Wortel sebagai Pelindung Kulit

Minasan pasti tahu wortel memiliki manfaat yang baik bagi mata, tetapi wortel juga baik untuk melindungi kulit. Kandungan betakaroten dalam wortel bisa melindungi kulit dari radikal bebas yang berasal dari sinar matahari. Betakaroten dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari sinar UV. Kandungan betakaroten sebagai antioksidan dapat mengurangi potensi kulit terbakar ketika terpapar matahari. Karena itulah wortel juga dapat mengatasi kulit terbakar matahari, terutama juga karena ada vitamin E dalam wortel tersebut. Selain vitamin E, wortel juga memiliki kandungan vitamin A dan C, keduanya sangat baik sebagai pelindung kulit serta dalam melawan radikal bebas. Selain wortel, khasiat betakaroten yang sama dapat ditemukan pula dalam labu dan mangga.

Tomat Sebagai Pelindung Kulit

Tomat memiliki likopen yang merupakan sumber antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas yang dihasilkan sinar UV sebanyak 40 sampai 50 persen. Likopen selain antioksidan, juga merupakan karotenoid yang menetralkan radikal bebas yang dihasilkan sinar matahari serta meminimalkan reaksi inflamasi terhadap UV pada kulit. Hal ini berarti tomat baik untuk mengatasi kulit terbakar matahari serta efek lain pada kulit akibat sinar matahari. Kandungan likopen akan lebih efektif jika Minasan memasak tomat tersebut. Likopen akan lebih cepat diserap jika bersamaan dengan lemak, seperti lemak tak jenuh dalam minyak zaitun. Bisa juga tomat dimakan sebagai pelengkap makanan berbentuk saus, tentunya saus tomat alami. Atau, meminum suplemen yang mengandung likopen. Sumber lain dari likopen adalah semangka, pepaya, paprika merah, dan jeruk.
source: http://www.hellomagazine.com/cuisine/2015052225384/5-foods-that-help-protect-against-sunburn/

Salmon Sebagai Pelindung Kulit

Omega-3 pada salmon bisa membantu untuk menghambat inflamasi yang diakibatkan sinar UVB sampai 52 persen. Selain itu, salmon pun berguna untuk menghalangi sinar UV yang mencoba mengurangi kolagen kulit sehingga dapat mengurangi potensi keriput. Alasan lain salmon jika dikonsumsi baik untuk mengatasi kulit terbakar matahari, yaitu kandungan vitamin D pada salmon sehingga dapat melindungi sel kulit dari kerusakan. Dengan kata lain, salmon membantu kekebalan kulit yang terkena matahari dari kulit belang sampai akibat yang lebih parah seperti kanker. Ikan lain yang memiliki omega 3, yaitu sarden. Bagi Minasan yang seorang vegetarian, sumber omega-3 bisa didapatkan dari rumput laut dan biji chia.
source: http://www.rd.com/slideshows/healthy-foods-healthy-skin/view-all/

Cokelat Sebagai Pelindung Kulit

Cokelat yang dimaksud di sini adalah cokelat hitam atau dark chocolate. Dark chocolate dapat dijadikan sebagai makanan untuk mengatasi kulit terbakar matahari karena kandungan antioksidannya. Antioksidan bernama flavonoid tersebut dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari. Ditambah lagi antioksidan tersebut dapat melindungi tubuh dari zat-zat polusi yang berpotensi berbahaya bagi kulit. Konsumsi flavonoid dapat meningkatkan fotoproteksi (peminimalan kerusakan tubuh saat terpapar sinar UV) serta mencegah agar kulit tidak dehidrasi. Dengan mengonsumsi dark chocolate, tubuh menjadi memiliki perlindungan yang lebih dari efek-efek buruk yang berasal dari sinar UV. Untuk perlidungan maksimal, dark chocolate yang dikonsumsi minimal memiliki kandungan setidaknya 65 atau 70 persen kakao.
source: http://greatist.com/health/6-food-groups-will-protect-you-sun

Teh hijau Sebagai Pelindung Kulit

Makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi kulit terbakar matahari yang terakhir memang bukan berbentuk makanan, melainkan minuman. Teh hijau pun sama seperti makanan-makanan pada poin sebelumnya, memiliki antioksidan yang diperlukan kulit untuk melawan sinar matahari. Polifenol, antioksidan dalam teh hijau, memiliki kemampuan melindungi kulit dari radikal bebas. Teh hijau merupakan salah satu hal yang sering tercantum pada produk-produk kecantikan, jadi tidak dapat dipungkiri lagi akan manfaatnya. Saat kulit terlanjur terbakar, dapat pula meletakkan kantung teh hijau ke kulit yang terbakar tersebut untuk mendinginkannya.