Cara menghilangkan jerawat yang paling aman bisa jadi adalah dengan langsung mengunjungi dokter kulit dan mendapatkan perawatan medis secara langsung. Namun tidak semua orang menganggap pergi ke dokter adalah pilihan yang paling tepat, belum lagi biayanya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, banyak wanita yang mencari informasi mengenai cara untuk menyembuhkan kulit dari jerawat. Salah satu cara yang cukup populer adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi memang mengandung bahan antiseptik yang bisa membunuh bakteri, namun pasta gigi hanya dirancang untuk gigi bukan wajah. Menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat bisa menyebabkan air diserap oleh pasta gigi dan membuat kulit kering serta iritasi. Nah, apa lagi mitos seputar jerawat yang mesti Minasan hindari?
1. Makan Cokelat Menimbulkan Jerawat
Minasan yang gemar mengonsumsi cokelat pasti sedih ketika mendengar pernyataan ini. Jangan khawatir karena sebenarnya sebagian besar penyebab jerawat bukanlah dari makanan yang kita makan melainkan penyumbatan pori-pori oleh kotoran dan minyak. Mengonsumsi coklat dalam jumlah terbatas justru bisa menjadi cara menghilangkan jerawat karena coklat mengandung antioksidan yang tinggi. Cokelat juga banyak digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan dan bisa membuat wajah menjadi lebih muda.
2. Jangan Gunakan Makeup Saat Berjerawat
Menggunakan makeup sehari-hari bukan hanya untuk tampil cantik saja tetapi juga untuk menghargai diri sendiri dan orang lain. Makeup bisa membuat penampilan menjadi lebih menawan terutama dalam acara-acara yang resmi atau profesional. Tentu Minasan tidak mau orang lain meremehkan diri Minasan hanya karena tidak tampil dengan profesional. Pori-pori memang akan tersumbat oleh produk kosmetik namun bukan berarti Minasan dilarang merias diri. Pilih produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit dan tidak perlu menyapukan kosmetik terlalu tebal. Langkah cara menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan selalu membiasakan diri membersihkan makeup dengan menyeluruh saat sebelum tidur.
3. Sering Mencuci Wajah Dapat Menyembuhkan Jerawat
Membersihkan wajah dengan rutin memang bisa sangat membantu untuk mengangkat kotoran sehingga jerawat bisa sembuh lebih cepat. Tetapi cara menghilangkan jerawat dengan sering cuci muka menggunakan sabun bisa membuat kulit menjadi terlalu kering yang justru merangsang kelenjar mnyak untuk memproduksi minyak lebih banyak. Mencuci wajah yang berjerawat cukup 2 kali dalam sehari. Setelah itu Minasan bisa membersihkan wajah dengan pembersih yang diakhiri dengan toner untuk mengangkat sisa kotoran yang tidak terbawa oleh sabun muka khusus jerawat.
4. Stres Bisa Menyebabkan Jerawat
Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam cara menghilangkan jerawat adalah dengan menjaga kestabilan emosi dan menghindari situasi yang membuat stres. Meski stres memang tidak baik, namun hubungan stres dengan jerawat hanya kecil sekali. Secara teori, hormon stres bisa memiliki hubungan dengan hormon yang menyebabkan jerawat. Namun penyebab jerawat kecil sekali kemungkinanannya karena stres. Namun, Minasan juga harus tetap menjaga agar stres tidak melanda, akrena stres bisa menjadi pemicu masalah kesehatan lainnya.
Selengkapnya