Dibandingkan dengan jerawat atau jerawat batu, masalah komedo memang tergolong ringan saja, tetapi tetap saja makeup tak dapat teraplikasi dengan sempurna bila wajah kita dipenuhi komedo. Salah satu cara menghilangkan komedo yang dapat Minasan coba di rumah adalah menggunakan bubuk kayu manis yang dicampur dengan madu. Kedua bahan ini tentu selalu ada di dapur Minasan, bukan? Dengan begitu Minasan tak perlu pusing membuat janji di salon kecantikan untuk mengusir komedo yang bermunculan, apalagi bila Minasan hendak menghadiri acara spesial.
Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa madu adalah salah satu bahan alami herbal yang mempunyai efek penyembuh termasuk antiseptik dan antibiotik alami. Madu juga berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka. Inilah sebabnya madu sangat efektif untuk membasmi jerawat dan salah satu cara menghilangkan komedo. Minasan juga dapat menggunakannya sebagai perawatan luar untuk kecantikan kita, untuk wajah maupun rambut.
Demikian halnya dengan kayu manis yang selama ini kita kenal sebagai penambah cita rasa masakan, ternyata juga mempunyai kandungan antiseptik alami yang dapat membasmi bakteri, mencegah infeksi, dan mengurangi iritasi kulit wajah akibat komedo dan jerawat. Berikut ini cara menghilangkan komedo dengan masker bubuk kayu manis dan madu. Harap diingat bahwa sebelum mengaplikasikan ramuan pada wajah, lakukan tes alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit masker pada belakang telinga Minasan.
Resep Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Kayu Manis dan Madu
Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat ramuan masker adalah 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 1 sendok makan madu murni. Campur kedua bahan tersebut hingga merata. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan cleanser harian Minasan kemudian oleskan ramuan masker secara merata. Diamkan selama 20 menit hingga ramuan cara menghilangkan komedo ini terasa agak kering. Terakhir bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk yang lembut.
Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Minasan disarankan untuk melakukan perawatan ini sebanyak 2 atau 3 kali seminggu. Bila wajah Minasan berjerawat, Minasan boleh melakukan perawatan dengan masker kayu manis ini lebih sering tetapi kurangi takaran kayu manis menjadi setengahnya saja. Ramuan di atas juga ampuh untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit wajah. Selain menjadi cara menghilangkan komedo dan jerawat yang cukup ampuh, kayu manis juga memiliki beragam manfaat bagi kecantikan wajah kita.
Untuk mencegah tanda-tanda penuaan dan mengurangi garis-garis halus pada wajah, Minasan dapat merawat kulit menggunakan campuran minyak kayu manis dan minyak zaitun. Cukup oleskan ramuan tersebut, diamkan selama beberapa menit kemudian bersihkan wajah dengan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Kayu manis mempunyai kandungan cinnamaldehyde yang berguna untuk meningkatkan kadar kolagen pada tubuh. Minasan cukup mencampurkan bubuk kayu manis dengan sedikit air, oleskan, dan kemudian didiamkan selama sekitar 6 jam. Oleh karena itu, Minasan disarankan untuk melakukan perawatan ini menjelang tidur.
Terakhir, bubuk kayu manis dapat dijadikan ramuan scrub alami yang berfungsi untuk meluruhkan sel kulit mati, kotoran, dan merupakan cara menghilangkan komedo yang cukup efektif. Minasan dapat mencampur bubuk kayu manis dengan garam laut, minyak zaitun, minyak almond, dan sedikit madu untuk membuat scrub alami ini. Oleskan scrub pada wajah terutama yang ditumbuhi komedo lalu pijat dengan lembut. Diamkan sebentar dan bilas wajah dengan air dingin.
Nah, semoga tips cara menghilangkan komedo dengan kayu manis ini bermanfaat!