Mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu panjang tidak menutup kemungkinan dapat menjadi penyebab flek hitam. Orang yang menderita penyakit tertentu memang diharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan untuk menyembuhkan penyakitnya. Sayangnya mengkonsumsi obat dalam jangka panjang ternyata memiliki efek bukan hanya pada rambut yang rontok, gangguan fungsi hati, dan beberapa hal lain yang umum dialami. Tetapi juga pada bagian wajah dengan adanya proses pigmentasi yang akan mengakibatkan munculnya flek hitam pada wajah. Hal itu tentu tidak diinginkan oleh siapa pun.
Beberapa Obat Penyebab Flek Hitam
Meskipun tak dapat dihindari, mengkonsumsi obat dalam waktu yang cukup lama memiliki peluang besar untuk mengalami gangguan kulit, terutama munculnya flek pada wajah. Obat-obatan tersebut akan menimbulkan fluktuasi hormon yang terjadi sehingga timbul flek hitam di sekitar wajah. Flek tersebut akan semakin meluas seiring bertambahnya waktu penggunaan obat dengan tingkatan dosisnya yang semakin meninggi dari hari ke hari.
Bercak atau penyebab flek hitam yang terjadi pada wajah akibat terganggunya hormon atau yang sering disebut sebagai melasma ini dikarenakan adanya proses pengikisan dan masuknya antibiotik atau obat-obatan ke dalam tubuh dalam waktu yang rutin dan terjadwal. Proses masuknya obat ke dalam tubuh bisa menyebabkan melasma atau kloasma yang terjadi dan membentuk flek atau bintik-bintik hitam di permukaan kulit. Adanya proses tersebut dibantu juga dengan meningkatnya hormon estrogen atau progesteron yang menstimulasi produksi melanin yang berlebihan.
Obat-obatan yang biasa menjadi penyebab flek hitam adalah pil KB yang sering dikonsumsi setiap hari. Pil KB yang mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron menekan secara tinggi untuk meningkatkan produksi melamin dan MSH. Sehingga dengan meningkatnya produksi melamin, adanya flek di sebagian wajah menjadi lebih meningkat seiring dengan durasi konsumsi obat yang tidak terkendali. Ada baiknya untuk menghentikan konsumsi obat, karena selain dapat mengakibatkan flek semakin banyak juga akan mengganggu atau merusak fungsi hati secara perlahan dan juga organ lainnya.
Penyebab flek hitam yang berasal dari obat dapat bersifat permanen karena berasal dari bahan kimia yang dibawa oleh obat yang memicu proses pigmentasi yang lebih cepat dibandingkan penuaan secara alami. Mereka yang memiliki penyakit dan mengkonsumsi obat-obatan akan dengan mudah mendapatkan kesempatan memiliki flek hitam lebih cepat meskipun usia mereka belum memasuki usia yang rentan mendapatkan flek hitam. Jika sudah terbiasa mengkonsumsi obat-obatan kimia dengan dosis tinggi sejak muda pun bisa mengalami flek di bagian wajahnya.
Beberapa obat yang menjadi penyebab flek hitam di antarnya penggunaan pil KB, obat-obatan bagi penyakit disfungsi tiroid, terapi hormon, obat TB, dan penyakit lainnya yang membutuhkan masa konsumsi obat yang relatif lama.
Untuk menghindari penyebab flek hitam akibat obat maka perlu dihindari penggunaan obat dalam jangka waktu yang lama jika tidak benar-benar dibutuhkan. Apalagi jika obat tersebut termasuk obat-obatan keras yang akan mempengaruhi metabolisme yang ada di dalam tubuh. Resikonya bisa menjadikan tubuh semakin mudah terserang penyakit lainnya dan menimbulkan efek yang berbahaya untuk masa yang akan datang.