Komedo memang sebenarnya tergolong gangguan kulit wajah yang ringan, tetapi bila dibiarkan komedo dapat berkembang menjadi jerawat yang dapat mengurangi rasa percaya diri. Bila Minasan belum sempat melakukan perawatan wajah untuk mengatasi komedo, Minasan dapat mencoba cara menghilangkan komedo di rumah menggunakan tea tree oil. Tea tree oil mempunyai kandungan antiseptik yang cukup aman digunakan sehingga dapat menghentikan peradangan ringan seperti komedo atau jerawat. Berikut ini adalah cara menggunakan bahan alami ini untuk merawat kulit Minasan.
Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Tea Tree Oil
Masker
Metode pertama cara menghilangkan komedo adalah dengan membuat ramuan masker dari tea tree oil. Caranya, sediakan bahan-bahan berupa setengah gelas jus tomat tanpa gula, 3 tetes minyak jojoba, dan 3 tetes tea tree oil. Campurkan semua bahan kemudian oleskan pada kulit wajah Minasan terutama yang ditumbuhi komedo. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air dingin. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu, ya!
Pembersih
Tea tree oil dapat menjadi cara menghilangkan komedo yang cukup efektif dengan cara dicampurkan pada cleanser Minasan. Sebelum membersihkan wajah, teteskan 6 tetes tea tree oil pada cleanser kemudian bersihkan wajah seperti biasa. Pijat lembut pada area yang ditumbuhi komedo. Hindari daerah mata karena dapat memicu iritasi.
Scrub
Pengelupasan kulit mati menggunakan scrub adalah perawatan wajah yang disarankan untuk dilakukan secara teratur agar wajah tampak segar dan awet muda, juga merupakan cara menghilangkan komedo. Bahan-bahan yang harus Minasan siapkan untuk membuat scrub alami adalah satu sendok makan madu, 3 tetes tea tree oil, 1 sendok teh minyak zaitun, dan gula pasir secukupnya. Oleskan ramuan pada wajah kemudian pijat wajah dengan gerakan memutar selama beberapa saat. Setelah itu bilas dengan air dingin. Agar komedo melunak dan dapat dikeluarkan dari pori-pori dengan ramuan ini, sebelumnya uapi wajah terlebih dahulu dengan uap dari air mendidih.
Air Panas
Cara menghilangkan komedo yang terakhir menggunakan tea tree oil adalah mencampurnya dengan air hangat kemudian menggunakannya untuk membasuh wajah Minasan. Caranya, gunakan handuk lembut dan celupkan pada air hangat yang telah dicampur dengan beberapa tetes tea tree oil. Setelah itu usapkan handuk pada seluruh wajah Minasan terutama pada daerah yang berkomedo. Lakukan secara teratur satu atau dua minggu sekali untuk memperoleh hasil yang memuaskan.
Banyak yang mengira bahwa bahan alami sebagai cara menghilangkan komedo ini sungguh-sungguh berasal dari tumbuhan teh, tetapi sebenarnya tidaklah demikian. Tea tree oil adalah ekstrak dari tumbuhan malaleuca alternifolia yang masih berkeluarga dengan tumbuhan kayu putih. Minyak obat ini mudah teroksidasi oleh sinar matahari sehingga umumnya dikemas pada botol yang gelap. Minasan dapat memanfaatkan tea tree oil sebagai pembasmi bakteri yang ampuh untuk melawan jerawat selain komedo.
Manfaat lain bagi kecantikan yang dapat kita peroleh dari tea tree oil adalah dapat menyembuhkan ketombe pada kulit kepala kering, dapat membasmi kutu rambut, dan menambahkan beberapa tetes tea tree oil pada air mandi akan membantu mengatasi bau badan menyengat. Jadi mulai sekarang, Minasan dapat menggunakan tea tree oil sebagai alternatif solusi cara menghilangkan komedo dengan mudah dan aman. Tidak mahal dan tak perlu membuang waktu mengantri di salon, bukan? Selamat mencoba!