Masalah dengan bau sepatu kadang mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri. Aroma tidak sedap yang berasal dari sepatu seringkali disebabkan karena keringat yang bercampur dengan bakteri yang mengendap. Walaupun kebanyakan orang yang mengalami masalah ini adalah orang-orang yang berolahraga, di beberapa kasus hal ini juga terjadi pada orang-orang yang tak rutin berolahraga. Ini terjadi karena setiap orang mempunyai kapasitas berkeringat dan reaksi akan bakteri yang berbeda-beda.
Karena itu, apabila mengalami masalah serupa, Minasan tidak perlu khawatir. Larutan cuka apel adalah obat herbal untuk bau yang praktis dan efektif untuk mengatasinya. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuatnya.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

1. Cuka sari apel. Minasan bisa mendapatkan cuka apel lokal di apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. Apabila Minasan tertarik untuk membeli cuka apel import, biasanya tersedia di supermarket besar di pusat-pusat perbelanjaan, namun dengan harga yang sedikit lebih tinggi.
2. Air. Untuk hasil yang lebih maksimal, akan lebih baik jika Minasan menggunakan air matang atau air mineral karena lebih aman dari ancaman bakteri.
3. Gelas kaca atau keramik ukuran normal untuk mencampur cuka apel dan air.
4. Tempat yang bisa ditutup, seperti botol air mineral atau botol minum biasa. Karena dalam satu kali pemakaian hanya dibutuhkan sekitar setengah dari ukuran yang telah Minasan buat. Jadi Minasan bisa menampung dan menyimpan sisa dari larutan yang sudah terpakai.
5. Corong, digunakan untuk membantu Minasan menuang larutan dari gelas ke botol penampung.
6. Kapas secukupnya.

Langkah-Langkah Membuat Obat Herbal untuk Bau dari Cuka Apel:

1. Tuangkan cuka apel murni ke dalam gelas dengan hati-hati hingga 1/3 gelas. Dalam langkah ini, kami anjurkan untuk menggunakan sendok makan atau sloki, daripada langsung menuang dari botolnya. Hal ini untuk mencegah cairan yang Minasan tuang tidak berlebihan.
2. Penuhi gelas yang sama dengan air, lalu aduk hingga merata.
3. Ambil beberapa lembar kapas, lalu tuangkan cairan dengan sendok makan hingga sebagian besar area kapas terbasahi.
4. Letakkan kapas yang telah dibasahi dengan larutan di tiga bagian sepatu; ujung dalam, tengah, dan ujung bagian tumit. Lalu diamkan semalaman.
5. Setelah proses selesai, Minasan bisa menuangkan cairan ke tempat penyimpanan dengan corong. Cairan yang tersisa bisa Minasan simpan di dalam lemari es untuk penggunaan selanjutnya.

Cara Kerja Larutan

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, cuka apel sangat berguna untuk membasmi bakteri dan efektif sebagai obat herbal untuk bau. Walaupun aromanya terbilang cukup tajam, cuka apel juga dipercaya mampu menyerap berbagai macam bau tak sedap. Dalam proses ini, kapas bekerja sebagai media untuk menampung larutan dan membantu dalam penyerapan bau. Dengan mendiamkannya semalaman, larutan juga bekerja membasmi bakteri di dalam sepatu dengan efektif.
Walaupun cara pembuatannya cukup mudah, ada hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan cuka apel sebagai obat herbal untuk bau. Kami memperingatkan Minasan untuk berhati-hati agar cairan cuka apel murni tidak terkena kulit dan mata. Baik untuk dikonsumsi atau untuk aplikasi bagian luar, cuka apel merupakan cairan dengan konsentrat yang tinggi dan cukup keras apabila terkena kulit, sehingga dapat menimbulkan iritasi jika tidak dilarutkan dengan air. Selamat mencoba! Semoga tips ini bermanfaat bagi Minasan.