Siapa yang menduga bahwa menggunakan parfum ternyata menjadi penyebab flek hitam yang timbul pada permukaan kulit seseorang? Hal tersebut benar adanya karena ada kandungan yang ada di dalam parfum yang akan menimbulkan bintik dan menstimulasi kulit untuk melakukan proses pigmentasi yang menjadikan timbulnya bercak bercak hitam pada wajah. Jika kebiasaan menggunakan parfum dilakukan secara berlebihan maka tidak menutup kemungkinan adanya flek di bagian wajah menjadi semakin berkembang dan semakin banyak. Namun tak hanya itu saja, masih banyak kebiasaan-kebiasaan lain yang bisa menjadi penyebab flek pada wajah.
Ini Dia Kebiasaan Buruk Penyebab Flek Hitam
1. Merokok
Merokok merupakan kebiasaan buruk yang menjadi penyebab flek hitam. Banyak kandungan yang ada pada rokok yang masuk ke dalam tubuh dan tidak bisa dinetralkan oleh hati secara maksimal. Akibatnya racun-racun dan kotoran tersebut tersumbat dan menghalangi pori-pori. Kotoran tersebut menjadi flek hitam yang tidak bisa dihilangkan begitu saja. Selain mengakibatkan timbulnya flek, merokok juga akan mengakibatkan penyakit penyakit lainnya yang fatal seperti serangan jantung, gangguan fungsi hati, kanker, dan penyakit lainnya yang akan dapat mengancam kecantikan dan kesehatanmu.
2. Tidak Membersihkan Wajah
Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menjadi penyebab flek hitam adalah malas membersihkan wajah. Setelah beraktivitas di luar seharian, tentu akan ada banyak kotoran yang menempel pada wajah terutama jika menggunakan makeup. Ada banyak debu dan bakteri yang akan menyebabkan flek hitam mudah untuk berkembang dan timbul. Tak hanya flek hitam saja, malas membersihkan wajah bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat dan permasalahan kulit lainnya.
3. Mengkonsumsi Obat-obatan
Hormon akan mempengaruhi produktivitas melamin, sehingga obat-obatan bisa mejadi penyebab flek hitam muncul pada bagian wajah seseorang. Ada baiknya untuk tidak langsung mengkonsumsi obat obatan jika tidak benar-benar diperlukan. Selalu jaga kesehatan sehingga terhindar dari penggunaan obat yang berlebihan yang akan merusak dan mengganggu regenerasi kulit.
4. Lupa Menggunakan Tabir Surya
Paparan sinar matahari sering menjadi penyebab flek hitam yang paling utama, sehingga menggunakan tabir surya saat keluar ruangan adalah hal yang wajib dilakukan. Gunakan beberapa jam sekali untuk melindungi kulit dari sinar matahari terutama bagi mereka yang berada di luar ruangan seharian. Selain akan menimbulkan flek hitam, paparan sinar matahari juga membuat resiko terkena kanker kulit semakin besar, apalagi jika kulit tidak dilindungi oleh sunblock atau tabir surya.
Jika kebiasaan kebiasaan buruk tersebut segera dihentikan, maka penyebab flek hitam yang timbul pada tubuh akan bisa dikurangi. Setidaknya flek tidak akan semakin bertambah dan sisa-sisa flek tentu bisa diatasi dan diobati dengan proses yang lebih cepat.