Mengangkat Sel Kulit Mati

Masalah kulit mati dapat diatasi dengan mudah dengan menggunakan jeruk nipis. Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) yang terdapat pada jeruk nipis memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah kita. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikkan hal ini. Untuk mengangkat sel kulit mati tersebut, siapkan beberapa buah jeruk nipis dan ambil air perasannya. Jangan mencampurkan air perasan ini dengan apapun, yang kita butuhkan adalah air jeruk nipis murni untuk kemudian dioleskan ke wajah.

Membersihkan Komedo

Komedo merupakan permasalahan kulit yang sangat sering kita jumpai. Banyak orang kesulitan membersihkan komedo karena selalu muncul kembali. Dengan menggunakan jeruk nipis, kita dapat mengurangi bahkan menghilangkan komedo dari kulit wajah. Cara alami untuk mengatasi komedo adalah dengan menggunakan air jeruk nipis. Oleskan air jeruk nipis ke seluruh bagian wajah yang berkomedo. Biarkan hingga semalaman dan bilas keesokan paginya. Lakukan hal ini secara rutin setiap malam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Membuat Kulit Tampak Awet Muda

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang kencang dan terlihat lebih muda? Minasan dapat memiliki kulit yang awet muda dengan memanfaatkan jeruk nipis. Caranya mudah sekali, cukup dengan mengusapkan air perasan jeruk nipis ke kulit wajah. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih untuk membantu menjaga tekstur kulit wajah.

Mengurangi Produksi Minyak

Produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah dapat memicu berbagai permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo. Kulit berminyak disebabkan oleh terbukanya pori-pori kulit sehingga mendorong produksi minyak berlebih. Untuk mencegah masalah kulit yang muncul karena minyak berlebih, Minasan dapat mencoba cara berikut ini. Ambil satu buah jeruk nipis, cuci hingga bersih kemudian potong menjadi 2 bagian. Usapkan bagian dalam jeruk nipis ke permukaan wajah. Hati-hati untuk tidak menggosok bagian kulit wajah yang terluka. Diamkan hingga 10 menit sebelum membilas wajah hingga bersih. Cara ini dapat menghindarkan Minasan dari kulit berminyak untuk waktu yang lama.

Mengatasi Jerawat dan Bekasnya

Cara mengobati jerawat dengan jeruk nipis tidak jauh berbeda dengan cara untuk mencegah kulit berminyak. Hanya saja yang kita gunakan adalah air perasannya. Minasan dapat mengoleskan air jeruk nipis ke jerawat atau bekasnya dengan cotton bud. Biarkan hingga 30 menit atau hingga kering kemudian bilas wajah. Untuk mengatasi jerawat, Minasan dapat mencampurkan sedikit madu ke dalam perasan jeruk nipis. Kedua bahan ini sangat baik untuk kecantikan.
source: http://www.prosesdetox.com/cara-diet-dengan-jeruk-nipis-dan-madu-yang-menyehatkan/

Mengencangkan dan Mencerahkan Kulit

Semua orang pasti menginginkan kulit wajah yang cerah dan kencang. Memiliki wajah yang cerah sangat menunjang penampilan dan berpengaruh dalam berbagai bidang pekerjaan. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan kencang Minasan dapat menggunakan masker jeruk nipis. Caranya hampir sama dengan cara mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan jeruk nipis. Dengan terangkatnya sel kulit mati, secara otomatis kulit baru akan tumbuh dan membuat wajah terlihat lebih cerah.

Mengurangi Bau Badan

Bau badan bisa menjadi hal yang sangat mengganggu penampilan. Minasan pastinya tidak ingin memiliki bau badan tak sedap padahal sudah berdandan cantik. Untuk mencegah hal ini, Minasan dapat menggunakan jeruk nipis dan kapur sirih. Potong jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu oleskan kapur sirih tipis-tipis pada kedua irisan jeruk nipis. Oleskan pada bagian tubuh seperti ketiak atau bagian bawah leher yang biasanya dapat berbau. Diamkan selama 5 menit sebelum dibilas. Lakukan setiap sore dan pagi secara rutin.

Mengatasi Ketombe

Hal lain yang dapat mengganggu penampilan adalah ketombe. Ketombe berasal dari pelepasan kulit mati yang ada pada kulit kepala. Selain mengganggu penampilan, ketombe juga menyebabkan gatal-gatal. Untuk menghilangkan ketombe, Minasan dapat mencoba memanfaatkan jeruk nipis. Sama seperti penggunaan jeruk nipis lainnya, yang kita pakai adalah air perasannya. Gunakan air jeruk nipis secara langsung ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan sampo dan air bersih. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Mengurangi Rambut Rontok

Rambut rontok adalah masalah yang normal dialami oleh banyak orang. Namun jika rambut mulai rontok secara berlebihan, maka Minasan perlu melakukan penanganan. Untuk mencegah rambut rontok lebih banyak lagi, Minasan dapat mengoleskan perasan air jeruk ke rambut. Biarkan perasan ini menempel pada rambut semalaman. Bilas hingga bersih keesokan paginya. Lakukan terus hingga rambut rontok berkurang.

Melebatkan Rambut

Bila masalah rambut rontok sudah terlanjur terjadi, rambut akan menjadi tipis dan mengganggu penampilan. Namun Minasan tidak perlu khawatir, untuk mengatasi hal ini Minasan dapat menggunakan jeruk nipis juga. Untuk menyuburkan rambut, potong jeruk nipis menjadi 2 bagian. Bakar merang padi secukupnya hingga menjadi abu. Rendamlah abu merang ini pada air secukupnya selama semalaman. Saringlah air rendaman ini kemudia campurkan airnya ke air perasan jeuk nipis. Basuhkan ke kulit kepala sembari dipijat. Lakukan terus hingga Minasan dapat melihat hasilnya.
source: http://www.anneahira.com/jeruk-nipis.htm