Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap

Bau kaki merupakan salah satu hal yang tidak kita inginkan, namun seringkali hal ini terjadi. Bau kaki disebabkan oleh bakteri atau jamur yang berkembang biak karena kurang terjaganya kebersihan kaki atau kaos kaki dan sepatu yang kita gunakan sehari-hari. Untuk menghindari bau kaki yang tidak sedap, lebih baik menjaga kondisi kaki tetap kering dan segar.
Foot odor occurs when excess perspiration from your feet soaks the lining of your shoes and socks. Perspiration creates an optimal environment for bacteria which can grow and cause a bad odor.
source: http://www.drscholls.com/footconditions/footodorandperspiration.aspx

Rendam Dengan Garam Epsom

Cara mengatasi bau kaki yang pertama adalah dengan merendam kaki pada air garam epsom air hangat. Bahan yang dibutuhkan adalah garam epsom yang bisa dibeli di apotek atau memesannya secara online. Garam epsom adalah garam laut yang berasal dari kawasan Inggris dan banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit Minasan. Garam epsom mengandung mineral dan magnesium yang dapat menenangkan otot serta menghilangkan bakteri yang ada pada kulit Minasan. Jika ingin hasil yang lebih efektif, sebaiknya rendam kaki Minasan secara rutin.

Teh Juga Ampuh Menghilangkan Bau

Selain diminum, teh memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan dan kecantikan Minasan. Penggunaannya sama seperti garam epsom, Minasan cukup mencampur air hangat dengan teh, kemudian rendam kaki Minasan ke air teh tersebut. Selain mengandung antioksida , teh juga bermanfaat untuk menutup pori-pori Minasan sehingga bakteri dan jamur tidak dapat masuk. Kami menyarankan bahwa sebelum merendam kaki dengan teh, sebaiknya Minasan membersihkan kaki dan keringkan terlebih dahulu.

Manfaatkan Juga Cuka Apel

Tips untuk mengatasi bau kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Walaupun memiliki aroma yang asam dan cenderung tidak sedap, namun cuka apel mampu menghilangkan bau pada kaki Minasan. Cara penggunaannya adalah rendam kaki Minasan dengan air hangat yang sudah dicampurkan dengan setengah cangkir cuka apel. Rendam kaki selama 15 menit kemudian bersihkan dengan sabun agar bau dari cuka apel tersebut hilang. Manfaat dari cuka apel sendiri adalah menyeimbangkan kelembaban kulit Minasan agar jamur dan bakteri tidak dapat berkembang biak secara bebas pada kulit Minasan.

Campuran Baking Soda dan Lemon

Baking soda memiliki banyak manfaat termasuk untuk mengatasi bau kaki yang tidak sedap. Baking soda berguna untuk membunuh bakteri dan jamur yang menjangkiti kulit Minasan serta membuat kaki menjadi lebih halus dan segar. Minasan dapat mencampur air hangat dengan perasan sari lemon yang bermanfaat untuk mencegah keringat berlebih pada kaki dan baking soda selama 20 menit kemudian keringkan kaki Minasan agar bakteri dan jamur tidak dapat berkembang biak. Lakukan perawatan ini secara berkala agar kaki Minasan lebih sehat.

Perhatikan Sepatu dan Kaos Kaki

Selain melakukan kegiatan di atas, ada baiknya Minasan juga memperhatikan kondisi sepatu dan kaos kaki yang Minasan gunakan untuk mengatasi masalah bau kaki yang tidak sedap. Jangan menggunakan kaos kaki yang masih basah, karena cenderung lembab dan bisa menyebabkan bakteri dan jamur tumbuh dengan mudah. Gunakanlah kaos kaki yang bersih dan kering. Selain itu, taburkanlah bedak pada sepatu atau kaki Minasan agar kelembaban terserap oleh bedak dan kondisi sepatu serta kaki tetap kering.

Scrub Kaki Setiap Minggu

Setelah melakukan perawatan dan memperhatikan kebersihan alas kaki, ada baiknya Minasan melakukan tindakan pencegahan agar jamur dan bakteri tidak datang kembali. Minasan dapat melakukan scrub kaki setiap seminggu sekali agar sel kulit mati terangkat dan kaki menjadi lebih bersih dan segar.
Sekian tips mengatasi bau kaki yang kami berikan. Semoga artikel ini dapat membantu.