Sumber asam folat yang sangat baik

source: https://images.unsplash.com/photo-1522687297221-2d71f8c50fd5?ixlib=rb-0.3.5&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&s=ffd3d374d4b938a6b4831780e8da6ef8&auto=format&fit=crop&w=750&q=80

Ladies, sudah tahukah kamu bahwa kekurangan asam folat dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi? Untuk itu, janin membutuhkan asam folat yang cukup untuk menjaga tumbuh dan kembang sang jabang bayi. Ternyata, buah berwarna hijau ini kaya akan asam folat, yaitu sekitar 5mcg oer setengah cankir buah. Oleh karena itu, jangan pernah absen konsumsi alpukat, ya.

Kaya akan vitamin

source: https://images.unsplash.com/photo-1512070950669-a53f137d67b0?ixlib=rb-0.3.5&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&s=7077d4776ce39b010d4b6e6ca274f50e&auto=format&fit=crop&w=750&q=80

Tak hanya kaya akan asam folat, alpukat juga memiliki banyak vitamin yang sangat baik untuk sang bayi. Buah ini dikemas dengan vitamin  B1, B2, B5, B6, C, E, dan K. Semua vitamin ini sangat penting untuk dietmu ketika sedang mengandung. 

baca juga

Memerangi morning sickness

source: https://images.unsplash.com/photo-1478980236323-01c287f81aed?ixlib=rb-0.3.5&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&s=6b4d94e1b5fb4d004c6c9b042eb0234d&auto=format&fit=crop&w=753&q=80

Salah satu hal yang dialami oleh para ibu ketika memasuki trimester awal adalah morning sickness. Hal ini akan membuatmu merasa mual, muntah, dan kelelahan dalam tiga bulan pertama. Jika tidak diatasi, kondisi ini bisa benar-benar menyulitkanmu untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi alpukat. Karena buah ini mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan imun serta membantumu untuk mengatasi morning sickness yang mendera. 

Membantu dalam penyerapan nutrisi

source: https://images.unsplash.com/photo-1525724359365-66b061e0e377?ixlib=rb-0.3.5&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&s=713b6b3246985700d3b92637971fbb32&auto=format&fit=crop&w=755&q=80

Tak hanya memberikan banyak nutrisi, alpukat juga membantu tubuhmu untuk menyerap nutrisi dari makanan lain secara maksimal. Alpukat sendiri mampu menyerap karetenoid antioksidan dari ubi jalar, sayuran hijau, dan wortel. Dengan penyerapan yang maksimal, perkembangan janin tentunya juga akan tumbuh dengan sehat. 

baca juga

Meredakan kram kaki

source: https://images.unsplash.com/photo-1469914449253-82de45589e53?ixlib=rb-0.3.5&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&s=fa20fab1ffd712e3d97ef616adeb30ec&auto=format&fit=crop&w=933&q=80

Salah satu kondisi yang umum terjadi selama kehamilan adalah kram kaki. Untuk meredakan kondisi tersebut, kamu harus megonsumsi banyak potasium, kalium, dan kalsium. Kedua nutrisi tersebut terkandung dalam satu buah alpukat. Bahkan, penelitian mengatakan bahwa kandungan potasium pada alpukat jauh lebih banyak dibandingkan dengan buah pisang.

Nilai Gizi Dari Alpukat

source: https://images.unsplash.com/photo-1449339854873-750e6913301b?ixlib=rb-0.3.5&s=31f1d9e7fb76695be28be10874d3331e&auto=format&fit=crop&w=750&q=80

Satu buah alpukat mencakup nilai gizi berikut sesuai USDA (United States Department of Agriculture)

Total kalori 322
Kalori dari lemak 265
Lemak total 29.47g
Lemak jenuh 4,273g
Lemak tak jenuh ganda 3.65g
Lemak tak jenuh tunggal 19.696g

Ladies, meskipun alpukat sangat bermanfaat kamu juga harus membatasi konsumsinya per hari. Jangan lupa juga untuk menyeimbangkan nutrisi serta vitamin untuk tumbuh dan kembang sang jabang bayi. Tak hanya itu, banyak juga lho manfaat alpukat untuk program hamil yang bisa kamu dapatkan.