Sejatinya rambut merupakan pelindung kulit kepala dari panas matahari maupun hawa dingin. Tapi bagi wanita, rambut juga berfungsi sebagai hiasan yang mempercantik penampilan. Namun, merawat rambut tidaklah mudah. Banyaknya polusi di jalan, paparan sinar matahari, efek alat-alat styling dan penggunaan bermacam bahan kimia menimbulkan beragam masalah rambut.

Masalah yang bermacam-macam menuntut solusi yang beragam pula. Cara penanganan masalah rambut yang satu bisa jadi berbeda dengan yang lain tergantung apa keluhannya. Jadi mengatasi masalah rambut tidak bisa dilakukan asal-asalan. Kamu perlu mengenal jenis rambutmu dan menemukan solusi terbaik untuk masalah yang kamu hadapi.

Merawat rambut tidak harus selalu dilakukan di salon. Kamu dapat mencoba menggunakan bahan-bahan alami sebagai alternatif perawatan rambut. Tentunya dengan tetap memperhatikan apa masalah rambutmu ya Ladies.

Masker Rambut Alami Untuk Rambut Kering

Rambut kering biasanya memiliki ciri-ciri kaku dan sulit diatur. Rambut kering biasanya diakibatkan karena terlalu sering menggunakann alat-alat styling atau bleaching untuk mewarnai rambut. Bila kamu memiliki masalah rambut ini kuncinya adalah menambahkan nutrisi pada rambutmu.

Banyak sumber nutrisi yang bisa kamu gunakan untuk kembali menyehatkan rambut kering. Salah satu buah yang dapat kamu gunakan sebagai masker rambut adalah alpukat. Kandungan lemak dan vitamin dalam alpukat dapat melembapkan dan menutrisi kembali rambut yang kering.

Caranya, hancurkan daging alpukat kemudian tambahkan 1/2 sendok makan minyak almond. Aduk rata dan oleskan sambil dipijat pada rambut dan kulit kepala. Tutup dengan shower cap atau handuk agar tidak berantakan. Tunggu selama 15-30 menit sampai meresap kemudian bilas hingga bersih.
 

baca juga

Masker Rambut Alami Untuk Rambut Mengembang

Mirip seperti masalah rambut yang pertama. Rambut mengembang biasanya juga memiliki tekstur yang kering. Hanya saja rambut mengembang biasanya lebih sulit diatur dan mencuat-cuat keluar serta mengembang lebih dari volume aslinya. Bila kamu memiliki masalah rambut mengembang kamu dapat menggunakan telur sebagai masker rambut.

source: https://hellosehat.com/

Caranya mudah sekali, campurkan satu kuning telur, segelas susu dan dua sendok minyak zaitun. Aduk rata hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Kuning telur berkhasiat untuk melembutkan dan meluruskan rambut sehingga dapat membuat rambut mengembang menjadi lebih lembut dan mudah diatur.

Masker Rambut Alami Untuk Rambut Rusak

Rambut rusak adalah kondisi lanjutan apabila rambut kering tidak segera diatasi. Penggunaan alat-alat styling tanpa menjaga asupan nutrisi rambut dan kondisi lingkungan yang penuh dengan polusi menyebabkan rambut menjadi rusak, kering dan rapuh. Kamu yang memiliki rambut rusak dapat menggunakan yoghurt dan minyak zaitun untuk kembali menutrisi rambut.

source: https://www.viva.co.id/

Caraya, campurkan yoghurt tawar yang kental dengan 6 sdm minyak zaitun. Kemudian aplikasikan pada rambut mulai dari batang hingga keakarnya. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Gunakan secara rutin 2 sampai 3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

baca juga

Masker Rambut Alami Untuk Rambut Rontok

Rambut rontok adalah masalah umum yang banyak dijumpai. Ada dua macam kerontokan rambut, yang rontok dari akar dan karena patah. Untuk mengidentifikasi jenis rambut rontokmu, kamu bisa memperhatikan bagian ujung rambut yang rontok. Bila ada bulatan kecil diujungnya, tandanya rambutmu rontok dari akar dan mungkin mengalami kebotakan. Tapi bila rontok karena patah maka tidak ada bulatan akar diujung rambut dan biasanya efeknya adalah ujung rambut semakin menipis.

source: https://www.alodokter.com/

Kamu dapat menggunakan masker rambut lidah buaya untuk mengatasi rambut rontok. Caranya lumatkan langsung gel lidah buaya dan oleskan pada rambut hingga ke akarnya. Tutup dengan handuk dan diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Masker Rambut Alami Untuk Rambut Berketombe

Rambut berketombe ditandai dengan kulit kepala yang gatal dan banyaknya serpihan kulit kepala pada rambut atau bahu. Ketombe bisa disebabkan karena rambut yang kotor atau tidak cocok dengan produk tertentu. Kamu dapat menggunakan baking soda dan air lemon sebagai masker rambut untuk melawan ketombe.

source: https://cantik.tempo.co/

Caranya campur baking soda dengan perasan air lemon lalu oleskan pada kulit kepala. Tutup dengan handuk hangat selama 10-15 menit hingga meresap. Lalu bilas dengan air dingin.

Beberapa masker rambut diatas adalah alternatif alami yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah-masalah rambutmu. Sebaiknya gunakan secara teratur 2 sampai 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.