Basahi Area yang Akan Dicukur Dengan Air Hangat

Hal ini bertujuan agar pori-pori kulit dan folikel rambut jadi terbuka. Basahi area yang akan dicukur dengan air hangat, diamkan selama 2-4 menit. Cara ini memudahkan Minasan untuk mencukur hingga ke ujung bulu. Tidak disarankan mencukur dalam keadaan kaki kering, sebab berpotensi melukai kulit. Minasan juga bisa menggunakan scrub yang mengandung garam untuk mengangkat sel-sel kulit mati maupun kotoran. Agar iritasi pada kulit bisa dihindari dan bulu-bulu jadi lebih mudah terangkat, gunakan krim cukur atau kondisioner rambut yang diusapkan pada kaki. Sebaliknya, jangan menggunakan sabun mandi. "Sabun mandi tidak memberi lubrikasi yang cukup bagi pisau cukur untuk meluncur sempurna pada kulit, malah menimbulkan risiko luka," kata seorang Dermatolog, Ellen Gendler MD.

Cukur dari Bawah ke Atas

Mulailah gerakan mencukur dari bagian kaki paling bawah, misalnya pergelangan kaki. Lalu bergerak ke atas, hingga lutut, atau bagian dalam paha. Mencukur berlawanan dengan arah tumbuhnya rambut akan membantu bulu kaki tercukur sempurna, hingga mendekati akar tumbuhnya. Agar bulu kaki tak cepat tumbuh sehabis dicukur, mencukurlah dengan tarikan panjang ke atas. Usahakan untuk membuat gerakan yang halus dan rata. Tetapi, jangan lupa untuk membilas pisau cukur setelah beberapa saat dengan air panas. Tujuannya untuk membersihkan dan menyingkirkan bulu yang menyumbat. Untuk memastikan tak ada bagian yang terlewat, Minasan juga bisa mengulangi gerakan mencukur selama beberapa kali.
source: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/

Alat Cukur yang Tepat

Gunakan alat cukur yang tepat, misalnya dengan memilih pencukur yang punya lebih dari satu mata pisau. Tujuannya, agar hasil cukuran semakin bersih dan bulu tak cepat tumbuh lagi. Sebaiknya, gunakan pula pisau cukur baru dan tajam. Selain untuk menjaga alat cukur tetap bersih dan bebas karat, menggunakan pisau cukur yang tak terlalu tajam hanya akan melukai kulit. Sementara itu, pisau cukur yang dipakai selama beberapa kali bisa memicu tumbuhnya jerawat, ruam, dan menjadi tempat berkumpulnya bakteri hingga berpotensi mengakibatkan infeksi. Bila ingin hasil lebih maksimal, Minasan bisa juga menggunakan krim khusus cukur untuk dioleskan pada kaki. Ingatlah untuk menghindari krim atau gel pencukur yang mengandung parfum, sebab dapat menyebabkan iritasi terutama bagi kulit sensitif. Nah, saat mencukur bulu kaki, peganglah permukaan kulit dengan kencang untuk mencegah ruam (bintik kemerahan). Tetapi jika tetap ada ruam, disarankan untuk segera membubuhkan bedak bayi.
source: http://abangonline.net/

Oleskan Pelembab

Agar bulu kaki tak cepat tumbuh sehabis dicukur, Minasan bisa mengoleskan pelembab, misalnya lotion, seusai mencukur. Disarankan untuk segera mengoleskan pelembab saat area cukur masih dalam keadaan sedikit basah. Selain mampu menjaga kulit tetap halus, kandungan emolien pada pelembab juga menyebabkan rambut atau bulu yang akan tumbuh pun menjadi halus. Bila perlu, untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit, Minasan juga bisa memilih aftershave cream atau pelembab kulit dengan antiseptic. Jangan lupa untuk terlebih dulu membersihkan dan membasuh area yang baru dicukur dengan air dingin, supaya pori-pori kulit kembali tertutup.
source: http://1.bp.blogspot.com/