Bila selama ini Minasan sering menggunakan concealer untuk menutup noda atau komedo sebelum mengenakan make up, sebaiknya berhentilah melakukan kebiasaan tersebut karena hanya merupakan solusi sementara dari masalah kulit Minasan. Berbagai kosmetik penutup noda pada umumnya merupakan comedogenic yang merangsang lebih banyak lagi komedo tumbuh pada wajah Minasan. Sebagai solusi alami yang akan menyelesaikan permasalahan Minasan, Minasan dapat mencoba cara menghilangkan komedo menggunakan jus lemon. Berikut ini caranya.
Beberapa Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Jus Lemon
Berikut ini adalah beberapa resep cara menghilangkan komedo di rumah dengan mudah menggunakan jus lemon.
1. Sebelum melakukan perawatan ini, bilas wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit. Ambillah sepotong buah lemon dan langsung gosokkan dengan lembut pada area kulit yang banyak ditumbuhi komedo seperti ujung hidung, dahi, dan dagu. Gosok dengan gerakan memutar selama kira-3-4 menit kemudian bilas dengan air dingin untuk membersihkan sari lemon pada wajah Minasan sekaligus untuk menutup pori-pori. Minasan dapat melakukannya secara teratur 2 kali sehari.
2. Selain merupakan bahan scrub alami, campuran gula dan jus lemon juga sangat efektif sebagai cara menghilangkan komedo. Caranya, belah buah lemon segar menjadi dua bagian kemudian taburi dengan gula pasir. Gosokkan buah lemon ini pada bagian wajah yang berkomedo atau ke seluruh wajah Minasan untuk meluruhkan kotoran dan sel kulit mati. Setelah dirasa cukup dan kulit wajah sudah terasa halus, Minasan bisa membilas wajah dengan air hangat. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelumnya.
Ada cara lain untuk memanfaatkan buah lemon dan gula. Peras buah lemon hingga Minasan memperoleh sarinya, kemudian tambahkan sedikit gula pasir. Oleskan ramuan ini ke seluruh wajah hingga merata. Gosok wajah dengan lembut dengan gerakan memutar terutama pada bagian wajah yang ditumbuhi komedo hingga ramuan agak kering. Bilas wajah dengan air hingga seluruh sari lemon dan gula bersih dari wajah Minasan.
3. Resep ketiga untuk cara menghilangkan komedo ini adalah menggunakan campuran putih telur ayam kampung dan air perasan jeruk lemon. Campurkan jus lemon pada putih telur ayam kampung yang telah dikocok hingga mengembang. Aduk sampai rata lalu oleskan sebagai masker ke seluruh wajah Minasan yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan hingga ramuan mengering lalu bilas dengan air dingin.
4. Campuran jus lemon dan air mawar juga dapat menjadi cara menghilangkan komedo yang cukup ampuh. Oleskan ramuan ini pada bagian wajah yang berkomedo dengan kapas steril, kemudian diamkan selama 4 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin hingga bersih.
Selain menerapkan cara menghilangkan komedo dengan jus lemon, hindari untuk menyentuh komedo secara langsung dengan kuku atau tangan. Kebiasaan tersebut dapat menimbulkan lecet pada kulit, dan bila tangan kita ternyata kurang bersih, kebiasaan ini juga dapat memicu jerawat. Sangat penting untuk membiasakan diri membersihkan wajah setiap menjelang tidur malam dan pagi hari saat hendak mengaplikasikan makeup. Terakhir, pilihlah kosmetik ringan dengan bahan dasar yang tak mengandung minyak. Minasan akan menemukan label non-comedogenic untuk produk-produk semacam ini.
Sebagai cara menghilangkan komedo dengan perawatan dari dalam, terapkan kebiasaan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dengan porsi sayuran dan buah yang lebih banyak. Hindari makanan berminyak untuk meminimalkan produksi minyak pada wajah untuk membuat kulit wajah Minasan tetap segar dan bebas dari komedo atau jerawat.