Komedo adalah masalah kulit yang kerap menghampiri para wanita terutama yang kulit wajahnya berjenis berminyak. Komedo sesungguhnya adalah penumpukan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit akibat produksi minyak berlebih dan kebersihan kulit wajah yang kurang terjaga. Salah satu alternatif solusi cara menghilangkan komedo dengan cara alami adalah menggunakan sayuran lobak.
Ada dua jenis komedo yang lazim dikenal, yakni komedo hitam dan komedo putih. Komedo putih lebih susah disembuhkan daripada komedo hitam karena tumbuh di bawah jaringan epitel kulit. Yang paling banyak terjadi adalah komedo hitam yang biasanya dialami oleh orang yang mempunyai pori-pori besar. Berikut ini adalah resep menggunakan sayuran lobak sebagai cara menghilangkan komedo.
Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Lobak
Bahan-bahan yang harus dipersiapkan sebagai cara menghilangkan komedo ini adalah setengah cangkir buah pepaya masak yang telah dipotong-potong dan dilumatkan dan setengah cangkir lobak yang telah dihaluskan dengan diparut. Campur kedua bahan alami tersebut hingga merata. Sebelum melakukan perawatan untuk menghilangkan komedo ini sebaiknya bersihkan wajah Minasan terlebih dahulu. Setelah itu oleskan masker ke seluruh wajah hingga benar-benar merata. Diamkan selama sekitar 20 menit lalu bersihkan wajah dengan air dingin.
Hasil yang Minasan peroleh memang tak secepat cara menghilangkan komedo dengan metode medis, tetapi dengan menerapkan resep ini ada bonus tambahan yang bisa Minasan dapatkan. Sayuran berwarna putih ini berkhasiat untuk menjaga kulit tubuh agar tetap lembab secara alami karena mempunyai kandungan air yang cukup tinggi. Minasan dapat mengkonsumsinya secara langsung atau menggunakannya sebagai masker wajah.
Lobak juga mempunyai kandungan vitamin C, zinc, dan fosfor yang dapat membuat kulit tampak segar. Selain itu vitamin C juga berguna untuk membuat kulit Minasan berwarna lebih cerah. Masker lobak adalah salah satu cara menghilangkan komedo yang ampuh karena daging buah lobak mempunyai khasiat efek pembersih. Inilah sebabnya, masker lobak dapat mengusir komedo dari wajah Minasan. Kandungan serat buah lobak yang tinggi berguna untuk meluruhkan toksin dari dalam tubuh. Konsumsi sayuran ini secara rutin berguna untuk melancarkan pencernakan Minasan. Hal itu akan tercermin pada kulit Minasan yang terlihat bersih dan sehat.
Untuk mencegah komedo timbul kembali sebaiknya terapkan perawatan wajah harian yang tepat. Langkah pertama untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan segar adalah rajin membersihkannya maksimal dua kali sehari yaitu menjelang tidur malam dan pagi hari sebelum mengaplikasikan makeup. Untuk membuat kulit wajah cukup ternutrisi lakukan perawatan dengan masker, termasuk masker lobak paling sedikit seminggu atau dua minggu sekali. Perawatan berikutnya yang tergolong wajib adalah pengelupasan kulit yang dilakukan dengan scrub. Scrubing yang dilakukan secara teratur dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo yang ampuh.
Agar kulit wajah tetap cerah dan terhindar dari kekeringan, jangan lupa mengoleskan pelembab yang mempunyai kandungan tabir surya setiap kali hendak bepergian atau beraktifitas di luar ruangan. Pilihlah pelembab lembut dengan bahan dasar air yang berlabel non-comedogenic. Dengan demikian pori-pori kulit tak akan tertutup dengan sisa makeup yang dapat memicu komedo. Selain melakukan perawatan dari luar, lakukan pula perawatan dari dalam dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayuran segar. Jangan lupakan konsumsi air putih agar kelembapan kulit terjaga, termasuk kulit wajah Minasan. Kulit yang lembap dan sehat akan lebih tahan terhadap gangguan kulit berupa komedo atau jerawat.
Demikianlah cara menghilangkan komedo dengan masker lobak. Selamat mencoba!