Ada banyak cara untuk merawat kecantikan wajah, mulai dari mencegah penuaan dini hingga perawatan untuk mengatasi masalah kulit. Tetapi sayangnya masih banyak wanita yang salah kaprah dalam merawat wajah sehingga justru membuat kulit menjadi trauma. Salah satu perawatan yang harus dilakukan dengan benar adalah merawat kulit yang berjerawat. Memencet jerawat merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat yang masih banyak dilakukan. Padahal memencet jerawat bisa membuat luka pada kulit dan berisiko menimbulkan infeksi serta meninggalkan bekas. Penggunaan produk perawatan wajah juga tidak bisa sembarangan, harus disesuaikan dengan jenis kulit dan kandungan yang aman. Bagi Minasan yang memiliki masalah dengan jerawat, simak beberapa kesalahan perawatan berikut agar dapat Minasan hindari.
1. Sering Mengganti Produk Wajah
Berbagai iklan produk kecantikan terutama produk cara menghilangkan jerawat memang selalu terlihat meyakinkan dan menggoda kita untuk mencobanya. Ditambah dengan ketidakpuasan terhadap suatu produk yang dirasa tidak bisa memberikan hasil yang diharapkan mungkin membuat Minasan kerap berganti-ganti produk. Padahal kulit membutuhkan waktu untuk beradaptasi terhadap kandungan suatu produk tertentu dan jerawat tidak bisa sembuh hanya dalam waktu satu dua bulan. Terlalu sering mengganti produk wajah untuk cara menghilangkan jerawat bisa menimbulkan reaksi negatif pada kulit wajah Minasan.
2. Foundation yang Terlalu Tebal
Bagi sebagian orang mungkin cara menghilangkan jerawat dapat dibantu dengan makeup yang tebal. Hal ini dilakukan untuk menyamarkan permasalahan jerawat yang diderita. Tetapi sebaiknya Minasan bersabar terlebih dahulu karena kulit yang berjerawat cenderung lebih sensitif terhadap bahan kimia yang terdapat pada kosmetik. Selain itu foundation yang terlalu tebal akan menutup pori-pori wajah dan membuat sirkulasi udara pada kulit terhambat, hal ini bisa membuat jerawat lebih meradang.
3. Salah Mencuci Wajah
Mencuci wajah dengan facial foam memang bisa mengurangi kelebihan minyak pada wajah yang umumnya dialami oleh wanita berjerawat. Namun cara menghilangkan jerawat dengan terlalu sering mencuci wajah bisa membuatnya terlalu kering dan iritasi. Mencuci wajah dengan sabun cukup 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sebelum tidur. Jika Minasan memang ingin mencuci wajah selain dua waktu tersebut cukup dengan air bersih saja. Mencuci wajah juga tidak perlu diusap-usap dengan keras, cukup dipijat secara lembut dengan gerakan memutar maka sabun akan bekerja mengangkat kotoran dengan sendirinya.
4. Mencuci Wajah Sebelum Keramas
Sikat gigi, mencuci wajah dengan sabun, baru setelah itu mandi keramas adalah rutinitas yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Padahal sampo mengandung bahan yang bisa melembabkan rambut dan akan membuat kulit wajah berminyak apabila sampo mengalir hingga ke wajah. Tentu agak mustahil untuk melindungi wajah dari aliran sampo, maka dari itu yang bisa Minasan lakukan adalah dengan mencuci wajah memakai sabun setelah keramas. Dengan begitu cara menghilangkan jerawat bisa bekerja lebih efektif dengan tidak menambah produksi minyak pada wajah.
Selengkapnya