Walaupun kulit wajah kita mulus tak berjerawat tetapi komedo tentu merupakan masalah yang masih terjadi pada banyak wanita. Daerah yang ditumbuhi komedo pada umumnya adalah daerah T, yaitu dahi dan hidung. Komedo sesungguhnya adalah penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga timbul tonjoloan kecil berwarna hitam atau putih. Bila tak segera dibasmi, komedo dapat menjadi cikal bakal jerawat yang disebut papul atau pustule. Salah satu cara yang dapat menjadi alternatifnya adalah cara menghilangkan komedo dengan putih telur.
Pada umumnya jenis kulit berminyak dengan pori-pori besarlah yang akrab dengan permasalahan ini. Karena sebum yang berguna untuk membuat kulit tetap lembap mengalir keluar dari pori-pori yang terbuka. Di sini pori-pori kulit kadang tertutup oleh sel kulit mati atau kotoran sehingga menciptakan kondisi yang memungkinkan bakteri untuk menginfeksi kulit menjadi radang. Selain itu komedo juga kerap terjadi di usia pubertas atau saat perubahan hormon karena telah matangnya organ-organ reproduksi kita. Baik remaja atau pun wanita dewasa dapat mencoba cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yaitu putih telur ayam kampung. Berikut caranya.
Cara Menghilangkan Komedo Dengan Putih Telur Ayam Kampung
Bahan-bahan yang harus Minasan siapkan sebagai alternatif cara menghilangkan komedo adalah 1 butir putih telur ayam kampung, 2 buah mangkuk, air hangat, handuk, dan 2 lembar tisu wajah atau kapas steril. Pertama, pisahkan putih telur dengan kuningnya dan masukkan ke dalam dua mangkuk tersebut. Sisihkan kuning telur ayam karena kita hanya akan menggunakan putihnya. Kocok putih telur hingga berbusa dan kaku. Sebelum melakukan perawatan ini bersihkan wajah Minasan terlebih dahulu dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.
Agar cara menghilangkan komedo ini membuahkan hasil yang maksimal, basahi area yang hendak dihilangkan komedonya dengan air hangat terlebih dulu untuk membuka pori-pori kulit. Setelah itu, oleskan ramuan putih telur pada daerah tersebut sambil dipijat-pijat lembut dengan gerakan searah jarum jam. Beri lapisan putih telur sekali lagi pada area wajah yang berkomedo, lalu tempelkan tisu atau kapas pada area tersebut. Diamkan selama 15- 20 menit hingga ramuan mengeras kemudian lepaskan tisu atau kapas tersebut perlahan-lahan. Setelah kering, putih telur akan menjadi sangat kaku sehingga Minasan harus berhati-hati melepaskan kapas tersebut. Minasan akan melihat komedo yang akan menempel pada kapas tersebut, baik komedo hitam maupun putih.
Selain cukup efektif dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo, putih telur juga cocok digunakan sebagai masker alami untuk merawat wajah berminyak karena mempunyai khasiat menyerap minyak pada wajah. Dengan demikian wajah akan terlihat lebih segar dan lebih mudah mengaplikasikan makeup karena tak lagi mudah luntur. Cara membuat masker putih telur ini sangat mudah. Bahan-bahan yang Minasan butuhkan adalah 1 butir telur ayam kampung, 1 buah jeruk nipis atau lemon segar, dan satu sendok teh madu.
Pertama, pisahkan antara putih telur dan kuningnya, setelah itu peras buah jeruk nipis untuk mendapatkan sarinya. Kocok putih telur hingga mengembang, kemudian tambahkan sari jeruk nipis. Terakhir, tambahkan madu dan ramuan siap digunakan. Sama seperti metode cara menghilangkan komedo dengan putih telur sebagaimana yang telah diulas di atas, perawatan dengan masker alami ini harus diawali dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah itu Minasan tinggal mengoleskan ramuan masker dan mendiamkannya kira-kira selama 20 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air hangat hingga seluruh sisa masker terbasuh.
Nah, selamat mencoba cara menghilangkan komedo dengan putih telur.