Siapa yang tak kenal dengan tanaman aloe vera atau lidah buaya? Tanaman yang satu ini tentu sudah sangat populer sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan wajah dan rambut. Selain itu lidah buaya juga merupakan tumbuhan herbal yang mempunyai kandungan zat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Tahukah Minasan bila lidah buaya juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan komedo yang cukup efektif tak kalah dengan hasil perawatan wajah modern seperti facial atau yang lainnya? Berikut ini adalah caranya.
Cara Menghilangkan Komedo Dengan Lidah Buaya
Siapkan bahan-bahan untuk digunakan sebagai cara menghilangkan komedo, yaitu daun lidah buaya segar yang telah dicuci sampai bersih dan dikupas kulitnya. Hancurkan daging lidah buaya menggunakan sendok hingga lumat kemudian oleskan pada seluruh wajah dan beri lapisan yang lebih tebal pada daerah wajah yang ditumbuhi komedo. Diamkan selama lebih kurang 30 menit atau hingga ramuan mengering, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Untuk memperoleh hasil optimal sebagaimana yang Minasan inginkan, sebaiknya perawatan ini dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari.
Selain dapat mengatasi komedo, Minasan juga dapat memanfaatkan lendir lidah buaya sebagai obat jerawat. Cara menggunakannya cukup mudah. Setelah Minasan membersihkan wajah di malam hari, oleskan lendir lidah buaya pada area kulit yang ditumbuhi jerawat. Lalu diamkan selama semalaman dan keesokan harinya cuci wajah seperti biasa. Lidah buaya mempunyai kandungan zat yang dapat membasmi bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat sekaligus anti inflamasi atau peradangan yang dapat mengurangi kulit kemerahan akibat jerawat.
Sementara bagi Minasan yang ingin mendapatkan manfaat tambahan dari lidah buaya dengan melakukan cara menghilangkan komedo ini, bonus tambahan bagi Minasan adalah kulit wajah yang menjadi lebih putih dan cerah. Tak perlu menambahkan daging lidah buaya dengan apa pun, Minasan hanya perlu mengoleskan lendir lidah buaya pada wajah Minasan yang telah dibersihkan. Lendir lidah buaya juga dapat mengatasi kulit yang terasa pedih akibat terbakar sinar matahari terutama bagi Minasan yang berjenis kulit sensitif. Lidah buaya juga merupakan penyembuh luka bakar dalam waktu singkat, sehingga nenek moyang kita sering menggunakan daging buah ini bila mengalami luka bakar kemudian membalutnya dengan kain hingga luka mengering.
Lidah buaya sangat cocok bila disebut sebagai tumbuhan dengan 1001 manfaat karena kandungan zat nutrisi dan manfaat obatnya yang cukup lengkap, yaitu air, kalori, lemak, protein, beragam vitamin, niasin, kalsium, riboflavin, dan masih banyak lagi. Hingga saat ini lidah buaya sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan kosmetik pada berbagai industri kosmetik di dalam dan luar negeri mulai dari pembersih muka, sabun, lotion, termasuk shampoo. Lidah buaya juga dapat diolah menjadi jelly untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jadi, tak hanya merupakan cara menghilangkan komedo dan jerawat yang manjur, tumbuhan ini memiliki beragam manfaat lain.
Bagi Minasan yang ingin memilih bahan alami sebagai cara menghilangkan komedo yang membandel, Minasan juga dapat mencoba masker putih telur ayam kampung, buah pepaya, jus lemon, atau sari mentimun. Untuk menjaga agar kulit wajah tetap bersih setelah melakukan perawatan ini, disarankan untuk melakukan perawatan dasar untuk wajah seperti rajin membersihkan wajah, melakukan scrubbing secara rutin, dan merawat wajah dengan masker 1 atau 2 minggu sekali.