Wajah merupakan permukaan kulit yang paling banyak mengalami masalah karena di bawah permukaan kulit terdapat banyak kelenjar dan saraf yang menjadikannya lebih sensitif dibandingkan permukaan kulit lainnya. Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum terjadi bahkan hampir semua remaja pernah mengalaminya. Karena saking kesalnya dengan jerawat yang mengganggu, kadang kita tidak bisa menghentikan keinginan untuk mengelupasnya atau memencetnya agar cepat kempes. Memencet jerawat atau mengelupaskan kulitnya yang sedang mengering akan menimbulkan bekas luka bopeng atau flek hitam yang sulit dihilangkan. Sebagai bagian dari cara menghilangkan jerawat, berikut adalah cara untuk menghilangkan bekas lukanya.
1. Tomat
Tomat mengandung vitamin C yang mampu memperbaiki sel-sel di kulit wajah dengan lebih cepat. Pertumbuhan sel yang lebih cepat akan menutup luka bekas jerawat dengan lebih cepat pula. Selain bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat, tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah dan menjadikan wajah lebih segar. Caranya cukup dengan mengiris beberapa potongan tomat lalu usapkan pada wajah dengan lembut.
2. Minyak Zaitun
Minyak zaitun atau olive oil ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bisa membuat wajah menjadi lebih mulus dan mengecilkan pori-pori di wajah. Selain itu minyak zaitu juga merupakan masker yang sangat baik untuk jenis kulit kering sebagai pelembab alami agar tidak sensitif dan mudah iritasi. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan minyak zaitun bisa dicampur dengan bahan alami lain atau bisa langsung dioleskan pada wajah atau pada bekas luka jerawat, tunggu 20 hingga 30 menit kemudian bilas. Atau bisa juga diaplikasikan sebelum tidur malam lalu tunggu hingga semalaman baru dibilas saat bangun tidur. Dengan demikian nutrisi pada minyak zaitun akan meresap lebih dalam dan bekerja memperbaiki kulit rusak lebih baik.
3 .Ampas Teh
Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya selanjutnya adalah memanfaatkan ampas teh minuman sehari-hari. Teh kaya akan antioksidan yang mampu mempercepat pertumbuhan sel baru untuk menutup bopeng bekas jerawat dan menjadikan kulit kembali mulus dan kencang. Ada beberapa cara bagi Minasan untuk menggunakan teh sebagai perawatan wajah. Bisa dengan menempelkan ampas teh yang sudah diseduh ke wajah, bisa dengan menggunakan ampas teh celup, atau bisa juga membuat teh baru tanpa gula yang direndam semalaman, kemudian airnya digunakan untuk membasuh wajah pada pagi hari.
4. Mentimun
Tidak hanya segar untuk lalapan, mentimun juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat dan menyembuhkan bekasnya. Mentimun mampu memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat jerawat dan merapatkan kembali kulit bekas jerawat sehingga kulit bisa lebih kencang dan mulus. Cara menghilangkan jerawat dengan mentimun bisa dikonsumsi sebagai jus yang ditambah dengan sedkit madu, atau bisa juga dengan memarutnya sampai halus lalu diterapkan pada wajah. Efeknya yang mendinginkan akan meredakan peradangan karena jerawat dan mengangkat sel kulit mati sehingga menjadikan kulit lebih bersih.
Selengkapnya