Kulit kusam dan kering adalah masalah yang umum dihadapi oleh hampir setiap wanita. Banyak dari mereka yang melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, sebelum berusaha untuk mengatasinya, alangkah baiknya jika kamu mengenali terlebih dahulu apa saja penyebab kulit kusam. Karena dengan memahami penyebab kulit kusam, maka kamu akan lebih mudah untuk mengatasinya. Ingin tahu apa saja penyebab kulit kusam? Yuk, simak!

Kurangnya Asupan Nutrisi

Penyebab kulit kusam salah satunya adalah karena kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh kita. Seperti halnya organ tubuh lainnya, kulit juga memerlukan asupan nutrisi yang tepat untuk membuatnya tetap sehat. Kulit yang sehat akan terbebas dari masalah kering dan kusam.
source: http://health.liputan6.com/read/797097/manfaat-vitamin-e-dari-pengencer-darah-sampai-antipikun
Perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kulitmu. Vitamin E mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Selain itu, vitamin E juga mampu bertindak sebagai antioksidan alami serta dapat membuat kulitmu tetap kencang dan awet muda.

Penggunaan Produk Kosmetik yang Salah

Saat ini banyak sekali produk kosmetik yang di jual di pasaran dengan iming-iming iklan yang dikemas sedemikian rupa hingga mampu menarik minat para pembeli untuk mencobanya. Namun satu hal yang perlu kamu ketahui, bahwa kulit masing-masing orang tidaklah sama. Bisa jadi satu produk kosmetik cocok untuk satu orang namun tidak untuk orang lain.
source: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/cantik/15/07/30/ns9s42367-penelitian-lebih-dari-80-persen-iklan-kosmetik-bohong
Tidak menutup kemungkinan bahwa kosmetik mengandung berbagai macam bahan kimia dan tidak semua bahan kimia ini ramah di kulit. Beberapa kandungan bahan kimia justru akan mengganggu kesehatan kulit sehingga menyebabkan kulit kering. Kulit yang kering dan tidak bercahaya akan terlihat kusam. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan mencoba kosmetik baru. Boleh mencoba, asal terlebih dahulu memperhatikan bahan kandungannya, apakah aman untuk kulitmu atau tidak.

Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Adalah hal yang umum bahwa rokok dan alkohol sangat tidak baik untuk kesehatan, terutama bagi wanita. Namun, tak hanya kesehatan, ternyata rokok dan alkohol ini juga dapat berdampak pada kecantikan. Rokok dapat menghambat kelancaran sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh, tak terkecuali asupan oksigen untuk kulit. Akibatnya, kulit yang kekurangan oksigen akan mengalami dehidrasi sehingga menjadi kering. Inilah mengapa wanita perokok cenderung terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, karena rokok membuat kulitnya kering dan terlihat mengeriput.
source: http://www.huffingtonpost.com/2014/02/10/smoking-breast-cancer_n_4740224.html
Seperti halnya rokok, alkohol juga demikian. Alkohol mampu membuat kulit mengalami dehidrasi sehingga terlihat lebih tua. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari merokok untuk menjaga kecantikan kulitmu.

Kurangnya Waktu Tidur

Pada saat kita tidur, tubuh akan melakukan proses regenerasi sel-sel, tak terkecuali sel-sel kulit. Sel-sel kulit yang teregenerasi dengan baik akan tetap sehat dan terlihat kenyal. Jika kita kurang tidur, maka tubuh juga tidak akan lancar dalam melakukan regenerasi sel-sel, sehingga sel kulit akan tampak kusam dan timbul penuaan dini.
source: http://pondokibu.com/manfaat-tidur-yang-cukup-bagi-kecantikan-kulit.html
Selain itu, pada saat kita tidur, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang merupakan antioksidan alami tubuh. Selain itu, hormon ini juga dapat menangkal adanya radikal bebas yang juga merupakan salah satu penyebab kulit kusam. Manfaat-manfaat dari hormon melatonin ini tentunya sangat membantu kulitmu untuk tetap sehat dan bebas dari masalah kulit kering dan kusam. Nah, untuk kamu yang suka begadang, lebih baik segera menghentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang jika ingin memiliki kulit cantik dan sehat.
Itulah beberapa penyebab kulit kusam yang sering kali tidak kita sadari. Semoga bermanfaat!