Oatmeal mungkin lebih populer sebagai bahan makanan sehat yang merupakan karbohidrat kompleks yang kaya serat. Tetapi selain itu, Minasan bisa menggunakan oat sebagai bahan untuk merawat kecantikan termasuk cara menghilangkan komedo. Menggunakan bahan yang mudah ditemui di rumah untuk merawat kecantikan akan memberikan banyak keuntungan bagi Minasan, termasuk menggunakan oat ini. Selain lebih ekonomis harganya, perawatan dengan bahan alami tentu minim resiko terjadinya efek samping.
Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Oatmeal
Resep 1
Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat ramuan masker ini adalah satu sendok oat dan yoghurt plain secukupnya. Campur kedua bahan pada mangkuk kaca yang bersih dan aduk hingga merata. Bersihkan wajah Minasan terlebih dahulu hingga bebas dari sisa makeup dan kotoran, kemudian oleskan seluruh ramuan secara merata pada kulit wajah. Beri lapisan yang sedikit tebal pada area yang berkomedo. Pijat wajah dengan lembut untuk mengangkat kotoran, komedo, dan kulit mati, diamkan selama 10 menit lalu bersihkan wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit.
Resep 2
Minasan membutuhkan bahan-bahan berupa 2 sendok makan oat, 2 sendok makan air panas, dan 1/2 sendok makan madu. Haluskan oat dengan cara diblender kering atau menggunakan food processor. Bila oat sudah menjadi bubuk halus itu artinya siap digunakan. Masukkan tepung oat ke dalam mangkuk bersih, masukkan air panas, dan madu. Aduk hingga merata dan diamkan ramuan selama sekitar 10 menit. Sementara itu bersihkan wajah menggunakan cleanser yang biasa Minasan gunakan, kemudian oleskan ramuan ini untuk cara menghilangkan komedo yang alami.
Oleskan ramuan oat sambil dipijat dengan gerakan memutar searah jarum jam. Lakukan lebih banyak pijatan pada area wajah yang berkomedo. Bila dirasa sudah cukup bersih, diamkan ramuan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga sisa ramuan bersih. Terakhir, oleskan pelembab untuk menjaga kulit dari kekeringan. Nah, mudah bukan cara menghilangkan komedo dengan oat ini?
Oat ternyata sudah sejak dahulu banyak digunakan untuk merawat kecantikan di rumah sekaligus cara menghilangkan komedo yang ampuh. Manfaat lain yang dapat Minasan petik dengan melakukan perawatan wajah ini adalah membantu menjaga kulit wajah tetap lembab. Hal ini karena oat mengandung zat polisakarida yang berfungsi untuk menahan air pada kulit dan menciptakan lapisan pelindung bagi kulit sehingga menghindarkan kulit dari kusam dan bersisik akibat kulit kering. Oat juga merupakan moisturizing alami yang dapat menjaga kulit Minasan tetap lembab, lembut, dan elastis.
Protein pada oat dapat menciptakan pelindung yang menjaga agar kotoran atau kulit mati tak lagi masuk ke pori-pori kulit, dan sebaliknya nutrisi yang dibutuhkan kulit dapat meresap secara maksimal. Mengapat oat dapat menjadi cara menghilangkan komedo yang ampuh? Hal ini karena oat mengandung saponin yang berkhasiat sebagai bahan pembersih alami yang lembut bagi kulit dan berfungsi untuk meluruhkan minyak dan kotoran dari pori-pori.
Nah, selamat mencoba cara menghilangkan komedo menggunakan oat. Semoga bermanfaat!