Menjaga Kesehatan Pencernaan

Beras merah sangat berbeda dibandingkan dengan beras putih biasa yang kita konsumsi. Beras putih mengandung karbohidrat sederhana sedangkan beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk kesehatan. Beras merah juga mengandung banyak serat yang sangat baik untuk memperlancar proses pencernaan kita. Dengan mengonsumsinya, kita dapat terhindar dari kemungkinan terkena sembelit atau perut kembung.

Menangkal Radikal Bebas

Dengan mengonsumsi beras merah, kita dapat menghindari berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas di antaranya adalah jantung koroner dan kanker. Beras merah dapat menangkal radikal bebas dikarenakan kandungan anti oksidannya yang tinggi. Membiasakan konsumsi beras merah sangatlah baik untuk kesehatan kita.

Menurunkan Berat Badan

Kegunaan yang satu ini tentu sudah diketahui oleh banyak orang. Akan tetapi, bagaimana sesungguhnya cara kerja beras merah dalam membantu proses penurunan berat badan? Beras merah mengandung kalori yang rendah sehingga membantu mencegah perut buncit dan kelebihan kalori. Kandungan karbohidrat kompleks pada beras merah akan terus menyuplai asupan energi secara berkala sehingga dapat mencegah rasa lapar. Oleh sebab itu, beras merah sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan karena tidak hanya kandungan kalorinya rendah tapi juga mampu mengurangi nafsu makan Minasan.
source: http://wolipop.detik.com/read/2011/11/14/154238/1767090/849/diet-makan-beras-merah-kurangi-risiko-kanker-usus

Mengontrol Kadar Gula Darah

Beras merah sangat baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan kalori yang rendah dan seratnya yang tinggi sehingga dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Penderita diabetes pada umunya dianjurkan untuk menghindari konsumsi nasi putih, dan beras merah dapat menjadi alternatifnya.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Beras merah sangat dianjurkan sebagai pengganti bahan makanan pokok. Hal ini dikarenakan beras merah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan sangat baik. Oleh karena itu, ada baiknya untuk beralih dari beras putih ke beras merah.

Menjaga Kesehatan Tulang

Selain kalsium dan vitamin D, tubuh kita juga membutuhkan magnesium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Nah, pada beras merah kita dapat menemukan kandungan magnesium tersebut. Kandungan nutrisi magnesium pada beras merah sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan dan menguatkan tulang dan gigi.

Mencegah Penyakit Kanker

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan antioksidan pada beras merah dapat mencegah penyakit kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, beras merah mengandung selenium dan polifenol yang diyakini dapat mencegah kanker usus besar.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bila sistem kekebalan tubuh kita baik maka proses diet akan berjalan dengan lebh maksimal. Beras merah mengandung banyak gizi seperti zat besi, mangan dan zinc yang akan membantu proses pembentukan sel darah merah. Dengan begitu Minasan akan terhindar dari resiko terkena anemia saat sedang diet. Kandungan zinc pada beras merah akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam proses diet.

Menjaga Kesehatan Kulit

Pada beras merah, terdapat kandungan vitamin B yang tinggi. Dengan begitu, kita dapat menghindari penyakit beri-beri bila mengonsumsi beras merah. Beras merah juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan mampu mengatasi alergi. Jadi, konsumsi beras merah tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga dapat membantu mempercantik kulit kita.
source: http://www.caramemutihkankulit.org/