Scrub Lemon dan Kopi

Lemon merupakan bahan alami yang kaya akan vitamin C dan sebagai anti oksidan sehingga mampu membersihkan sekaligus mencerahkan kulit Minasan. Jika Minasan ingin menggunakannya sebagai scrub untuk perawatan wajah berjerawat, silahkan mencoba mencampurkan lemon dengan kopi. Selain mampu untuk mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan noda bekas jerawat, scrub lemon dan kopi juga mampu mengangkat sel kulit mati sehingga bisa menghilangkan jerawat pasir. Cara membuat scrub dari kedua bahan ini cukup mudah. Minasan tinggal campurkan perasan air lemon dengan kopi hingga berbentuk seperti pasta, setelah itu oleskan pada wajah yang terdapat jerawat pasir dengan gerakan perlahan sambil sedikit memijat. Diamkan hingga mengering, setelah itu cuci sampai bersih. Gunakan rutin seminggu sekali dan rasakan manfaatnya.

Scrub Lidah Buaya dan Garam

Lidah buaya selama ini diketahui bermanfaat untuk kesehatan rambut. Akan tetapi, lidah buaya ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi jerawat pasir yang membandel. Lidah buaya (aloe vera) mampu untuk membersihkan serta menghaluskan kulit Minasan. Untuk memanfaatkan lidah buaya ini, Minasan bisa menggunakannnya sebagai scrub alami dengan mencampur lidah buaya dan garam untuk wajah berjerawat Minasan. Scrub dengan campuran lidah buaya dan garam ini bisa mengangkat lapisan sel kulit mati di wajah Minasan. Hal ini akan membantu mengurangi jerawat pasir di wajah Minasan. Cara membuat scrub dari lidah buaya dan garam yaitu, siapkan lidah buaya dan ambil isinya lalu tambahkan garam secukupnya. Oleskan scrub ini pada kulit wajah Minasan yang berjerawat secara rata sambil digosok secara perlahan. Diamkan hingga kering dan bilas menggunakan air sampai benar-benar bersih.
source: http://inkesehatan.blogspot.com/2014/08/cara-menghilangkan-jerawat-pasir-dan.html

Scrub Teh Hijau dan Tepung Jagung

Ternyata teh hijau selain bermanfaat untuk minuman yang segar dan menyehatkan, juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Salah satunya dibuat menjadi scrub alami. Kandungan antioksidan dalam teh hijau sangat bagus untuk merawat kulit Minasan. Jika Minasan bermaksud menghilangkan jerawat pasir di wajah Minasan, maka Minasan bisa mencoba scrub teh hijau dan tepung jagung ini. Teh hijau nantinya berkhasiat untuk kesehatan kulit Minasan karena akan mengikis jerawat pasir sekaligus meregenerasi sel-sel kulit mati. Sedangkan tepung jagung untuk mendinginkan atau mengurangi peradangan sekaligus membersihkan dan memutihkan kulit wajah Minasan. Caranya, Minasan siapkan beberapa lembar daun teh hijau yang segar dan 3 sendok teh tepung jagung. Haluskan daun teh hijau dan campur ke dalam tepung jagung ditambah sedikit air atau air mawar. Oleskan scrub alami teh hijau dan tepung jagung pada wajah dengan lembut dengan gerakan melingkar dan diamkan sampai kering kemudian membilasnya dengan sabun dan air hangat.

Scrub Gula Merah dan Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu rempah yang mengandung antioksidan yang mampu mengalahkan bakteri jahat. Oleh karena itu, bawang putih berguna untuk menghilangkan atau mengatasi jerawat pasir. Untuk perawatan wajah berjerawat, Minasan bisa membuat scrub alami untuk mengusir jerawat pasir dari campuran bawang putih dan gula merah. Campuran keduanya juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Cara membuat scrub bawang putih dan gula merah yaitu, pertama-tama haluskan bawang putih dan gula merah, lalu campurkan keduanya dan beri sedikit air. Setelah itu, oleskan pada bagian wajah Minasan yang terdapat jerawat pasir secara merata. Gosok secara perlahan. Tunggu hingga scrub ini mengering dan mengelupas sendiri, lalu cuci wajah Minasan sampai bersih. Lakukan scrub ini 2 minggu sekali.
source: http://inkesehatan.blogspot.com/2014/08/cara-menghilangkan-jerawat-pasir-dan.html

Scrub Yoghurt dan Sereal Gandum

Yoghurt sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan Minasan. Selain dapat menyehatkan sistem pencernaan, yoghurt juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit seperti mencerahkan dan memutihkan kulit. Jika Minasan ingin melakukan scrub untuk mengusir jerawat pasir, salah satu scrub alami yang bisa Minasan buat sendiri di rumah adalah campuran dari yoghurt dan sereal gandum ini. Yoghurt yang bisa melembutkan serta memutihkan kulit ditambah sereal gandum yang kasar yang nantinya menolong Minasan mengangkat sel-sel kulit mati serta jerawat merupakan perpaduan yang sangat pas untuk perawatan wajah berjerawat. Membuat scrub dari yoghurt dan sereal gandum juga sangat mudah, Minasan hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh sereal gandum yang sudah dihaluskan dan 3 sendok teh yoghurt kemudian dibuat scrub dengan cara dioleskan dan dipijat secara lembut pada bagian wajah Minasan yang memiliki jerawat pasir. Meskipun tekstur sereal kasar, namun masih cukup lembut untuk kulit berjerawat dan ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Diamkan scrub alami ini beberapa menit dan akhiri dengan bilasan air hangat.