Pengaruh Buruk Ruangan Ber-AC Terhadap Tubuh

Jika Minasan bekerja di ruang ber-AC dalam waktu yang cukup lama setiap harinya, coba perhatikan bagaimana kondisi kulit Minasan. Apakah kulit terasa kering? Apakah Minasan mengalami gangguan lainnya seperti tenggorokan terasa kering, sering harus, bahkan tenggorokan terasa sakit?
source: http://www.jatinangorku.com/beda-perawatan-kulit-kering-berminyak-dan-kombinasi.html
Beberapa keluhan di atas bisa disebabkan karena AC membuat udara di sekitar kita menjadi kering. AC bekerja dengan cara menyerap udara panas dan menggantinya dengan udara dingin. Saat proses pertukaran panas terjadi, kelembapan di udara ikut terserap sehingga tingkat kelembapan di dalam ruangan menjadi berkurang dan menyebabkan udara menjadi kering. Udara kering memiliki tingkat kelembapan yang rendah sehingga sering membuat keadaan tubuh menjadi tidak nyaman.

Namun, hal ini juga bisa terjadi karena Minasan tak mempersiapkan kondisi kulit untuk mengatasi kulit kering akibat udara kering yang dihasilkan oleh AC. Dengan mempraktekkan gaya hidup sehat untuk kulit cantik, tentu keluhan-keluhan ini bisa diatasi.

Menjaga Kelembapan Kulit di Ruangan Ber-AC

Penting untuk mempersiapkan kondisi kulit sebaik mungkin agar kulit tidak sampai menjadi kering. Tentunya, langkah-langkah pencegahan ini harus dilakukan dari dalam dan dari luar agar efektif. Bagaimana caranya?

1. Menjaga Kadar Air Dalam Tubuh
Minum air putih minimal 8 gelas sehari adalah wajib hukumnya. Namun, Minasan bisa minum segelas air setiap kali tenggorokan terasa kering. Jangan sampai Minasan membiarkan tenggorokan kering terus berkelanjutan karena hal ini dapat berlanjut pada sakit tenggorokan dan dehidrasi.
2. Menggunakan Produk Perawatan Kulit Khusus
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan mengeluarkan produk-produk yang bisa mengunci kelembapan pada kulit untuk waktu yang lama. Sebelum pergi bekerja di ruangan ber-AC, pastikan Minasan telah mengoleskan lotion pelembap pada wajah dah seluruh tubuh. Minasan juga bisa menggunakan serum-serum khusus yang bisa mengunci kelembapan selama 24 jam untuk hasil maksimal. Jangan lupa untuk membawa hand cream di dalam tas untuk dioleskan jika tangan masih terasa kering.
source: http://antiagingcentral.org/anti-aging-hand-cream-best-of-the-best/
3. Membawa Facial Mist
Produk seperti facial mist praktis untuk dibawa dan dapat melembapkan wajah dengan cepat. Minasan bisa memakai facial mist dengan kandungan yang dibutuhkan seperti air beroksigen, vitamin C, kolagen, dll. Semprotkan pada wajah di saat kulit wajah terasa kering.
4. Usapkan Essential Oil
Minyak-minyak yang diambil dari bahan alami dapat berfungsi mengunci kelembapan di dalam kulit untuk waktu yang lama. Minasan bisa mengoleskan olive oil, almond oil, coconut oil, dan berbagai jenis essential oil lainnya untuk menjaga kelembapan dalam kulit Minasan.
5. Mencukupi Asupan Protein
Pastikan Minasan makan makanan yang mengandung protein tinggi untuk mencukupi kebutuhan gizi yang dibutuhkan kulit. Hal ini juga menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat untuk kulit cantik. Dengan kebutuhan gizi yang tercukupi, tentu kulit akan semakin bersinar dan tak mudah kehilangan kelembapannya bahkan di ruang ber-AC sekalipun. Konsumsilah makanan berprotein tinggi seperti daging, ikan, telur, kedelai, susu, keju, dan yogurt.

Mengatasi Tenggorokan Kering

Tak hanya kulit kering yang menjadi permasalahan, tenggorokan yang kering bahkan sakit menjadi masalah yang kadang dijumpai seseorang yang berada di ruangan ber-AC dalam jangka waktu yang lama. Bagaimana mengatasinya?
1. Menggunakan Masker yang Dibasahi
Pernahkah Minasan melihat seseorang yang baru turun dari pesawat terlihat menggunakan masker? Ini disebabkan karena tekanan udara yang menurun di dalam pesawat sehingga mengakibatkan udara di dalam kabin menjadi kering. Apalagi untuk penerbangan jarak jauh yang membutuhkan waktu belasan jam, besar kemungkinan membuat tenggorokan Minasan kering saat turun dari pesawat. Nah, Minasan juga bisa menerapkan hal ini saat di kantor. Saat kondisi badan kurang fit, tentu tenggorokan akan lebih rentan terasa kering. Kenakan masker untuk menghindari keadaan tenggorokan bertambah parah. Minasan juga bisa mencelupkan masker pada air hangat, kemudian memakainya dengan cara terbalik untuk cara yang lebih efektif.
2. Memakai Scarf
Scarf yang dililitkan pada leher dapat mencegah tenggorokan kedinginan dan menjadi kering. Jadikan scarf sebagai fashion item tambahan di kantor. Dengan begini Minasan dapat mencegah tenggorokan sakit dengan cara yang lebih stylish.
source: http://therelaxnation.com/2011/12/office-style-for-the-ladies-accessorize-with-a-winter-scarf/

Mengatasi Udara Kering

Tak hanya menjaga kelembapan kulit, menjaga agar kelembapan udara tidak semakin menurun di dalam ruangan juga penting, lho. Hal ini bisa menjadi langkah untuk mencegah kulit dan tenggorokan dari kekeringan akibat dehidrasi. Ini langkah-langkah yang bisa Minasan lakukan.
1. Letakkan Secangkir Air Panas di Meja
Minasan bisa menyiapkan mug khusus yang diisi air hangat, meneteskan aromaterapi, kemudian meletakannya di meja. Tetesan essential oil yang dihirup juga dapat mencegah terjadinya infeksi dan radang tenggorokan, lho. Coba gunakan essential oil seperti tea tree untuk mengatasi hal ini.
2. Letakkan Tanaman Hias
Tak hanya dapat mempercantik interior kantor, dedaunan hijau juga dapat meningkatkan kadar kelembapan di dalam udara sehingga dapat mengatasi permasalahan seperti udara kering di kantor. Pilihlah tanaman yang banyak daunnya untuk hasil yang lebih optimal.
source: http://www.oftrax.com/contemporary-home-office-design/decorative-white-home-office-furniture-laminate-floor-paired-with-decorative-plant-wooden-floor-wooden-chest-of-drawer-wooden-computer-desk-wooden-computer-desk-chair-wooden-bookshelf/
3. Pasang Humidifier
Alat ini mungkin jarang ditemukan di Indonesia mengingat kelembapan udara di Indonesia sudah cukup tinggi. Namun, jika udara di dalam ruangan ber-AC dirasa terlalu kering, Minasan juga bisa memasang alat pengatur kelembapan udara atau atau yang disebut humidifier ini. Alat ini bisa dibeli di toko-toko khusus peralatan interior.
Penting untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk kulit cantik dan menerapkan langkah-langkah khusus yang dapat mencegah dehidrasi selama berada di ruangan ber-AC. Semoga cara ini sukses mengatasi kulit dan tenggorokan kering yang Minasan alami. Selamat mencoba!