Cara menghilangkan jerawat ada banyak macamnya, seperti ini. Facial adalah salah satu cara yang sering dilakukan para wanita untuk merawat kecantikan wajah. Facial bertujuan untuk mengecilkan bagian pori-pori kulit wajah, mengangkat keberadaan sel-sel mati di kulit wajah, serta mencegah tumbuhnya jerawat. Secara umum, facial harus dilakukan oleh terapis berpengalaman. Selain itu, ketika hendak facial sebaiknya tentukan dahulu jenis facial apa yang akan dilakukan.
Sebenarnya jika ingin melakukan facial untuk menghilangkan jerawat tidak perlu repot-repot untuk datang ke salon kecantikan untuk melakukannya. Facial yang dilakukan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat dapat Minasan lakukan sendiri dengan mudah di rumah. Berikut tata cara yang dapat Minasan coba sebagai bentuk perawatan kulit wajah yang berjerawat.
1. Cuci dan Pijat Area Wajah
Cara yang dilakukan adalah dengan mencuci wajah terlebih dahulu. Jangan lupa selalu menggunakan air mengalir agar tidak ada kotoran yang terikut di air untuk mencuci wajah. Saat mencuci wajah, gunakan jari-jari tangan untuk memijat area wajah. Sehingga tidak sekadar mencuci wajah, namun juga untuk membuat rileks otot-otot kulit wajah.
2. Sikat Khusus Wajah
Jika ingin lebih efektif dalam melakukan facial untuk menghilangkan jerawat, setelah memijat, maka dapat dilanjutkan dengan menggunakan sikat. Sikat khusus wajah digunakan untuk menyapu area wajah agar sel-sel kulit mati dapat terangkat. Ketika wajah berjerawat, maka jumlah sel kulit mati lebih banyak dari keadaan kulit wajah saat sedang tidak berjerawat. Untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan jari-jari tangan tentu saja sulit. Untuk itu dengan menggunakan sikat khusus, maka sel-sel kulit wajah dapat lebih mudah terangkat.
3. Gunakan Pembersih Wajah
Setiap wanita pastinya sudah memiliki pembersih wajah sendiri. Entah itu facial soap, facial foam, atau sabun pembersih wajah. Gunakanlah setelah selesai mengangkat sel-sel kulit mati dengan sikat khusus. Dalam tahapan cara menghilangkan jerawat selanjutnya ini adalah beranjak pada memberikan nutrisi kulit wajah agar menjadi kenyang.
4. Gunakan Face Toner
Setelah selesai membersihkan wajah dengan pembersih, maka keringkan dahulu wajah dengan handuk bersih. Setelah itu gunakan face toner. Ambillah kapas dan gunakan face toner untuk menyegarkan kulit wajah.
5. Cuci Wajah Dengan Uap Panas
Langkah-langkah cara menghilangkan jerawat belum cukup sampai pada face toner. Berikutnya yang perlu dilakukan adalah mencuci wajah dengan uap panas. Mengapa perlu cara ini dalam facial untuk menghilangkan jerawat? Karena uap panas bertujuan untuk membuka bagian pori-pori wajah. Sehingga dapat merontokkan atau mengangkat komedo yang bersembunyi di wajah terutama di kulit wajah dekat hidung. Cukup lima menit melakukannya dan setelah itu masuk ke tahap facial selanjutnya.
6. Gunakan Masker Wajah Alami
Terakhir, cara menghilangkan jerawat dengan facial yang dilakukan sendiri di rumah adalah menggunakan masker wajah alami. Gunakan masker wajah yang terbuat dari ekstrak buah atau ekstrak bahan alami lainnya. Maka jerawat pun dapat dihilangkan dengan lebih efektif.
Ternyata melakukan facial sendiri cukup mudah dan sederhana. Langkah-langkah di atas dapat Minasan terapkan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat. Tidak hanya baik untuk kulit wajah, Minasan juga dapat menghemat waktu dan biaya jika dapat melakukan kebiasaan ini secara rutin.
Selengkapnya