1. Witch Hazel

Witch hazel merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Utara. Memiliki nama latin Hamamelis virginiana, tanaman ini banyak digunakan di beberapa produk kecantikan. Witch hazel memiliki kandungan astringen alami sama seperti jeruk nipis dan lemon. Khasiatnya dapat meredakan jerawat meradang, mengecilkan pori-pori, meredakan kantong mata, serta mengurangi minyak berlebih. Umumnya witch hazel sudah banyak dijual dalam bentuk cair sehingga bisa diaplikasikan langsung pada kulit. Akan tetapi, pastikan bahwa witch hazel yang Minasan beli benar-benar murni dan tidak ada campuran pewangi, pengawet, atau alkohol.
source: http://www.enbuenasmanos.com/propiedades-del-agua-de-hamamelis

2. Cuka Apel

Cuka apel dikenal sebagai minuman herbal yang sering digunakan sebagai pengobatan alami. Cuka apel mengandung asam yang kandungan pH-nya mampu menyeimbangkan pH pada kulit wajah manusia serta membunuh bakteri penyebab jerawat.
Cara mengaplikasikan cuka apel sebagai toner adalah dengan menggunakan kapas dan usapkan langsung pada kulit atau tambahkan air dengan perbandingan 1:1 dan disimpan dalam botol. Namun, jika kulit Minasan tergolong sensitif, Minasan harus menambahkan air dengan perbandingan air yang lebih besar dari cuka apel. Karena keasamannya cukup tinggi, maka cuka apel dapat membuat kulit sensitif menjadi iritasi. Air yang digunakan akan lebih baik jika menggunakan air hasil penyulingan (distilled water), air hujan, atau hydrosol (floral water).

3. Air Mawar

Bunga mawar sudah banyak dijadikan bahan untuk produk perawatan kulit, salah satunya adalah toner wajah untuk kulit berjerawat. Akan tetapi, beberapa produk tertentu telah menambahkan bahan sintetis yang membuat kulit menjadi mudah mengalami iritasi. Aroma floral yang dihasilkan sebenarnya berasal dari fragrance (pewangi) sintetis jika Minasan memperhatikan komposisinya.
source: http://www.gurl.com/2014/07/11/sneaky-beauty-tricks-you-should-be-doing/#7
Air mawar mengandung antiseptik yang efektif membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain sebagai antibakteri, air mawar juga cocok digunakan untuk kulit kering dan menua karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk meregenerasi sel-sel kulit yang rusak secara alami. Kandungan air mawar juga mampu menyeimbangkan kondisi pH kulit wajah. Cara mengaplikasikannya adalah dengan menyemprotkannya secara langsung tanpa perlu khawatir iritasi karena air mawar cukup ringan. Minasan juga bisa mengkombinasikan air mawar dengan cuka apel atau witch hazel.

3. Teh Hijau

Siapa yang tidak kenal dengan teh hijau? Daun teh hijau sudah lama dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tak hanya efektif merawat kulit kering dan menua, tetapi juga menyembuhkan jerawat secara alami. Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa katekin yang membuat kulit menjadi lebih cerah dan melenyapkan flek hitam atau bekas jerawat.
Tujuan utama menggunakan baking soda dalam mempersiapkan teh toner hijau karena membantu untuk menenangkan kulit Anda dari luka atau luka bakar. Hal ini juga bertindak seperti exfoliator.
source: http://www.harustahu.com/155/cara-membuat-toner-teh-hijau-green-tea-sendiri.html
Cara membuatnya adalah dengan menyeduh daun teh hijau kering dengan air panas, lalu diamkan. Tambahkan witch hazel toner, tambahkan air lemon, vitamin E, dan baking soda secara bergantian. Simpan dalam botol spray dan letakkan di dalam lemari es. Tambahkan beberapa tetes essential oil jika perlu, seperti tea tree atau lavender.

5. Mentimun

Kandungan air pada mentimun sangat banyak sehingga cocok untuk kulit berjerawat yang sensitif. Mentimun mengandung antioksidan dan silika yang membantu menghilangkan lingkar hitam pada mata, meremajakan kulit, disertai vitamin A, B, dan C, serta mineral berupa magnesium, kalium, dan mangan yang membantu mengencangkan kulit. Asam askorbatnya membantu meringankan pembengkakan pada mata dan peradangan akibat jerawat.
Ada dua cara untuk membuat toner mentimun sendiri dengan mudah. Pertama dengan membuat infused water, yang diberi satu tablet lunak vitamin E. Caranya, dengan mengiris mentimun lalu merendamnya dalam air panas yang disimpan di dalam lemari pendingin. Setelah 24 jam, tambahkan vitamin E dan letakkan di dalam botol spray. Kedua adalah dengan memarut mentimun kemudian saring dan peras airnya. Simpan di botol spray dan letakkan di lemari es.

6. Jeruk Nipis

Kandungan citric acid pada jeruk nipis sangat bermanfaat untuk meredakan jerawat dan mengurangi minyak di permukaan kulit. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin C, vitamin B1, belerang, glikosida, minyak atsiri, serta asam amino yang efektif membasmi jerawat, kulit berminyak, mengencangkan kulit, dan mencerahkan kulit.
Cara membuatnya tidak sulit. Minasan cukup memeras jeruk nipis dan campurkan airnya pada air biasa di dalam wadah spray. Minasan bisa juga mengkombinasikannya dengan mentimun, madu, lidah buaya, atau air mawar untuk menjaga kelembaban kulit. Kandungan asam jeruk nipis sangat tinggi sehingga dapat membuat kulit mudah mengalami iritasi. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menambahkan bahan lain untuk menyeimbangkan pH kulit.

7. Garam Himalaya

Garam Himalaya mengandung 84 mineral alami yang sangat penting bagi tubuh. Garam ini tidak hanya digunakan untuk menyedapkan masakan, tetapi juga untuk mengatasi masalah jerawat. Garam Himalaya mengandung antiseptik alami yang membuat jerawat lebih cepat kering. Butiran garamnya juga berguna untuk mengangkat sel kulit mati.
source: http://domesticgeekgirl.com/crafts-diy/diy-natural-detoxifying-himalayan-salt-facial-toner/
Susan Hartono, ahli gizi di Self Awareness Network, menuturkan kalau menggunakan garam himalaya adalah pilihan yang lebih baik dibanding garam meja yang beredar di pasaran saat ini. Meski tak jauh beda dengan garam laut, tetapi garam himalaya mempunyai kandungan mineral yang lebih utuh.
source: http://farrago.co.id/2015/02/garam-himalaya-yang-legendaris-dan-kaya-mineral/
Cara memakai garam ini sebagai toner tidak terlalu sulit. Minasan cukup melarutkan 1 sendok teh garam Himalaya ini ke dalam secangkir air hangat. Tuangkan ke dalam botol spray dan siap untuk digunakan. Gunakan toner ini setiap pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah secara rutin.
Bahan-bahan alami di atas tidak hanya bisa digunakan untuk satu bahan saja. Minasan bisa mengkombinasikannya untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan sesuai dengan kondisi kulit Minasan. Pastikan selalu menyimpannya di dalam lemari es agar toner wajah untuk kulit berjerawat Minasan tetap segar dan nyaman dipakai. Selamat mencoba!