Polifenol

Teh hijau mengandung polifenol yang di dalamnya terdapat senyawa bioflavonoid yang fungsinya sebagai antioksidan. Antioksidan adalah zat yang penting dalam menangkal radikal bebas pada kulit Minasan. Teh hijau sendiri memiliki kandungan antioksidan yang lebih kuat daripada vitamin E dan C. Oleh karena itu, teh hijau ampuh untuk melawan radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan sel dan bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.

Polisakarida

Polisakarida dalam teh hijau bermanfaat untuk mengatur keseimbangan kadar gula dalam darah, karena kadar gula yang tinggi dalam tubuh merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kadar gula tersebut akan memproduks insulin yang merupakan penghasil hormon androgen. Hormon androgen inilah yang nantinya memproduksi minyak sebum penyebab jerawat. Semakin tinggi gula darah dalam tubuh, maka minyak sebum yang dihasilkan semakin banyak dan menyebabka timbulnya jerawat. Sebaliknya, jika minyak sebum terlalu sedikit, maka kulit akan menjadi kering. Oleh karena itu, polisakarida akan membantu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh agar tetap dalam jumlah yang pas.
source: http://sidomi.com/tag/teh-hijau/

Ekstrak Etanolik

Ekstrak etanolik dalam teh hijau mampu menghambat aktivitas bakteri Staphyloccocus aureus yang merupakan salah satu bakteri penyebab timbulnya jerawat. Ekstrak etanolik juga akan mengurangi produksi minyak sebum yang berlebih dalam 8 minggu. Jadi, rajinlah mengonsumsi teh hijau yang kaya ekstrak etanolik ini.

Bahan Aktif Katekin

Bahan aktif katekin juga ada dalam teh hijau. Kandungan senyawa pada katekin juga bisa menjadi bahan anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada jerawat dan bekas luka yang muncul karena jerawat. Jadi, iritasi pada kulit Minasan yang timbul akibat jerawat, dapat diatasi dengan kandungan katekin dalam teh hijau dan membantu agar jerawat yang diderita Minasan tidak menjadi lebih parah.
source: http://gudangilmu93.blogspot.com/2015/07/makanan-penyebab-jerawat.html

Globul

Kandungan lainnya dalam teh hijau yang bermanfaat sebagai obat jerawat alami adalah globul. Jika tadi Minasan sudah tahu bahwa minyak sebum adalah penyebab timbulnya jerawat, maka perlu Minasan ketahui juga bahwa minyak sebum sendiri dihasilkan oleh hormon dehidrotestosteron dan hormon androgen. Globul di sini akan bermanfaat untuk mengikat hormon dehidrotestosteron sehingga mengurangi produksi minyak sebum yang menjadi penyebab jerawat.

Anti Bakteri

Sebagai obat jerawat alami, teh hijau bisa dikonsumsi secara langsung sebagai minuman atau diaplikasikan langsung pada kulit. Selain kandungan-kandunga di atas, teh hijau sendiri mengandung zat anti bakteri yang ampuh untuk mencegah munculnya bakteri dan kuman serta membersihkan bakteri penyebab jerawat. Hal ini dikarenakan, kandungan anti bakteri pada teh hijau membantu dalam membunuh mikroorganisme yang dapat mengganggu kesehatan kulit Minasan.
source: http://www.qbaya.com/2014/06/mencegah-timbul-jerawat-dengan-teh-hijau.html
Nah, bagaimana Minasan? Masih ragu mengonsumsi atau memanfaatkan teh hijau untuk obat jerawat alami? Jangan ragu lagi dan selamat mencoba ya, Minasan!