Cara menghilangkan jerawat seperti apa yang cocok remaja wanita? Jerawat mudah menyerang pada remaja yang sedang mengalami masa puber. Setiap kali remaja wanita mengalami menstruasi, saat itu pula tanda-tanda kemunculan jerawat tampak. Setiap kali remaja wanita mengalami stres, jerawat juga sangat mudah muncul. Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan jerawat di wajah. Sehingga membuat jerawat mudah sekali untuk tumbuh di bagian pipi, hidung, dahi, atau area wajah yang lain. Namun tentu saja jerawat yang mudah muncul juga mudah untuk dihilangkan jika mengaplikasikan cara yang tepat.
Cara menghilangkan jerawat yang digemari oleh remaja wanita biasanya adalah cara yang praktis. Tidak banyak memakan waktu dan tidak merepotkan. Kehadiran produk-produk penghilang jerawat pastinya menjadi pilihan utama remaja wanita. Namun alangkah lebih baik jika Minasan memilih cara yang lebih alami. Seperti menggunakan masker dari bahan alami yang sampai sekarang masih dipilih. Mengingat kandungan-kandungan alami di dalam masker juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di wajah, mengapa tidak dicoba? Salah satu masker bahan alami yang dapat digunakan adalah masker bengkoang. Berikut cara pembuatan masker dan penggunaannya untuk menghilangkan jerawat di wajah.
1. Pilih Bengkoang yang Segar
Tidak sembarang bengkoang yang dipilih untuk dibuat menjadi masker. Pilihlah bengkoang yang memiliki bentuk bulat dengan kondisi kulit bengkoang yang menutup rapat daging buahnya. Bengkoang dengan kondisi masih baik menandakan bengkoang masih dalam kondisi segar. Jangan memilih bengkoang yang memiliki bentuk lonjong, daging buah yang terlihat keriput, dan kulit bengkoang yang sudah terlalu kering. Sebab bengkoang dengan kondisi seperti itu menandakan bengkoang sudah hampir layu atau membusuk.
2. Kupas Seluruh Kulit Bengkoang
Setelah memperoleh bengkoang yang masih dalam kondisi segar, maka ambillah sebanyak dua buah. Kemudian segera kupas seluruh kulit bengkoang. Pastikan tidak ada sedikitpun kulit bengkoang yang masih menempel pada daging buahnya. Sebab cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan masker bengkoang lebih mengutamakan bagian daging buahnya.
3. Potong dan Hancurkan Daging Buah Bengkoang
Setelah selesai dikupas, segera potong daging buah bengkoang dengan ukuran yang kecil. Pemotongan daging buah dilakukan untuk memudahkan saat proses penghancuran. Setelah selesai dipotong kecil-kecil, daging buah bengkoang tersebut harus dicuci hingga bersih kemudian dihancurkan.
4. Gunakan Ampas Bengkoang
Saat proses penghancuran daging buah bengkoang, pisahkan antara sari bengkoang dengan ampas. Gunakan ampas untuk masker wajah. Sebelum menggunakan masker bengkoang tersebut, pastikan wajah sudah dibersihkan dengan air bersih. Cara menghilangkan jerawat dengan ampas bengkoang yang dianjurkan adalah dengan mengoleskan secara merata pada permukaan wajah. Diamkan selama seperempat jam hingga masker bengkoang tersebut mengering. Setelah mengering, bersihkan ampas bengkoang yang menempel di wajah. Baru selanjutnya bilas wajah dengan menggunakan air bersih yang mengalir.
5. Gunakan Endapan Sari Pati Bengkoang
Menggunakan masker wajah dengan bengkoang merupakan cara menghilangkan jerawat yang multi fungsi. Ampas dan sari bengkoang sama-sama berguna untuk dijadikan masker penghilang jerawat. Selain ampas dari daging buah bengkoang, endapan dari sari pati bengkoang juga dapat dijadikan sebagai masker wajah. Cara membuat masker wajah dari endapan sari bengkoang adalah dengan mendiamakan sari bengkoang. Kemudian baru dapat digunakan ketika endapan sari pati bengkoang sudah terbentuk. Cara menggunakannya pun sama seperti pada masker wajah dari ampas bengkoang.
Masker bengkoang menjadi pilihan wajib sebagai cara menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat menjaga kesehatan wajah secara optimal. Membuat wajah tidak hanya bebas jerawat, namun juga menjadikan wajah tampak lebih cerah. Minasan dapat menggunakan masker bengkoang setiap malam sebelum tidur.
Selengkapnya