Cuci Rambut Terlebih Dahulu


Mencuci rambut adalah langkah dasar dalam perawatan rambut. Pastikan rambutmu bersih sebelum melakukan perawatan dengan masker rambut.
source: http://www.sheknows.com/beauty-and-style/articles/844447/how-to-correctly-shampoo-condition-and-treat-your-hair
Bersihkan lebih dahulu rambut yang akan dioleskan masker dengan cara mencuci rambut. Pencucian rambut dimaksudkan agar rambut terbebas dari kotoran dan minyak yang menempel.
source: https://hairmask2.wordpress.com/tag/cara-pemakaian-hair-mask/

Pastikan Rambut Setengah Kering


Rambut yang masih sangat basah tidak bisa menyerap masker rambut dengan baik, karena masker akan sulit menempel pada rambut. Jadi penting untuk mengurangi kadar air pada rambut sebelum mengaplikasikan pada setiap helainya.
source: http://4.bp.blogspot.com/--zaDjwanrn0/U9d5oZ1O-uI/AAAAAAAABoA/3CkElArwmkk/s1600/Cara+Merawat+Rambut+Panjang+Sehat+3.png
Pastikan juga rambut masih dalam keadaan setengah kering dan lembap, serta peras rambut hingga airnya udah gak menetes. Oleskan masker rambut menggunakan jemari, dimulai dari akar rambut secara merata. Berikan pijatan lembut pada kulit kepala. Cara ini akan memperlancar peredaran darah, sehingga proses regenerasi sel kulit kepala pun berjalan lancar.
source: http://widyadarablog.blogspot.com/2013/03/tips-masker-rambut-yang-benar.html

Sesuaikan dengan Jenis Rambut


Penggunaan masker rambut tidak bisa sembarangan. Kamu harus mengetahui jenis rambut sehingga dapat menentukan masker rambut apa yang akan digunakan. Penggunaan masker rambut yang tepat dapat memberikan hasil yang maksimal.
source: http://www.molto.co.id/style/rambut-keriting-pasti-sering-mengalami-ini-141023h.html
Jika jenis rambut Anda kombinasi, yakni kulit kepala berminyak tapi rambut cenderung normal ke kering, maka berkonsentrasilah pada bagian batang rambut bukan pada akar. Jika tipe rambut Anda kering, bercabang atau kusam, maka oleskan masker rambut ke seluruh akar rambut kemudian dilanjutkan ke batang rambut.
source: http://www.pusatkosmetik.com/article/show/sudah-tepatkah-cara-anda-memasker-rambut-ini-triknya.html

Gunakan Handuk Hangat


Setelah mengaplikasikan masker rambut, gunakan handuk hangat untuk membungkus kepala. Sebagai alternatif kamu juga bisa menggunakan shower cap untuk pilihan praktis. Namun hasilnya tidak akan sebaik handuk hangat.
source: http://howtogetridofthat.weebly.com/how-to-get-rid-of-hickeys-on-your-neck.html
Agar proses penyerapan nutrisi berjalan lebih cepat, bungkus rambut Anda dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Panas yang dikeluarkan oleh handuk akan mempercepat proses penyerapan nutrisi ke dalam sel kulit kepala dan batang rambut.
source: http://www.pusatkosmetik.com/article/show/sudah-tepatkah-cara-anda-memasker-rambut-ini-triknya.html

Diamkan Beberapa Saat


Proses ini memang terlihat simple tapi sangat penting. Dalam proses ini rambut menyerap nutrisi semaksimal mungkin. Kalau kamu bosan menunggu, lakukan saja relaksasi dengan cara memijit leher atau bagian tubuh yang lain.
source: http://www.filmvz.com/how/how-to-apply-the-mask.htm
Untuk aplikasi mingguan, diamkan masker antara 3 sampai 5 menit. Untuk jenis masker rambut yang diformulasi untuk merawat rambut rusak atau rambut yang sangat dehidrasi, butuh sekitar 2-3 menit lebih lama untuk didiamkan di rambut, agar nutrisi dalam masker benar-benar terserap hingga lebih mendalam.
source: http://widyadarablog.blogspot.com/2013/03/tips-masker-rambut-yang-benar.html

Bilas dengan Air Hangat


Air hangat membantu memaksimalkan proses perawatan masker rambut ini. Setelah yakin bersih sempurna, kalian bisa membilas sekali lagi dengan air dingin untuk menutup kutikula yang terbuka karena proses sebelumnya. Setelah itu jangan lupa keringkan rambut dengan handuk lembut ya.
source: http://www.holisticvanity.ca/alternating-hot-cold-showers-rejuvenate-skin/
Cara memakai masker rambut selanjutnya sebagai penutup perawatan yaitu bilas rambut dengan air hangat. Anda harus melakukannya secara teliti dan siramkan air pada rambut berulang-ulang sampai tidak ada masker rambut yang tersisa. Ingat sisa masker yang tidak diangkat sepenuhnya justru malah memicu masalah rambut berketombe lho. Jika setelah perawatan Anda malah merasa rambut Anda lepek, berarti itu tandanya masker belum terangkat secara sempurna. Cara membilas yang paling disarankan adalah dengan menggunakan shower.
source: http://maskerorganik.com/inilah-cara-benar-memakai-masker-rambut/

Done!


Memang terlihat sedikit merepotkan, namun setelah mencobanya kamu akan merasa puas dengan hasilnya. Perawatan ini bisa dilakukan di rumah dan cukup dilakukan maksimal satu kali saja dalam seminggu. Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.