Diet dengan pola makan sehat wajib diterapkan secara ketat dan teratur demi mencapai hasil yang ditargetkan. Wajib dipahami bahwa menerapkan diet bukan hanya untuk mengurangi bobot badan dalam waktu yang diinginkan. Namun tujuan paling penting dari diet ialah menyeimbangkan kadar nutrisi dalam tubuh sehingga lebih sehat dan bugar. Percuma jika Minasan memiliki tubuh kurus namun kekurangan gizi.
Diet dengan pola makan sehat memang membutuhkan motivasi terkuat dari seseorang demi mencapai bobot badan ideal. Tetapi demi menghindari efek samping negatif akibat pengurangan porsi makan dan olahraga berlebihan, penting sekali untuk mengatur diet melalui pengaturan pola makanan sehat. Oleh sebab itu, kita bisa membaginya berdasarkan pembagian waktu makan dalam sehari.
Sarapan
Banyak orang beranggapan sarapan dapat membuat tubuh semakin gemuk. Tapi sarapan justru merupakan waktu makan yang paling penting untuk mencukupi asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas sepanjang sehari. Banyak orang yang tidak sarapan demi mencapai target bobot badan tertentu. Namun jika sebelumnya terbiasa sarapan, maka hal itu bisa menimbulkan gangguan seperti sakit maag. Tak perlu makan dengan berlebihan, konsumsilah karbohidrat kompleks dengan porsi secukupnya dan berserat tinggi di pagi hari. Minasan juga bisa menyediakan susu rendah lemak atau menggantinya dengan teh hijau atau jus jeruk tanpa gula.
Makan Siang
Waktu makan siang seringkali menjadi titik kelemahan bagi mereka yang sedang menjalankan diet. Hindari mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat karena dapat membuatmu merasa ngantuk. Gantilah dengan buah-buahan atau sayuran segar. Cukupi juga kebutuhan protein di waktu makan siang. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih di siang hari. Selain berguna untuk mencegah dehidrasi, air putih juga bisa mendeteksi seseorang apakah ia sebenarnya sedang lapar atau haus.
Makan Malam
Batasi konsumsi makanan berlemak di malam hari. Usahakan untuk tidak makan malam terlalu larut dan beri jarak setidaknya 4 jam sebelum waktu tidur. Tujuannya untuk membersi kesempatan pada organ pencernaan agar dapat mencerna makanan dengan baik dan mencegah perut bertambah buncit.
Prinsip Pembagian dan Pola Makan
Pilihan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya merupakan bagian terpenting saat menjalani diet. Sebagian pakar kesehatan juga memberikan pilihan pembagian waktu makan menjadi dua kali sehari. Waktu makan pagi dan siang digabung antara jam 10 sampai 11. Untuk makan malamnya menjadi lebih sore yaitu sekitar jam 4 atau 5 sore. Sekiranya hendak menjalankan olahraga sore, lakukanlah sebelum waktu makan. Beberapa jenis olahraga ringan yang dijalankan secara rutin akan sangat membantu, misalnya seperti berlari, berjalan kaki, bersepeda, atau berenang.
Ketika menerapkan diet dengan pola makan sehat, janganlah menyantap makanan terburu-buru. Kunyahlah perlahan-lahan karena kebanyakan diet yang gagal disebabkan oleh kebiasaan makan yang terlalu tergesa-gesa yang disebabkan oleh rasa lapar. Cara mengunyah makanan dengan pelan juga dapat membantu mempercepat rasa kenyang. Usahakan agar porsinya seimbang dan tidak terlalu banyak nasi. Strategi paling mudah dalam menerapkan diet dengan makanan sehat ialah memperbanyak kadar lauk seperti sayuran dan mengurangi porsi nasi.
Kedisiplinan yang tinggi sangat dibutuhkan selama menerapkan diet dengan pola makan sehat. Lama-kelamaan tubuh akan semakin terbiasa dengan pola makan teratur, gaya hidup sehat, serta pikiran yang selalu positif dan dapat membantu mencapai hasil diet optimal.