk mencegah serta mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti jerawat, kulit kusam dan komedo. Menariknya lagi, kandungan kafein yang terdapat pada bahan alami ini juga sangat efektif untuk mengurangi efek kemerahan akibat jerawat yang meradang dan mengembalikan tekstur kulit yang kasar menjadi halus.
Cara pembuatannya :

  • Tumbuk halus tomat segar hingga menjadi bubur
  • Tambahkan dua sendok makan bubuk kopi
  • Aduk hingga merata dan membentuk pasta
  • Gosokkan sebagai scrub pada wajah yang sebelumnya sudah kamu bersihkan, lakukan gerakan menggosok dengan perlahan (jangan terlalu kasar) selama kurang lebih 1 menit agar sel kulit mati di wajah kamu terangkat sepenuhnya
  • Bilas hingga bersih
  • Lakukan cara ini setiap 3 kali setiap minggunya untuk hasil yang optimal
source: https://bp-guide.id