Komedo seringkali menjadi alasan wanita kurang percaya diri tampil tanpa makeup. Komedo sering terjadi pada orang dengan jenis kulit berminyak yang terinfeksi oleh bakteri sehingga memicu jerawat dan komedo. Rajin membersihkan wajah dapat menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan komedo yang sering timbul pada ujung hidung, dagu, atau dahi. Selain itu, Minasan juga bisa mencoba cara menghilangkan komedo manggunakan daging buah pepaya.
Tetapi sebelum membahas tentang cara menghilangkan komedo, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis komedo. Ada dua macam komedo yang sering tumbuh pada wajah kita yaitu whiteheads atau komedo putih, dan blackheads atau komedo hitam. Komedo putih berupa bintik berwarna putih yang terlihat menonjol pada jaringan epitel di bawah kulit. Karena posisinya di bawah jaringan kulit, komedo jenis whiteheads ini lebih sulit disembuhkan. Blackheads adalah komedo terbuka yang berupa bintik hitam agak kasar yang terlihat pada pori-pori wajah. Jumlah komedo hitam pada wajah kita seringkali lebih banyak daripada komedo putih.
Cara Menghilangkan Komedo Dengan Buah Pepaya Masak
Untuk menghilangkan komedo terdapat berbagai alternatif pilihan, mulai dari merekatkan plester komedo, facial di salon atau klinik kecantikan, dan menggunakan cara alami. Bila Minasan memilih yang terakhir, Minasan dapat mecoba cara menghilangkan komedo menggunakan buah pepaya yang telah masak. Bahan-bahan yang harus Minasan siapkan untuk melakukan perawatan ini adalah daging buah pepaya masak secukupnya yang telah dikupas dan dipotong-potong, dan madu murni kira-kira 2 sendok teh.
Lumatkan daging buah pepaya dengan blender atau diparut lalu tambahkan madu dan aduk sampai rata. Bersihkan wajah Minasan terlebih dahulu dengan sabun pembersih muka yang biasa Minasan gunakan, lalu keringkan dengan handuk yang lembut. Oleskan ramuan ke seluruh wajah hingga merata dan aplikasikan masker sedikit lebih tebal pada area kulit yang berkomedo. Diamkan selama setengah jam kemudian bersihkan dengan air hangat. Perawatan wajah yang dilakukan secara alami akan memberi hasil yang lebih lambat. Oleh karena itu Minasan harus melakukan perawatan wajah cara menghilangkan komedo ini secara teratur, sekitar 1 atau 2 kali seminggu.
Tak hanya merupakan cara menghilangkan komedo yang efektif, buah pepaya juga memiliki fungsi yang lain untuk merawat kecantikan kita. Enzim yang terkandung pada buah pepaya berguna untuk menangkal efek buruk radikal bebas pada kecantikan kulit kita yang disebabkan oleh polusi lingkungan atau konsumsi makanan yang mengandung banyak bahan kimia. Buah pepaya juga mempunyai efek pendingin untuk menetralisir sengatan sinar matahari. Bila rutin digunakan sebagai masker wajah, buah pepaya dapat menyembuhkan jerawat karena mempunyai efek pembersih dan anti bakteri. Minasan dapat mencampurkannya dengan yoghurt atau susu untuk memperoleh manfaat masker pepaya ini.
Selain merupakan cara menghilangkan komedo yang efektif, buah pepaya juga merupakan pemutih kulit alami yang aman. Minasan dapat mencampurkan daging buah pepaya halus dengan daging lidah buaya untuk membuat masker tersebut. Jadi mulai sekarang, jangan lupakan buah pepaya bila berbelanja ke pasar. Selain lezat rasanya, buah pepaya akan membuat Minasan lebih menghemat pengeluaran untuk perawatan wajah.
Selamat mencoba!