Pernah dengar hot yogurt? Menu yang sedang populer di Jepang sebagai menu sehat ini sebenarnya sederhana saja, cukup panaskan yogurt sebentar di dalam microwave atau kompor biasa.
source: http://www.nakashou.info/blog/162/
Menu ini bisa kamu masukkan ke dalam daftar resep makanan untuk dietmu. Selain baik untuk kesehatan, hot yogurt juga baik untuk kamu yang sedang menjalani program diet karena bisa menekan penyerapan lemak.

Manfaat Hot Yogurt

Setidaknya ada 4 manfaat hot yogurt yang bisa kamu rasakan dalam waktu singkat, antara lain membantu program diet, bebas sembelit, kulit cantik, dan membantu tidur lebih nyenyak.
source: http://sakumina.exblog.jp/i2/2/

1) Membantu Program Diet

Yogurt yang dihangatkan dipercaya bisa membantu penyerapan kalsium lebih tinggi dan menghalangi penyerapan lemak oleh tubuh. Jika kalsium bergabung dengan bile acid dan lemak, maka lemak akan menjadi sulit diserap oleh usus halus sehingga lemak yang kamu konsumsi akan dibuang begitu saja.
source: http://girlschannel.net/topics/426473/
Hot yogurt ini juga akan membantumu melewati masa "titik balik" yang bisa dipastikan akan menghampiri mereka yang sedang menjalani diet, yaitu saat berat badan akan kembali naik setelah beberapa waktu lamanya. Biasanya hal ini disebabkan karena penumpukan lemak sebagai akibat berkurangnya energi dan kalsium selama masa diet. Namun, karena kebutuhan kalsium sudah tercukupi dari hot yogurt, reaksi penumpukan lemak tidak akan terjadi.

2) Bebas Sembelit

Menghangatkan yogurt akan membantu meningkatkan kinerja lactobacillus (bakteri baik yang hidup di dalam usus). Mungkin kamu berfikir bahwa yogurt dingin pun akan menjadi hangat saat masuk ke dalam tubuh. Namun asal kamu tahu, makanan dingin tidak hanya membebani organ dalam tubuh, tapi juga membuat perut menjadi dingin.
source: http://www.c21columbia.com/
Mengonsumsi yogurt dengan temperatur panas normal tubuh akan membantu meningkatkan kinerja bakteri lactobacillus tanpa membuat tubuh menjadi dingin sehingga membantu mencegah sembelit.

3) Manfaat Kulit Cantik

Rutin mengonsumsi hot yogurt akan membuat tubuhmu lebih selektif dan tak mudah menimbun zat yang tidak diperlukan, sehingga zat berbahaya yang bisa menimbulkan jerawat dan masalah pada kulit pun akan berkurang. Dengan demikian, kondisi kulitmu perlahan akan semakin cantik dari hari ke hari.
source: http://www.cadc-albufeira.org/component/vitamin-c.html
Selain manfaat di atas, metabolisme tubuhmu juga akan membaik, regenerasi sel kulit akan semakin cepat, sehingga bekas jerawat akan memudar dan wajah kusammu akan berganti dengan wajah cantik alami.

4) Tidur Lebih Nyenyak

Tryptophan (jenis asam amino) yang terkandung dalam yogurt memiliki zat pembentuk hormon serotonin yang berfungsi mengatur keseimbangan mood sekaligus hormon melatonin yang juga sering disebut hormon tidur.
source: http://www.iaso-sosei.jp/blog/beauty/%E8%89%AF%E8%B3%AA%E3%81%AA%E7%9D%A1%E7%9C%A0_%E3%82%B7%E3%83%9F_%E3%82%B7%E3%83%AF_%E3%81%9F%E3%82%8B%E3%81%BF_%E6%AF%9B%E7%A9%B4%E3%81%AE%E9%96%8B%E3%81%8D/
Semakin banyak tryptophan yang kamu konsumsi, maka kamu akan punya cukup hormon melatonin untuk memperbaiki ritme tidurmu. Dengan demikian, kualitas tidurmu akan membaik sehingga kamu akan terbangun dengan tubuh yang segar.

Cara Membuat Hot Yogurt

Hot yogurt memang mudah dibuat oleh siapa saja. Namun, jika cara membuatnya salah, maka efektifitasnya akan berkurang. Berikut ini adalah cara membuat hot yogurt agar kamu bisa mendapatkan khasiatnya secara maksimal.
Bahan & Alat:
100 gr plain yogurt
1 sdm air (untuk menghindari yogurt pecah)
Madu secukupnya (sesuai selera)
Piring/cangkir tahan panas atau ramekin
Cara Membuat:
1. Letakkan yogurt, air, dan madu di piring tahan panas.
2. Masukkan ke dalam microwave. Jika kamu menggunakan lebih banyak yogurt, maka sesuaikan dengan temperatur dan lama memanaskannya. Sebagai patokan untuk resep ini, panaskan yogurt selama 40 detik pada microwave 500 watt atau 30 detik pada microwave 600 watt. Jenis microwave bisa berpengaruh terhadap suhu dan lama waktu yang dibutuhkan.
3. Keluarkan dari microwave lalu aduk agar suhunya merata.
Poin penting:
Suhu sangat utama dalam penyajian hot yogurt. Jadi, perhatikan dengan saksama agar suhu yogurt tidak terlalu panas karena dapat menyebabkan bakteri lactobacillus mati. Jaga suhunya pada kisaran 38~40 derajat celsius. Kamu bisa kehilangan khasiatnya jika yogurt terlalu panas atau dingin. Jika kamu tidak punya microwave, panaskan yogurt di atas kompor dengan api sangat kecil beberapa detik saja. Tetap perhatikan suhunya agar tidak terlalu panas.