Cystic acne adalah sebutan untuk jerawat batu. Disebut sebagai jerawat batu karena jerawat yang tumbuh di kulit wajah memiliki ukuran lebih besar dari ukuran jerawat biasa. Siapapun yang sudah memasuki masa puber apalagi wanita, terbilang mudah untuk ditumbuhi jerawat batu. Ketika jerawat batu tumbuh, maka kulit wajah akan terasa sakit. Bahkan jika jerawat batu tersebut ditekan dengan jari secara pelan pun akan menimbulkan rasa sakit.
Jerawat batu sangat mudah tumbuh pada jenis kulit yang sensitif. Terlebih jika kebersihan kulit kurang diperhatikan, maka pertumbuhan bakteri di kulit wajah yang sensitif mudah untuk memicu tumbuhnya jerawat batu. Namun ada pula yang mengalami jerawat batu karena faktor hormonal gen yang menyebabkan kelenjar minyak bekerja secara berlebihan. Minyak yang keluar melalui kulit wajah pun dapat membuat kulit wajah kotor dan menimbulkan jerawat. Jerawat batu yang tumbuh pada dasarnya dapat dihilangkan dengan mudah. Di bawah ini akan dijelaskan tiga bahan alami yang dikombinasikan untuk cara menghilangkan jerawat batu di wajah.
1. Rimpang Kunyit
Rimpang kunyit adalah salah satu bahan alami untuk menghilangkan jerawat batu di kulit wajah. Penggunaan rimpang kunyit dengan cara diekstrak melalui parutan atau blender. Untuk memudahkan proses ekstraksi, rimpang kunyit yang sudah dipisahkan dengan kulitnya dan sudah dicuci bersih perlu dicampur dengan sedikit air. Baru kemudian dapat dikombinasikan dengan dua bahan alami lainnya.
2. Madu
Madu adalah bahan alami yang ikut dikombinasikan dalam cara menghilangkan jerawat batu. Madu dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi masalah yang terkait pada kulit wajah seperti jerawat. Kombinasikan madu dengan ekstrak rimpang kunyit dan satu bahan alami lagi agar lebih efektif untuk menghilangkan jerawat batu.
3. Sari Jeruk Nipis
Sari jeruk nipis adalah bahan alami yang ikut dikombinasikan dengan ekstrak rimpang kunyit serta madu. Setelah ekstrak rimpang kunyit diperoleh, maka madu dan sari jeruk nipis ditambahkan. Sari jeruk nipis yang kaya antioksidan dari vitamin C dapat menangkal pertumbuhan bakteri. Sehingga keberadaan jumlah jerawat batu di kulit wajah tidak semakin bertambah, melainkan semakin berkurang.
4. Kombinasi Tiga Bahan Alami Sebagai Masker
Ekstrak rimpang kunyit, madu, serta sari jeruk nipis yang sudah homogen alias tercampur rata digunakan sebagao masker wajah alami. Masker inilah yang diperlukan dalam cara menghilangkan jerawat batu. Cukup dengan mengoleskan secara merata masker wajah tersebut terutama pada bagian jerawat batu. Kemudian biarkan selama dua puluh menit agar nutrisi-nutrisi dari masker wajah tersebut terserap secara merata. Barulah segera bilas menggunakan air dingin sampai bersih.
5. Waktu Efektif Menghilangkan Jerawat Batu
Dengan menggunakan masker wajah dari tiga kombinasi bahan alami tersebut secara teratur, maka hasilnya pun akan segera terlihat. Lakukanlah cara menghilangkan jerawat batu tersebut setiap dua kali dalam seminggu agar jerawat batu segera menghilang. Pastikan jerawat batu benar-benar hilang dan jangan berhenti menggunakan masker tersebut jika belum berhasil.
Untuk cepat atau lambatnya memperoleh hasil bebas dari jerawat batu, tergantung dari perawatan yang dilakukan. Jerawat batu semakin cepat hilang jika menggunakan masker saat jerawat masih baru tumbuh di kulit wajah. Jika jerawat batu sudah terlanjur tumbuh dalam waktu lama, maka proses untuk cara menghilangkan jerawat batu akan memakan waktu. Namun pastinya hasil efektif dapat diperoleh dengan menggunakan masker alami dari kombinasi ekstrak rimpang kunyit, madu, serta sari jeruk nipis.
Selengkapnya