Madu dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan wajah. Madu yang dipilih tentu saja madu murni yang dihasilkan oleh lebah madu tanpa campuran pemanis atau air. Sehingga khasiatnya benar-benar dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan berbagai jenis kulit wajah, menghilangkan jerawat di wajah, menyamarkan flek hitam, hingga membuat kulit wajah lebih terawat.
Di dalam madu, terdapat zat yang berkhasiat sebagai antiinflamasi, antiinfeksi, serta antiseptik, sehingga madu disebut sebagai pilihan tepat untuk menghilangkan jerawat. Adanya antiinflamasi berkhasiat untuk mencegah kulit wajah meradang karena pertumbuhan jerawat. Adanya antibiotik berkhasiat untuk mencegah kulit wajah menjadi infeksi yang dikarenakan oleh jerawat. Adanya antiseptik berkhasiat untuk membasmi keberadaan bakteri penyebab jerawat di wajah. Minasan bisa ikuti cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan masker madu berikut ini:
1. Cuci Wajah Dengan Air Hangat
Biasanya tahap awal cara menghilangkan jerawat yang dilakukan setiap wanita adalah dengan mencuci wajah terlebih dahulu menggunakan air bersih. Namun ketika menggunakan masker madu untuk menghilangkan jerawat, mencuci wajah tidak sekadar menggunakan air bersih. Sebaiknya gunakan air hangat untuk mencucui wajah sebelum menggunakan masker madu. Pastikan mencuci wajah hingga bersih dari semua kotoran yang menempel. Mencuci wajah dengan air hangat bertujuan untuk membuka pori-pori kulit wajah. Sehingga dapat mendorong keluarnya kotoran yang masuk ke bagian pori-pori wajah tersebut.
2. Mengeringkan Wajah
Setelah memastikan wajah sudah bersih, lebih baik jangan langsung menggunakan masker madu. Wajah perlu dikeringkan terlebih dahulu dengan cara yang tepat. Keringkanlah menggunakan handuk wajah yang bersih. Kemudian tepuk-tepuklah area wajah hingga kering sempurna. Hindari mengeringkan wajah dengan menggosok. Mengeringkan wajah dengan cara menepuk bertujuan untuk mencegah adanya kotoran yang tidak sengaja terikut pada pori-pori handuk kemudian menempel pada kulit wajah.
3. Pengolesan Masker Madu Pada Bagian Jerawat
Meskipun menggunakan madu sebagai masker wajah, namun dalam cara menghilangkan jerawat berikut tidak mengoleskan madu ke seluruh permukaan wajah. Sebaiknya Minasan mengoleskan madu hanya pada bagian wajah yang ditumbuhi oleh jerawat saja. Kemudian diamkan selama seperempat jam.
4. Bilas Wajah Dengan Air Bersih
Setelah seperempat jam, bilas wajah dengan air bersih, tidak perlu air menggunakan air hangat. Air hangat hanya digunakan untuk mencuci wajah sebelum memakai masker madu. Sedangkan air dengan suhu normal digunakan untuk membilas wajah setelah memakai masker madu. Pastikan wajah dibilas sampai bersih hingga tidak ada madu yang masih menempel pada kulit wajah.
5. Waktu Efektif Menggunakan Masker Madu
Untuk memperoleh hasil yang lebih optimal, sebaiknya cara menghilangkan jerawat dengan masker madu dilakukan tiga kali dalam seminggu. Lakukan secara teratur dan pastikan jangan berhenti ketika jerawat masih belum hilang. Namun jika jerawat sudah hilang dan masih ingin menggunakan masker madu, maka juga diperbolehkan dengan rentang waktu yang sama. Sebab masker madu memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan wajah setiap wanita.
Itulah cara menggunakan masker madu ketika ingin segera menghilangkan jerawat yang tumbuh di wajah. Jerawat hilang, kulit wajah sehat dan lebih terawat. Tidak perlu biaya mahal, cukup ekonomis untuk setiap wanita yang ingin menghilangkan jerawat. Tunggu apalagi, masker madu adalah pilihan berkhasiat dalam mencari sebagai cara menghilangkan jerawat.