Komedo memang merupakan masalah kulit yang tergolong ringan, tetapi bila tak segera ditangani, komedo yang dibiarkan saja dapat berkembang menjadi jerawat. Minasan dapat memilih cara modern untuk mengatasi komedo misalnya dengan melakukan facial yang kemudian menggunakan alat khusus untuk mencabut komedo dari pori-pori kulit. Banyak orang yang enggan melakukan perawatan wajah ini karena pada umumnya terasa tidak nyaman. Selain itu Minasan juga dapat menggunakan plester pencabut jerawat yang banyak dijual bebas. Alternatif terakhir adalah menggunakan metode alami cara menghilangkan komedo misalnya dengan tumbuhan-tumbuhan herbal atau dengan menguapi wajah.
Metode yang terakhir ini tergolong cara yang paling sederhana, murah, dan gampang dilakukan karena Minasan tak perlu melakukannya di salon atau klinik kecantikan dan cukup di rumah sendiri. Sudah banyak orang yang mencoba cara menghilangkan komedo ini dan cukup puas dengan hasilnya. Tak perlu mengeluarkan uang banyak, tak perlu merasa sakit, dan tak perlu keluar rumah, Minasan dijamin dapat memiliki kulit wajah yang halus dan mulus bebas komedo yang membandel.
Cara Menghilangkan Komedo Dengan Uap Air Panas
1. Rebus air secukupnya hingga mendidih. Sementara menunggu ari mendidih, bersihkan wajah Minasan dengan pembersih wajah harian yang biasanya Minasan gunakan. Saat air telah mendidih tuangkan pada baskom yang diameternya pas dengan wajah Minasan.
2. Arahkan wajah di atas baskom tersebut dan usahakan agar uap air panas rata mengenai wajah Minasan sehingga hasil yang Minasan peroleh dari cara menghilangkan komedo ini optimal. Fungsi dari uap panas adalah untuk membuka pori-pori agar komedo mudah dikeluarkan dengan alat khusus.
3. Setelah beberapa menit, Minasan dapat mulai mengeluarkan komedo pada wajah dengan alat yang bentuknya seperti pena dan pada ujungnya adalah kawat atau logam yang berbentuk lingkaran. Pastikan bahwa alat ini cukup bersih sehingga tak memicu infeksi pada kulit. Minasan dapat melakukan sterilisasi terlebih dahulu dengan merendam alat pada air mendidih. Saat menggunakan alat ini Minasan tidak akan merasa terlalu kesakitan karena pori-pori kulit yang telah terbuka. Lakukan hingga seluruh komedo pada wajah dapat dikeluarkan.
4. Bilas wajah dengan air hangat hingga seluruh kotoran terbasuh.
5. Setelah seluruh cara menghilangkan komedo ini Minasan lakukan, Minasan dapat melanjutkan perawatan dengan mengoleskan masker yang sesuai dengan jenis kulit Minasan. Selain masker, Minasan juga dapat mengoleskan serum agar kulit menjadi sehat dan mendapat nutrisi.
Selain menjadi cara menghilangkan komedo yang cukup ampuh, menguapi wajah secara rutin juga memberikan berbagai manfaat, yaitu:
1. Menguapi wajah akan membantu kita mendapatkan kulit wajah yang selalu bersih hingga pori-pori terdalam karena uap panas akan meluruhkan kulit mati dan kotoran keluar.
2. Setelah diuapi, komedo putih atau pun hitam yang ada pada wajah kita akan menjadi lunak sehingga lebih mudah dibersihkan dengan alat atau pun dengan metode scrubing.
3. Uap panas, selain menjadi cara menghilangkan komedo yang manjur, juga dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat. Jerawat akan cepat matang serta lebih mudah mengeluarkan minyak juga kotoran di dalamnya saat terkena uap panas. Metode ini telah dimanfaatkan di banyak klinik kecantikan.
4. Rajin menguapi wajah akan membantu Minasan tampil awet muda dalam waktu lama, karena akan membantu kulit lebih cepat beregenerasi sehingga sel kulit yang lama dapat terlepas lebih cepat.
Nah, selamat mencoba cara menghilangkan komedo dengan uap panas di rumah!