1. Memakai Baju Serba Putih atau Serba Hitam

Ketika menghadiri pernikahan teman, sahabat atau kolega, hindarilah memakai pakaian serba putih atau hitam. Memakai pakaian atau gaun putih membuat kamu seperti bersaing dengan pengantin. Orang yang boleh dan lebih berhak mengenakan pakaian putih hanyalah kedua mempelai. Jika kamu paksa memakai pakaian putih, hal ini bisa mencuri spotlight dari pengantin.

source: https://lifestyle.okezone.com

Selain putih, pakaian serba hitam juga sebaiknya kamu hindari. Pakaian hitam identik dengan pakaian berkabung. Kecuali dress code mengharuskan kamu mengenakan pakaian putih atau hitam, maka kamu boleh mengenakannya. Namun tetap lengkapi penampilan kamu dengan aksesoris yang lebih berwarna. Mungkin sepatu berwarna merah atau statement necklace warna silver maupun gold.

2. Memakai Celana Jeans

Meskipun pernikahan yang akan kamu hadiri bersifat casual, namun tetap hindari menggunakan celana jeans karena membuat penampilan kamu terlihat sangat santai. Sebaiknya gunakan celana bahan yang potongannya tidak kaku dan padukan dengan busana yang tidak terlalu formal.

source: http://trendhijabonline.blogspot.com

Jika kamu menikah nantinya ingin dihargai orang lain, maka hargailah juga pesta pernikahan orang lain dengan menggunakan pakaian yang layak.

baca juga

3. Datang Terlambat

Meskipun Indonesia sudah dikenal dengan budaya jam karet, namun sebaiknya kamu tidak melakukan hal serupa saat menghadiri pernikahan. Mengikuti segala prosesi pernikahan tepat waktu, artinya kamu menghargai usaha kedua mempelai dalam mempersiapkan pesta pernikahan.

source: https://www.amore.ng

Kamu bisa datang 15 menit sebelum acara dimulai, atau perhatikan waktu yang ada di undangan. Biasanya ketika acara dilakukan di sebuah gedung tentunya memiliki waktu yang terbatas. Jika kamu memaksa datang melebihi jam yang tertera, kemungkinan pengantin juga sudah pulang.

4. Mengambil Properti Dekorasi

Mungkin kamu tertarik dengan beberapa properti dekorasi di tempat pernikahan, namun sebaiknya tahan keinginan kamu untuk membawanya pulang. Seharusnya kamu juga berpikir, pengantin menyewa dan harus membayar dekorasi yang hilang. Jika kamu menyukai bunga yang ada di lokasi pesta, kamu bisa menunggu saat pengantin wanita melemparkan buket bunga.

source: http://www.saidaonline.com
baca juga

5. Mengambil Makanan Berlebihan atau Membungkusnya

Tak sedikit tamu undangan yang mengambil makanan secara berlebihan namun tidak menghabiskannya. Sebagai tamu undangan yang baik, ambilah makanan secukupnya sesuai porsi masing-masing dan berpikirlah bahwa masih banyak tamu lainnya yang mungkin belum menikmati hidangan.

source: https://uzone.id

Selain itu, jangan pernah berpikiran juga untuk membungkus makanan dan dibawa pulang meskipun itu acara pernikahan teman dekat atau keluarga kamu sendiri. Memang tidak boleh? Boleh, asal pastikan acara telah benar-benar selesai atau tunggulah hingga penyelenggara memperbolehkannya.

6. Membawa Tamu Tambahan

Membawa tamu tambahan bisa dibilang membawa tamu tak diundang. Jika kamu diundang ke pesta pernikahan sendiri, sebaiknya jangan ajak orang lain untuk menemani kamu. Terutama nih, ketika resepsi pernikahan hanya dilaksanakan untuk kalangan terbatas atau menggunakan sitting dinner. Mengajak tamu di luar undangan justru akan merusak tatanan tempat yang sudah disiapkan.

source: https://www.kanal247.com

7. Upload Foto Selfie dengan Pengantin

Mungkin terdengar aneh, kenapa harus menghindari untuk upload foto selfie dengan pengantin? Sebenarnya boleh-boleh saja, tapi lakukan hal ini setelah pengantin memajang sendiri foto-foto mereka di media sosial.

source: https://www.youtube.com

Beberapa pasangan mungkin membuat pesta yang seintim dan sekecil mungkin atau tidak mampu mengundang semua kenalan. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya simpan dulu selfie untuk diri kamu sendiri.