Merawat diri sudah menjadi kebiasaan sebagian besar wanita untuk selalu tampil cantik. Oleh karena itu, ketika ada masalah yang terjadi pada kulit seperti jerawat harus segera diatasi agar tidak menjadi luka yang meninggalkan bekas dan semakin merusak wajah. Salah satu kebiaasaan yang dapat diterapkan sebagai cara menghilangkan jerawat adalah dengan rutin menggunakan masker setiap minggu. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak pada wajah serta menjaga kelembabannya. Tidak perlu mahal-mahal membeli masker kemasan, Minasan bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan dan cara berikut.
1. Masker Daun Pepaya
Cara menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan masker daun pepaya. Jika sebelumnya daun ini lebih banyak digunakan untuk dikonsumsi, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk daun pepaya sambil diberi air, kemudian diperas. Tunggu beberapa saat sampai mengendap, dan endapannya itulah yang digunakan sebagai masker. Setelah diaplikasikan ke wajah, tunggu kurang lebih 20 menit sebelum dibilas.
2. Masker Jagung Muda
Jagung muda adalah bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat. Jagung muda kaya akan vitamin A yang baik untuk mengatasi jerawat serta menghilangkan bekas lukanya, dan membuta kulit wajah menjadi lebih cerah. Jagung yang masih muda bisa diparut atau diblender dengan sedikit air. Kemudian jagung yang sudah halus digunakan sebagai masker pada wajah yang telah dibersihkan, lalu diamkan selama 20 menit kemudian dibilas dengan air bersih.
3. Masker Kedelai
Kedelai merupakan sumber makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam tubuh. Tetapi khasiat kedelai tidak hanya itu saja, karena ia juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan jerawat. Kedelai juga mampu menghilangkan bopeng bekas jerawat sehingga wajah menjadi mulus kembali. Caranya adalah rendam kedelai hingga lunak, lalu hancurkan dengan ditumbuk atau diblender. Terapkan pada wajah dan tunggu selama 20-30 menit lalu bilas dengan air.
4. Masker Oatmeal
Cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah memanfaatkan tekstur oatmeal sebagai scrub alami untuk jerawat. Menggunakan scrub dengan butiran yang terlalu kasar bisa melukai kulit, maka dari itu Minasan bisa menggunakan oatmeal karena teksturnya yang lembut namun mampu mengangkat sel kulit mati dari pori-pori kulit. Caranya cukup mencampur satu atau dua sendok makan oatmeal dengan air perasan lemon atau madu, kemudian aduk hingga menjadi pasta. Usapkan pada wajah secara lembut lalu diamkan hingga kering kemudian bilas.
5. Masker Kopi
Kopi kini semakin populer digunakan untuk berbagai perawatan kecantikan dan membuat kulit menjadi lebih mulus. Sebagai cara menghilangkan jerawat, kopi tidak hanya bisa mengatasi jerawat namun juga bisa membuat kulit menjadi lebih cerah dan tidak berminyak. Setelah Minasan meminum kopi, simpan ampasnya di dalam kantong kertas atau wadah kemudian masukkan ke dalam kulkas. Jika Minasan ingin menggunakannya sebagai masker, ampas kopi cukup diusapkan saja di wajah seperti scrub, lalu bilas dengan air setelah beberapa menit.