Eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati merupakan cara yang penting sebagai tips kulit cerah alami. Dengan mengangkat lapisan sel kulit mati maka warna kulit yang semula tertutup oleh kotoran menjadi lebih cerah dan mulus alami. Cara eksfoliasi yang cukup sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah bahkan di rumah adalah dengan luluran atau scrubbing. Tekstur scrub yang kasar bisa membantu mengangkat sel kulit mati dengan lebih baik. Tetapi bila tidak dilakukan dengan cara yang benar bisa melukai kulit terutama kulit yang sensitif atau tipis karena melakukan perawatan yang menyebabkan pengelupasan pada kulit. Berikut adalah cara scrubbing yang benar untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dan mulus.
1. Basahi Dengan Air
Jangan langsung menggosok scrub pada kulit wajah dan tubuh tanpa membasahinya terlebih dahulu. Sebelum melakukan scrubbing, basahi tubuh dan wajah dengan air hangat agar melembabkan kulit dan membuka pori-pori sehingga nutrisi yang ada pada lulur bisa terserap dengan baik. Apalagi jika Minasan memiliki kulit yang kering, scrubbing yang dilakukan dengan tidak benar dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan terjadi iritasi. Scrubbing dengan kulit yang basah juga akan memudahkan mengangkat sel kulit mati.
2. Tidak Perlu Terlalu Sering
Saking semangatnya untuk mempraktekan tips kulit cerah alami dengan scrubbing, bisa jadi Minasan berencana untuk melakukannya setiap hari. Melakukan scrubbing tidak perlu terlalu sering, minimal satu kali seminggu dan maksimal sebanyak 2 kali seminggu. Jika terlalu sering, lapisan kulit yang sebenarnya belum terlalu kotor bisa terkikis sehingga kulit Minasan bisa menjadi tipis dan rawan terhadap serangan sinar matahari. Seminggu adalah waktu yang cukup bagi kotoran untuk menumpuk dan bisa Minasan bersihkan dengan scrubbing. Asalkan dilakukan dengan rutin, Minasan bisa mendapatkan kulit cerah sesuai impian.
3. Scrubbing Dengan Gerakan Memutar
Kulit pada tubuh manusia termasuk wajah adalah bahan yang elastis. Artinya apabila ia selalu ditarik searah dengan gaya gravitasi maka lama-kelamaan ia bisa melar dan tidak kencang lagi. Oleh karena itu dalam tips kulit cerah alami dengan scrubbing sebaiknya dilakukan dengan gerakan memutar dan bukannya menarik kulit dari atas ke bawah. Dengan gerakan memutar maka keelastisan kulit bisa tetap terjaga dan sel kulit mati bisa tetap terangkat dengan baik. Selain itu, hindari menggosok kulit wajah terlalu keras saat scrubbing. Tips kulit cerah alami yang bisa dilakukan selama scrubbing adalah dengan memijat hingga lulur yang digunakan mengering agar sel kulit mati lebih mudah terangkat.
4. Bilas Dengan Air Dingin
Bila sebelum scrubbing harus dibasahi dengan air hangat, maka Minasan harus membilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit yang sudah terbuka. Minasan juga bisa menggunakan scrub berbahan tradisional untuk tips kulit cerah alami yang aman dengan scrubbing. Scrub yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit adalah scrub berbahan lemon atau bengkoang karena kedua buah ini bisa mengangkat sel kulit mati dengan baik dan mencerahkan warna kulit.