1. Apa Itu Komedo Putih

source: https://www.freepik.com

Komedo putih sering pula disebut whitehead. Komedo putih merupakan salah satu jenis jerawat yang lahir karena terperangkapnya sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri di dalam pori-pori.
Munculnya komedo putih juga dipengaruhi oleh produksi minyak berlebih yang dihasilkan dari
kelenjar minyak yang berada di kulit, sehingga menyebabkan penyumbatan pori-pori. Selain di
hidung, komedo ini juga bisa muncul di dagu, kening, dan di daerah-daerah yang memproduksi minyak berlebih.

Setiap orang berpotensi memiliki komedo putih di wajahnya, baik itu remaja, dewasa, wanita,
maupun pria. Munculnya komedo putih tersebut juga dipengaruhi oleh kebiasaan hidup sehari-hari.

2. Penyebab Komedo Putih yang Senang Mencuat

source: https://www.freepik.com

Seperti yang telah dijelaskan, faktor utama yang menyebabkan munculnya komedo putih adalah
tersumbatnya pori-pori. Nah, salah satu yang menjadi penyebab pori-pori tersumbat adalah
perubahan hormon yang dipengaruhi masa pubertas, penggunaan pil KB, faktor genetik, menstruasi, kehamilan, serta menopause.

Selain itu, penyebab komedo putih yang sering dialami banyak orang adalah kulit berminyak, kontak langsung wajah dengan beberapa bahan kimia seperti isopropyl myristate, propylene glycol, serta beberapa pewarna kosmetik. Ada pula penyebab lain yang acap kita alami, misalnya saja pecahnya folikel rambut, merokok, serta konsumsi makanan yang mengandung susu, juga kadar gula dan lemak yang tinggi, lho!

baca juga

3. Cara Menghilangkan Komedo Putih yang Sering Muncul

Cara mengatasi munculnya komedo putih ini tergolong mudah. Karena komedo putih merupakan jenis jerawat yang ringan, kamu bisa menggunakan produk skincare yang mengandung benzoyl peroxide, yang dijual bebas dipasaran. Tapi, pastikan dulu keasliannya sebelum kamu membelinya ya, Beautynesian! Fungsi utama benzoyl peroxide ini adalah mengontrol kadar minyak berlebih yang diproduksi wajah dan menyumbat pori-pori. 

Akan tetapi, kamu wajib bersabar ketika mengobati komedo putih ini. Sebagaimana jerawat, komedo putih ini enggak bisa dihilangkan dalam waktu sekejap atau semalam. Kamu harus melewati waktu yang cukup panjang hingga berminggu-minggu bahkan bulan dengan menggunakan sabun tersebut, agar komedo putih enggak akan berani muncul lagi. Namun, jika komedo tidak kunjung menghilang, ada baiknya jika kamu segera mengonsultasikannya ke dokter.

source: http://listverse.com

Sebaiknya, hindari dan kurangi kebiasaan mencungkil komedo. Sebab, kebiasaan itu hanya akan membuat kulitmu terinfeksi dan iritasi, yang jika parah akan menyebabkan bintik hitam pada wajah dan akan mengganggu penampilan wajahmu. Nah, untuk mencega munculnya komedo putih, ubahlah gaya hidupmu menjadi lebih bersih dan sehat. Caranya, pilihlah kosmetik yang tidak menimbulkan komedo atau non-comedogenic, bersihkan area komedo dengan produk skincare dua hari sekali, ingatlah untuk rajin membersihkan sisa makeup sebelum tidur, serta hindari mencuci wajah dengan sabun yang berlebihan.