Air dan Tubuh Kita

70 persen tubuh kita terdiri dari air. Maka sudah pasti tubuh kita juga butuh asupan air setiap harinya. Kebanyakan orang sering lupa minum karena kesibukan yang ada. Maka tak jarang banyak orang yang sering terkena migraine, yang dapat disebabkan oleh dehidrasi. Selain itu, biasanya jika seseorang haus maka pikirannya akan tertuju pada minuman dingin seperti diet cola. Diet cola dianggap baik karena nol kalori dan mengandung kafein sehingga dapat menghilangkan rasa kantuk saat bekerja, namun kenyataannya cola tidak dapat menggantikan air putih. Tubuh yang kekurangan air akan menjadi lemas, kulit kering, rasa kantuk, penuaan dini dan bahkan berbagai masalah pada organ dalam.
source: https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAUQjhxqFQoTCOigor7d3scCFQuOlAoduO8Png&url=http%3A%2F%2Fwww.fadlie.web.id%2Fair-dan-kehidupan-untuk-indonesia-yang-lebih-sehat.html&bvm=bv.102022582,d.dGo&psig=AFQjCNG2Ko-zcDjPMNVsUj-UfxL2iAGceg&ust=1441502484491299

Cara Menghitung Kebutuhan Air Setiap Hari

Untuk menjalani hidup yang sehat, Minasan juga harus menerapkan pola makan sehat. Salah satu poin penting dalam pola makan sehat adalah minum cukup air. Berapa banyak air yang dibutuhkan setiap hari? Jika berdasarkan iklan yang ada di televisi, tubuh kita butuh setidaknya 1500 ml air per hari. Benarkah demikian? Tubuh kita memang setidaknya butuh 1,5 liter air perhari, namun jika aktivitas padat maka kebutuhan air dapat naik hingga 2 liter bahkan lebih.
Misalnya, jika Minasan memiliki berat badan 100 kilogram yang berarti sama dengan 220,46 pound. Maka perkiraan air yang dibutuhkan adalah 110,23 ounce, atau sekitar 6,89 pound atau 3,125 liter air minum (16 gelas air ukuran 200 ml) Bagaimana jika berat badan Minasan hanya 50 kilogram, berapa banyak air yang Minasan butuhkan? Caranya mudah, lakukan persentase untuk 16 gelas air, maksudnya 50 persen dari 16 gelas atau dengan kata lain tubuh Minasan membutuhkan sekitar 8 gelas air.
Namun ini hanya persentase berdasarkan berat badan, belum dihubungkan dengan jenis kelamin serta seberapa berat aktivitas Minasan sehari-hari. Untuk lebih mudahnya Minasan dapat menggunakan aplikasi Plant Nanny yang dapat mengukur berapa kebutuhan air per hari dengan lebih akurat.

Apa Sih Plant Nanny Itu?

Plant Nanny adalah aplikasi yang dapat diakses melalui iphone, android dan windows phone. Isinya adalah aplikasi seperti virtual pet dalam bentuk tumbuhan yang mengingatkan Minasan mengenai salah satu poin dari pola makan sehat yaitu minum lebih banyak air dengan lebih teratur dan sesuai dengan target per harinya.
source: http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://ipanduan.com/wp-content/uploads/2013/10/Plant-Nanny-untuk-Hidup-Sehat.png&imgrefurl=http://ipanduan.com/1017/plant-nanny-game-dan-juga-solusi-hidup-sehat/plant-nanny-untuk-hidup-sehat/&h=605&w=986&tbnid=D_ODbg6_h4cEpM:&docid=9Kkh-WAfVR3hUM&ei=dTTqVfWAEMGm0ATIvYfwCQ&tbm=isch&ved=0CCQQMygKMApqFQoTCLWPyffO3scCFUETlAodyN4Bng
Setelah mendownload aplikasi ini, Minasan harus memasukkan beberapa informasi pribadi seperti tinggi badan, berat badan, dan tingkatan aktivitas sehari-hari (biasa, sibuk, sibuk sekali) untuk menghitung berapa liter air yang Minasan butuhkan perharinya, baru kemudian Minasan dapat memilih tanaman seperti apa yang akan dipelihara.
Ada banyak jenis tanaman yang ada dalam aplikasi ini seperti mawar, cyclamen, carnation, kubis, reddish berry, tulip, morning ghost, snow brush, devil ivy dan lain lain. Selain itu, Minasan juga bisa memilih pot dengan warna, motif dan bentuk sesuai selera membuat aplikasi ini lebih menyenagkan.
source: http://fourdesire.com/works/plantnanny
Setelah memilih tanaman, tanaman tersebut bisa dinamai sesuka hati dan ia akan mengingatkan Minasan berapa banyak air yang harus Minasan minum dalam satu hari serta dapat mengingatkan Minasan dalam rentang waktu 2 jam sekali, 4 jam sekali, 6 jam sekali ataupun disesuaikan dengan kebutuhan Minasan (Plant Nanny hanya akan mengingatkan untuk minum pada rentang waktu antara jam 8 pagi hingga 9 malam).

Rekapan Jumlah Air yang Minasan Minum Setiap Hari

Plant Nanny mencatat rekapan berapa banyak air yang telah Minasan minum per hari dalam satu minggu, sehingga Minasan dapat melihat berapa kali target telah terpenuhi atau berapa kali telah gagal.
source: http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://a5.mzstatic.com/us/r30/Purple5/v4/5a/b8/b8/5ab8b884-f6de-ac82-643b-680a4a908cce/screen1136x1136.jpeg&imgrefurl=https://www.apptweak.com/plant-nanny-water-reminder/iphone/pk/en/app-marketing-app-store-optimization-aso/report/590216134&h=1136&w=640&tbnid=w1IlamXCWCra0M:&docid=oVr57SEADWh13M&ei=MEXqVYjoDeLUmgXe6arIAw&tbm=isch&ved=0CCwQMygTMBNqFQoTCIjA7PHe3scCFWKqpgod3rQKOQ
Bagaimana Minasan? Tertarik menjaga pola hidup sehat dengan aplikasi ini?