Pemilihan Sisir yang Tepat


Pilihlah tipe sisir sesuai dengan jenis rambutmu. Selain itu, pastikan juga sisir yang digunakan bebas dari kotoran. Secara rutin cuci sisirmu, karena sisir yang kotor bisa jadi awal dari masalah rambutmu.
source: http://www.merdeka.com/piala-dunia/cari-tahu-jenis-sisir-yang-cocok-untuk-rambut-anda.html
Gunakan sisir yang pas dengan rambut kamu. Untuk yang rambut lurus, gunakan sisir yang bergigi rapat. Sementara itu, untuk rambut yang keriting, gunakan sisir yang bergigi jarang. Bahan sisir yang dipakai diusahakan jangan 100% plastik. Mengapa? Soalnya, listrik statis yang diproduksi, bisa menyebabkan luka di batang-batang rambutmu, meskipun kasat mata. Selain itu, rambut juga jadi berkurang kehalusannya.
source: http://indahmurahmudah.blogspot.com/2014/02/tips-menyisir-rambut-yang-baik-dan-benar.html
Setidaknya seminggu sekali, sisir harus dicuci bersih saat akan dipakai. Sisir yang kotor hanya akan memindahkan kotoran dan bakteri ke kulit kepala, yang artinya perlahan kotoran akan menumpuk di sana dan menyumbat pori-pori.
source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/43374-cara-menyisir-yang-bikin-rambut-rusak.html

Pastikan Rambut Benar-Benar Kering


Rambut basah sangat rapuh dan mudah rontok. Terlebih lagi jika menyisir dengan jenis sisir berbahan plastik, karena dapat membuat rambut mudah menempel. Jadi pastikan rambut benar-benar kering dulu ya.
source: http://bisikan.com/6-kesalahan-menyisir-yang-dapat-merusak-rambut
Dalam kondisi basah, rambut sangat halus, sehingga menyisirnya justru membuat rambut rontok dan mudah patah. Lebih baik mengeringkannya terlebih dahulu dengan handuk dan biarkan kering sempurna dengan sendirinya. Selalu pergunakan jari tangan untuk mengurai rambut basah.
source: http://surabaya.tribunnews.com/2013/11/13/rambut-kusut-ini-cara-menyisir-yang-tepat
Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah sebab dalam keadaan basah struktur rambut Anda akan rapuh dan mudah patah. Sebaiknya keringkan terlebih dahulu rambut Anda menggunakan hairdryer atau handuk kering sebelum disisir.
source: https://www.bersosial.com/threads/cara-menyisir-rambut-yang-tepat.5425/

Perlakukan dengan Lembut


Jangan menyisir rambut secara kasar dengan alasan apapun. Hal ini hanya akan merusak rambut dan memperparah kondisi rambut yang memang sudah bermasalah. Terlalu sayang pada rambut sehingga terlalu sering menyisirnya juga bukan kebiasaan yang baik.
source: http://extendcreative.com/blow-your-own-hair/
Saat rambut Anda kusut, biasanya Anda menariknya dengan sisir padahal hal ini dapat menyakiti rambut dan membuat rambut makin rusak.
source: http://polahidupsehat.web.id/cara-menyisir-yang-dapat-merusak-rambut/
Jangan terlalu keras dalam menekan kepala Anda saat menyisir rambut. Hal ini dapat menyebabkan kulit kepala terluka dan menyebabkan produksi keringat berlebih, sehingga berpotensi menyebabkan ketombe.
source: https://www.bersosial.com/threads/cara-menyisir-rambut-yang-tepat.5425/

Teknik Menyisir yang Tepat


Hindari menyisir rambut dari akar atau pangkal rambut. Menyisir rambut dari akar akan menyakiti dan membuat rambut rusak. Menyisir rambut sekaligus pun tidak diperbolehkan karena bagian yang kusut akan semakin parah jika disisir sekaligus.
source: http://nyata.co.id/tips/cantik/memilih-sisir-rambut/
Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, Anda harus menyisir rambut dari ujung sampai ke atas. Cara menyisir ini tidak memberikan tekanan pada kulit kepala sehingga tidak menyebabkan rambut rontok.
source: http://www.merdeka.com/gaya/7-aturan-dasar-dalam-menyisir-rambut.html
Sebelum menyisir, bagi rambut menjadi beberapa bagian, lalu mulailah menyisir. Jangan pernah menggerakkan sisir secara acak ke seluruh rambut. Sebaiknya membagi rambut menjadi dua atau tiga bagian, dan sisirlah dengan lembut. Cara ini akan menghaluskan rambut mulai atas hingga ujungnya.
source: http://surabaya.tribunnews.com/2013/11/13/rambut-kusut-ini-cara-menyisir-yang-tepat

Ubah Arah Menyisir Rambut


Menyisir rambut dari arah yang sama terus-menerus bisa menjadi awal kerontokan dari pangkal rambut tersebut. Coba ubah dari arah yang berbeda setiap kali menyisir rambut.
source: http://www.merdeka.com/gaya/perawatan-rambut-sebelum-tidur-bisa-hilangkan-stres.html
Jika Anda suka menyisir rambut dari arah tertentu, maka rambut Anda akan mulai rontok di daerah tersebut. Misalnya, jika Anda terbiasa menyisir rambut ke belakang, bagian di daerah dahi akan tumbuh lebih tipis dari hari ke hari. Jadi, cobalah untuk mengubah arah menyisir mulai dari sekarang.
source: http://www.merdeka.com/gaya/7-aturan-dasar-dalam-menyisir-rambut.html
Tidak sulit merawat rambut agar selalu sehat, hanya diperlukan kesabaran dan juga ketelatenan sehingga rambutmu selalu sehat dan terhindar dari masalah.