Bekas Jerawat yang Membandel

Jerawat bukan satu-satunya biang keladi yang suka menyebabkan masalah pada kulit wajah Minasan. Setelah jerawat, maka akan timbul bekas jerawat itu sendiri. Bekas jerawat adalah trauma pada kulit yang memicu pembentukan kolagen yang berlebih. Jerawat yang terbentuk dari lemak dan bakteri menghancurkan kolagen sehingga kulit kita membentuk kolagen baru dengan tergesa-gesa sehingga kolagen tersebut timbul menjadi bekas jerawat. Untuk menghilangkan jerawat, gunakanlah salicylic acid dan jangan menyentuh bekas luka tersebut, karena bakteri yang ada pada tangan akan berpindah ke kulit wajah yang dapat menimbulkan jerawat baru. Jika bekas jerawat cenderung membandel, Minasan bisa melakukan perawatan laser ke dokter kulit.

Serba-Serbi Tentang Komedo

Komedo merupakan tumpukan lemak yang menyumbat pori-pori. Komedo memiliki 2 jenis yang biasa dikenal dengan blackhead dan whitehead. Blackhead adalah komedo yang teroksidasi oleh udara sehingga menjadi berwarna hitam, sedangkan whitehead merupakan komedo yang tertutup oleh epidermis kulit. Komedo sendiri memiliki kaitan dengan jerawat. Melakukan scrub setiap 2 kali seminggu dapat mencegah munculnya komedo, karena pori-pori Minasan sudah dibersihkan dengan scrub. Jika memiliki waktu luang yang lebih, Minasan bisa mengunjungi klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan chemical peeling.

Kenali Apa Itu Milia

Masalah kulit wajah selanjutnya adalah milia. Milia adalah gumpalan kecil berwarna putih yang terbentuk akibat tumpukan keratin yang terjebak di dalam pori-pori, namun tidak memiliki bakteri atau minyak seperti komedo. Milia terjadi karena adanya tanda-tanda penuaan dan melambatnya perubahan sel kulit. Milia muncul pada akhir usia 20-an atau awal 30-an. Milia bisa juga merupakan efek laser yang timbul kembali karena produksi kulit yang terlalu cepat. Minasan dapat menghilangkan milia dengan mikrodermabasi yang bisa dilakukan di klinik kecantikan. Untuk pencegahan milia sendiri, Minasan dapat menggunakan produk yang kaya antioksidan untuk mencegah penuaan dini.

Munculnya Flek Hitam yang Mengganggu

Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit pada wajah yang sering dialami banyak wanita. Flek hitam terjadi karena hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah produksi melanin yang berlebih pada daerah tertentu (kulit) sebagai respon terhadap paparan sinar UV. Jenis masalah kulit wajah yang sering muncul ini memiliki istilah medis, yaitu solar letigines. Untuk melakukan pencegahan timbulnya flek hitam adalah dengan menggunakan sunblock minimal spf 30 dan lebih baik jika mengandung broad spectrum. Jika Minasan sudah terlanjur memiliki flek hitam, gunakanlah produk perawatan wajah yang mengandung bahan pencerah seperti kojic acid.

Timbul Memar di Wajah

Walaupun bukan masalah pada kulit wajah yang terbilang lumrah, namun beberapa dari wanita pernah mengalami memar. Memar timbul akibat berpindahnya darah dari pembuluh ke permukaan kulit akibat benturan, suntikan atau trauma kulit lainnya. Memar bisa saja terjadi karena Minasan sedang mengalami pengobatan tertentu yang bisa membuat darah menjadi menipis. Mengonsumsi banyak bawang putih atau suplemen juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Jika memar tersebut meninggalkan rasa sakit, sebaiknya Minasan melakukan rujukan ke dokter agar diberikan penindakan yang lebih lanjut.
Sekian artikel terkait masalah kulit wajah yang sering Minasan alami. Kunci dari menghilangkan masalah pada kulit wajah adalah menjaga kesehatan kulit sebaik mungkin dan sesuai kebutuhan. Semoga artikel ini dapat memberikan solusi bagi Minasan. Have a nice day!