Macam-macam Jurusan Kuliah untuk Anak IPA

Pemilihan jurusan kuliah perlu mempertimbangkan ketertarikan kamu akan suatu ilmu Ladies. Jika kamu menyukai matematika kamu bisa memilih jurusan yang melibatkan banyak hitung-hitungan. 

Selain mempertimbangkan ketertarikanmu akan suatu mata pelajaran, kamu juga bisa memilih jurusan kuliah berdasarkan cita-cita kamu. Apabila cita-citamu ingin menjadi aristek kamu bisa memilih jurusan arsitektur.

Dikarenakan banyaknya ilmu yang berada di dalam rumpun IPA, kali ini Beautynesia.id akan membahas beberapa jurusan IPA yang populer dan bisa kamu pilih Ladies

1. Farmasi
Farmasi adalah jurusan yang berhubungan erat degan obat-obatan. Kamu akan belajar untuk megenali struktur senyawa obat dan cara mengolah obat yang layak dikonsumsi. Jurusan ini cocok untuk kamu yang menyukai mata pelajaran Kimia.

2. Pendidikan Dokter
Jurusan ini merupakan jurusan yang paling diminati bagi anak IPA. Kamu akan mempelajari tentang penyakit dan cara penyembuhannya. Mahasiswa jurusan ini akan menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit dan pengobatan. Kamu yang menyukai mata pelajaran Biologi akan cocok untuk menjadi menempuh pendidikan ini.

3. Statistika
Statistika merupakan ilmu yang memelajari proses pengolahan data. Fungsi dari statistika adalah analisis data yang akurat dalam pengambilan keputusan. Bagi kamu yang menyukai matematika kamu akan cocok di jurusan ini Ladies.

4. Arsitektur
Kamu yang akan mengambil jurusan ini akan mempelajari desain dan rancangan dari kontruksi bangunan. Ilmu arsitektur berkaitan dengan menuangkan ide, konsep dan desain di atas kertas. Sementara realisasi pembangunan akan dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan teknik sipil. Jurusan ini cocok untuk kamu yang menyukai matematika dan seni budaya.

5. Teknik Pertambangan
Jurusan atau program studi teknik pertambangan cocok bagi kamu yang menyukai bekerja di luar ruangan. Jurusan ini fkus pada ekslrasi dan eksploitasi bahan galian atau sumber daua mineral. Mahasiswanya akan belajar proses pertambangan yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum, eksplorasi penambangan,pengolahan bahan tambang, pengangkutan hingga pemasaran hasil tambang. Bagi kamu yang menyukai Fisika dan Kimia akan cocok untuk terjun di jurusan ini.

6. Teknik Penerbangan (Aeronautika)
Aeronautika merupakan ilmu yang berkaitan degan kedirgantaraan. Jurusan ini mencakup perancangan, pembuatan dan pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. Jurusan ini cocok untuk kamu yang menyukai mata pelajaran Matematika dan Fisika.

7. Teknik Informatika
Jurusan ini mempelajari ilmu komputerm perangkat lunak, jaringan komputer, serta implementasinya terutama di bidang bisnis dan usaha. Mahasiswa teknik informatika akan banyak menghabiskan waktunya untuk melakukan pemrograman. Jurusan ini cocok kamu yang menyukai Matematika.

Jurusan Kuliah IPA yang Menjanjikan di Dunia Kerja

https://pin.it/bmfqbpw7lgtn42


Dunia kerja terus mengikuti kebutuhan masyarakat. Beberapa pekerjaan mungkin belum muncul pada 10 tahun yang lalu namun saat ini terus menjamur karena kebutuhan masyarakat yang terus bervariasi. Namun, kamu bisa memprediksi bidang mana yang akan terus berkembang di masa depan. Kamu bisa mengisi peluang tersebut dimulai dengan memilih jurusan kuliah sesuai dengan bakat dan minat kamu Ladies

Berikut beberapa jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan :
1. Cyber Security
Jurusan ini akan sangat dibutuhkan di masa mendatang. Dunia maya yang semakin luas membutuhkan ahli yang dapat memproteksi informasi. Jurusan ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam pengujian, perancangan dan implementasi pertahanan dalam dunia maya.

2. Ilmu Gizi
Jurusan ini mempelajari keterkaita gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya. Selain itu ilmu gizi akan mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi bagi masyarakat yang ingin menjalani diet sehat.

3. Matematika
Saat ini banyak perusahaan yang sangat menghargai seorang sarjana matematika. Para lulusan jurusan matematika dapat dengan mudah memasuki berbagai pilihan industri, seperti bank dan lembaga keuangan, pemasaran, dan administratif, serta penjualan. Mata kuliah jurusan matematika mencakup ilmu dari matematika murni maupun aplikasi. Mahasiswa diharapkan untuk mempelajari mata kuliah pilihan secara lebih mendalam yang menunjukkan bagaimana prinsip matematika yang beragam dapat diaplikasikan pada kegiatan sehari-hari manusia.

4. Teknologi Informasi
Dunia maya yang terus berkembag menuntut banyaknya kebutuhan sarjana informatika. Lulusan jurusan teknologi informasi dapat memiliki beberapa kesempatan di dunia kerja, seperti menjadi sistem analis, SEO, Web Designer, Arsitektur IT, Programmer dan lain-lain.

baca juga

Jurusan Kuliah Untuk Jalur IPA Yang Masih Jarang Diminati

https://pin.it/jy27ele4tfeg5k


Seperti harta karun, beberapa jurusan di bawah ini masih jarang diminati oleh calon mahasiswa Ladies. Namun di sisi lain lulusan jalur ini sangat dbutuhkan di dunia kerja. Berikut 5 jurusan IPA yang jarang diminati oleh calon mahasiswa. 

1. Budidaya Perikanan

Jurusan Budidaya Perikanan ternyata enggak memiliki banyak peminat, lho, Ladies. Lulusannya pun masih sedikit, sementara potensi perikanan di dalam negeri sangat besar dan belum digarap dengan maksimal.

2. Geofisika 

Jurusan yang banyak membahas soal ilmu Fisika dan Matematika ini ternyata belum memiliki peminat yang cukup banyak seperti jurusan-jurusan IPA lainnya.

Kalau kita masuk ke jurusan ini, kita bakal mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan bumi dan lingkungan. Seru banget, deh! 

3. Teknik Biomedis

Jurusan medis nggak melulu tentang kedokteran saja, lho Ladies. Lulusan biomedis juga punya peran yang enggak kalah penting dari dokter.

Seorang teknobiomedik atau biomedical engineer dibutuhkan untuk menangani teknik dan prosedur dunia kesehatan, seperti analisis, diagnosis, instrumen kesehatan, sampai rekayasa medis.

4. Oseanografi 

Oseanografi adalah disiplin ilmu yang mempelajari berbagai aspek kelautan, seperti organisme laut dan dinamika ekosistem, arus samudra, gelombang, geologi dasar laut, dan sebagainya. 

Indonesia yang sedang menguatkan sektor maritimnya ini, jelas membutuhkan pekerjaan yang relevan untuk misi tersebut.

Nggak heran, lulusan Oseanografi juga banyak dicari dan gaji yang ditawarkan pun tinggi, lho, Ladies.

5. Astronomi 

Di jurusan ini kita akan belajar mengenai hal yang berhubungan dengan antariksa.

Jurusan ini sepi peminat karena banyak yang beranggapan kalau jurusan Astronomi itu sulit karena harus belajar fisika, matematika, dan ilmu asronomi. Pada kenyataannya, banyak keseruan dari belajar di jurusan ini, lho Ladies.

Kita bisa mengamati benda-benda langit hingga fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.