Kencur adalah salah satu jenis tanaman obat tradisional yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Sebagai tanaman obat, kencur tentunya memiliki berbagai khasiat yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan hingga kecantikan. 
 
Untuk kesehatan, biasanya kencur dihaluskan dan dicampur dengan air untuk bisa dikonsumsi dengan cara diminum. Lain lagi bila untuk kecantikan, kencur bisa dihaluskan dan atau dicampurkan dengan bahan-bahan alami lainnya agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Berikut ini 4 manfaat kencur yang bisa kamu dapatkan.

1. Untuk Relaksasi

Manfaat kencur untuk wanita pertama adalah bisa digunakan untuk kamu yang membutuhkan relaksasi. Hal ini dikarenakan ekstrak kencur memiliki efek sedatif yang bisa menenangkan. Selain menenangkan, kencur juga mampu mengurangi stres dan menghilangkan gejala cemas dan gelisah.
source: https://unsplash.com
Buat kamu yang cukup terkekang dengan masalah pekerjaan atau kuliah, kamu bisa memanfaatkan kencur ini untuk rileksasi. Cara ini juga bisa kamu lakukan di rumah tanpa harus ke salon atau spa.
baca juga

2. Mampu Menyembuhkan Penyakit Kulit

Bila kamu memiliki masalah kulit yang serius seperti jerawat yang sering muncul, kencur bisa menjadi alternatif penyembuhannya. Berkat antifinflamasi dan antibakteri yang dimiliki kencur, kamu bisa memanfaatkannya untuk area kulit yang bermasalah.
source: https://unsplash.com/
Selain masalah jerawat, kencur juga mampu menyembuhkan bekas luka di kulit yang sulit hilang. Kamu cukup menumbuk kencur lalu dioleskan ke area yang memiliki bekas luka membandel. Kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain untuk dicampurkan dengan kencur sesuai kebutuhan kulit kamu.

3. Mengencangkan Wajah

Siapa sih yang engga mau memiliki wajah yang kencang? Kencur ternyata bisa lho bermanfaat mengencangkan kulit wajah kamu. Kamu bisa memanfaatkan kencur yang dicampurkan dengan beras yang bisa kamu olah di rumah untuk mendapatkan manfaat ini. Wah, manfaat kencur untuk kecantikan nih!
source: https://unsplash.com/
Kamu hanya perlu memarut kencur hingga halus lalu mencampurkannya dengan beras. Campuran beras dan kencur tersebut bisa langsung kamu aplikasikan di wajah kamu. Dengan proses yang mudah dan harga yang murah, kamu bisa mendapatkan wajah yang kencang berkat manfaat dari kencur. 
baca juga

4. Menghilangkan Mata Panda

Untuk kamu yang memiliki masalah pada kantung mata, kencur juga bisa menajadi alternatif untuk menghilangkannya. Dengan campuran kencur dan beras, kamu bisa langsung mengoleskannya di bagian kantung mata kamu.
source: https://unsplash.com/
Ekstrak kencur ini sangat bagus untuk menghilangkan lingkaran hitam di kantung mata. Dengan pemakaian yang rutin dan istirahat yang cukup, dijamin deh mata panda kamu engga akan balik lagi.
Keempat manfaat kencur tadi bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah. Selain dengan memanfaatkan kencur, jangan lupa untuk istrirahat yang cukup agar tubuh dan wajah kamu tetap terjaga kesehatannya.