Jerawat yang Tak Kunjung Pergi

Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit wajah yang sering dialami oleh Minasan, tak peduli apapun jenis kulitnya. Jerawat timbul karena adanya pengaruh perubahan hormon dan makanan yang bisa menjadi salah satu pemicu perubahan hormon tersebut. Selain perubahan hormon, jerawat bisa timbul akibat stress dan gaya hidup yang kurang sehat. Cara penangan dari jerawat itu sendiri bisa Minasan lakukan di rumah. Cukup dengan cara yang simpel seperti membersihkan muka hingga benar-benar bersih, menggunakan perawatan yang cocok dengan kulit Minasan serta menjaga pola makan dan menghindari stress. Jika jenis jerawat yang Minasan alami cukup parah, sebaiknya Minasan berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik lagi.

Munculnya Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Masalah kulit wajah yang satu ini memang seringkali bikin sakit kepala. Menggelapnya area sekitar mata bisa saja terjadi karena faktor keturunan. Bila ini merupakan penyebabnya, Minasan tidak dapat menghilangkan secara total, namun hanya bisa mencerahkannya saja dengan eye cream yang mengandung bahan pencerah. Lingkaran hitam di area mata juga bisa terjadi karena pengaruh usia. Semakin bertambanya usia, area mata menjadi lebih gelap. Sayangnya, lingkaran hitam ini tidak dapat dicegah. Untuk pengobatan yang lebih lanjut, Minasan bisa menggunakan eye cream atau rutin memijat daerah sekitar mata secara teratur untuk memperlancar aliran darah pada wajah.

Timbulnya Tahi Lalat di Wajah

Tahi lalat dibedakan menjadi berbagai macam jenis. Ada tahi lalat yang datar dan hanya berbintik coklat saja atau ada juga tahi lalat yang memiliki pertumbuhan. Timbulnya tahi lalat tidak dapat dicegah, karena hal tersebut merupakan bagian dari tanda lahir. Jika tahi lalat Minasan tergolong normal, sebaiknya tidak dilakukan tindakan yang lebih lanjut atau dibiarkan saja. Jika tahi lalat tersebut merupakan jenis tahi lalat yang bisa tumbuh dan mengganggu, sebaiknya Minasan melakukan tindakan operasi untuk menghilangkan tahi lalat tersebut.

Memiliki Mata yang Sembab

Mata sembab disebabkan oleh adanya cairan pada jaringan kulit yang terletak di bawah mata. Penyebab mata sembab bisa terjadi jika Minasan tidak memiliki waktu tidur yang cukup atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin. Mencegah masalah pada kulit wajah yang satu ini tidaklah sulit. Tidurlah secara cukup serta hindari makanan yang terlalu asin yang dapat menyebabkan penumpukan air. Bila Minasan sudah memiliki mata yang sembab, cukup berikan pijitan pada area sekitar mata agar cairan yang menumpuk tersebut dapat terdistribusi dengan baik. Melakukan kompres mata hanya dapat membuat mata menjadi lebih segar saja, namun tidak membawa efek apapun pada mata sembab itu sendiri. Penting untuk menjaga waktu tidur yang cukup dan beristirahat sejenak jika bekerja menggunakan komputer setiap hari.

Memiliki Melasma Pada Wajah

Melasma merupakan tanda simetris berwarna cokelat akibat hiperpigmentasi yang terdapat pada pipi, dahi, dan bibir bagian atas. Melasma timbul akibat tingginya hormon estrogen dan seringkali terjadi pada wanita yang sedang mengandung atau mengkonsumsi pil KB. Untuk mencegah timbulnya melasma, bisa dilakukan pemeriksaan terkait kadar hormon estrogen yang ada dalam tubuh Minasan. Pastikan untuk menggunakan sunblock ke manapun Minasan pergi, karena sinar ultraviolet dapat menjadi pemicu timbulnya melasma ini. Untuk menghilangkan melasma, Minasan dapat menggunakan produk yang mengandung bahan pencerah seperti kojic, lactic atau glycolic. Bisa juga Minasan melakukan perawatan dengan laser yang diawasi oleh dokter.
Sekian pembahasan mengenai masalah kulit wajah dan cara mengatasinya. Jangan khawatir jika permasalahan kulit wajah Minasan tidak disebutkan di sini, karena kemungkinan akan dibahas di bagian ke-2. Semoga dengan membaca artikel ini, masalah Minasan dapat terpecahkan.