Cara menghilangkan jerawat tidak hanya bisa dilakukan dengan cara tradisional menggunakan bahan alami atau melakukan perawatan sederhana. Menghilangkan jerawat juga ada teknologinya yaitu dengan memanfaatkan teknologi sinar laser untuk menghilangkan jerawat dengan lebih tuntas. Mengatasi jerawat dengan menggunakan laser adalah dengan membakar lapisan kulit paling luar untuk mengangkat sel kulit mati dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Perawatan dengan menggunakan laser memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan tidak cukup hanya sekali penyinaran. Tetapi apabila Minasan tertarik melakukan perawatan dengan cara ini sebaiknya pertimbangkan beberapa risiko yang mungkin terjadi berikut ini.
1. Kulit Terasa Seperti Terbakar
Seperti telah dikatakan sebelumnya, cara menghilangkan jerawat dengan laser adalah dengan membakar lapisan kulit untuk membunuh bakteri. Selama proses penyinaran, Minasan akan merasakan kulit serasa panas seperti terbakar matahari. Efek ini memang bisa hilang sendirinya setelah penyinaran selesai dilakukan, namun apabila dilakukan pada Minasan yang memiliki kulit sensitif bisa jadi menimbulkan efek meradang sehingga perlu pengobatan sendiri.
2.Terjadi Infeksi Apabila Terpapar Sinar Matahari
Lapisan kulit yang terbakar harus digantikan dengan lapisan kulit baru oleh sel-sel tubuh, dan hal ini memakan waktu. Maka dari itu selama perawatan laser untuk cara menghilangkan jerawat, Minasan tidak diperkenankan terkena sinar matahari langsung karena bisa terjadi infeksi pada kulit. Beberapa dokter mungkin akan memberikan krim anti matahari yang harus disesuaikan dengan jenis kulit Minasan, karena penggunaan yang tidak sesuai justru akan merusak proses perawatan.
3. Kulit Menjadi Kering
Efek cara menghilangkan jerawat dengan laser selanjutnya adalah kulit bisa menjadi lebih kering setelah proses penyembuhan atau proses penyinaran sudah selesai. Dalam paket perawatan biasanya disertakan krim pelembab yang bisa Minasan gunakan agar kulit tidak menjadi iritasi karena terlalu kering. Selain itu untuk mengatasi kulit kering Minasan juga harus memenuhi kebutuhan air minum putih setiap hari agar tetap terhidrasi. Oleh karena itu, sebelum melakukan penyinaran, sebaiknya pastikan apakah prosedurnya aman untuk jenis kulit Minasan, terutama yang berkulit kering.
4. Risiko Wajah Rusak
Bukannya menakuti dan menghentikan Minasan untuk melakukan perawatan dengan laser. Namun Minasan berhak mengetahui segala risiko yang mungkin terjadi jika mengikuti cara menghilangkan jerawat dengan laser karena memang sudah ada kasus-kasusnya meski jarang terjadi. Kerusakan kulit permanen umumnya disebabkan karena kesalahan prosedur yang dilakukan oleh dokter atau klinik yang menangani. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih klinik dan dokter untuk melakukan laser untuk menjaga keamanan Minasan sendiri.
Jangan terlalu percaya dengan iming-iming diskon atau harga yang murah, yang penting adalah pilihlah dokter yang profesional dan memang memiliki kapabilitas untuk melakukan perawatan laser. Sebelum melakukan laser, berkonsultasilah mengenai cara perawatan dan jenis laser yang tepat untuk kulit Minasan. Diskusikan juga efek samping setelah dilakukan penyinaran dan lakukan hal-hal yang mendukung perawatan Minasan dengan cara hidup yang sehat.
Selengkapnya